Public Relations (PR) - Tugas, Jenjang Karir dan Gaji

Bayu Septian

08 May 2023 09:42

Photo by Sora Shimazaki

Public Relations (PR) adalah sebuah profesi yang bertugas untuk menjalin hubungan antara suatu organisasi atau perusahaan dengan publik.

Tugas utama PR adalah menjalin hubungan antara perusahaan dan publik. Orang yang bekerja di bidang ini membantu perusahaan memproyeksikan citra positif kepada publik untuk mencapai tujuannya.

Jika Anda tertarik untuk berkarir di bidang ini, baca terus untuk informasi lebih lanjut tentang tugas, jenjang karir dan gaji dalam profesi Public Relations (PR).

BACA JUGA: Digital Public Relation Untuk Mencapai Tujuan Komunikasi Perusahaan

Apa Sebenarnya PR itu?

Tugas utama PR adalah untuk membangun hubungan yang baik antara perusahaan atau organisasi dengan publik. Hal ini dilakukan melalui beberapa cara, antara lain:

1. Mengatur acara atau kegiatan yang melibatkan publik, seperti konferensi pers, seminar, atau event promosi.

2. Menjalin hubungan dengan media massa untuk memastikan bahwa informasi yang diberikan perusahaan atau organisasi diterima secara baik oleh publik.

3. Membuat materi promosi dan iklan yang menarik dan efektif untuk mempromosikan produk atau jasa yang ditawarkan perusahaan atau organisasi.

4. Menangani krisis yang terjadi dan menjaga agar citra perusahaan atau organisasi tetap terjaga.

5. Memperkuat brand awareness atau kesadaran merek perusahaan atau organisasi di kalangan publik.

6. Membangun hubungan yang baik dengan pihak-pihak terkait seperti pemerintah, organisasi masyarakat, dan lembaga-lembaga swadaya masyarakat.

7. Menganalisa tren dan opini publik terkait dengan industri yang dijalankan perusahaan atau organisasi.

Jenjang Karir dalam Public Relations (PR)

Mengutip laman Liveabout , profesi PR menawarkan berbagai macam jenjang karir. Berikut adalah beberapa posisi yang bisa dijalankan dalam karir di bidang PR:

Junior Public Relations Executive

Posisi ini adalah posisi awal yang biasanya diisi oleh fresh graduate atau orang yang baru memulai karir di bidang PR. Tugasnya adalah membantu senior PR executive dalam menjalankan tugas-tugas PR.

Senior PR Executive

Setelah bekerja selama beberapa tahun dan memiliki pengalaman yang cukup, seseorang dapat naik ke posisi Senior PR Executive. Pada posisi ini, tugasnya adalah memimpin proyek dan mengkoordinasi tim dalam menjalankan tugas PR.

PR Manager

PR Manager bertanggung jawab atas seluruh operasional PR dalam perusahaan atau organisasi. Ia juga bertanggung jawab atas pelaksanaan strategi PR yang telah dibuat dan mengawasi tim PR dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Public Relation Director

Posisi PR Director biasanya diisi oleh seseorang yang telah memiliki pengalaman kerja yang luas dalam bidang PR. Tugasnya adalah mengatur strategi PR jangka panjang dan memberikan arahan kepada seluruh tim PR dalam perusahaan atau organisasi.

Chief Communications Officer (CCO)

Posisi CCO adalah posisi tertinggi dalam bidang PR di sebuah perusahaan atau organisasi. Tugasnya adalah memimpin seluruh operasional komunikasi di perusahaan atau organisasi dan memberikan arahan strategis kepada tim PR dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

BACA: PR Value: Pengertian, Fungsi, Cara Menghitung

Gaji dalam Public Relations (PR)

Sebenarnya gaji dalam bidang PR berbeda-beda tergantung pada level, pengalaman kerja, dan lokasi dimana Anda bekerja, sehingga untuk gaji tidak ada angka baku, namun beriku merupakan perkiraan gaji yang bisa didapatkan pada setiap level karir di bidang PR:

Junior Public Relations Executive

Gaji untuk posisi Junior PR Executive biasanya berkisar antara Rp 3 juta hingga Rp 5 juta per bulan. Gaji ini dapat naik setelah bekerja selama beberapa tahun dan memiliki pengalaman yang cukup.

Senior PR Executive

Gaji untuk posisi Senior PR Executive biasanya berkisar antara Rp 5 juta hingga Rp 8 juta per bulan. tentunya angka ini dapat naik setelah bekerja selama beberapa tahun dan memiliki pengalaman yang cukup.

PR Manager

Gaji untuk posisi PR Manager biasanya berkisar antara Rp 10 juta hingga Rp 15 juta per bulan. Gaji ini dapat naik setelah memiliki pengalaman kerja yang lebih luas dan sukses dalam menjalankan tugas-tugas PR.

PR Director

Gaji untuk posisi PR Director biasanya berkisar antara Rp 20 juta hingga Rp 30 juta per bulan. Gaji ini dapat naik setelah sukses dalam memimpin tim PR dalam mencapai tujuan perusahaan atau organisasi.

Chief Communications Officer (CCO)

Gaji untuk posisi CCO biasanya berkisar antara Rp 50 juta hingga Rp 100 juta per bulan, tergantung pada ukuran dan kompleksitas perusahaan atau organisasi.

Namun, perlu diingat bahwa gaji yang didapatkan juga dapat dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti lokasi kerja, industri yang dijalankan oleh perusahaan atau organisasi, kondisi perusahaan, dan tingkat persaingan di pasar kerja.

Kesimpulan

Public Relations (PR) adalah sebuah profesi yang bertugas untuk menjalin hubungan antara suatu organisasi atau perusahaan dengan publik.

Tugas utama PR adalah untuk memastikan informasi yang diberikan oleh organisasi atau perusahaan diterima secara positif oleh publik, sehingga citra perusahaan atau organisasi tetap terjaga.

Dalam bidang PR, terdapat beberapa jenjang karir yang dapat ditempuh, mulai dari Junior PR Executive hingga Chief Communications Officer (CCO).

Gaji yang didapatkan dalam bidang PR juga berbeda-beda tergantung pada level dan pengalaman kerja. Namun, pada umumnya gaji yang didapatkan dalam bidang PR cukup menggiurkan.

Jika Anda memiliki passion dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan publik, maka karir di bidang PR bisa menjadi pilihan yang menarik.

Share :

Related Articles