Peringatan 20 Tahun Bom Bali

Bayu Septian

16 October 2022 03:22

Sumber Foto: Liputan 6

Tepat di 12 Okober 2022 atau 20 tahun lalu rangkaian serangan terorisme terbesar dan paling mematikan di Indonesia terjadi di Legian, Kuta, Bali.

Puncak peringatan 20 tahun tragedi bom bali I ini digelar tepat 12 Okober 2022 pukul 11.30 malam dengan penuh haru yang khidmat di Ground Zero, Jalan Legian, Kuta, Badung Bali.

Semua memberikan penghormatan bagi lebih dari 200 jiwa yang terenggut dalam tragedi kemanusiaan itu. Dua dasawarsa berlalu, tapi tragedi Bom Bali 2002 masih menyisakan trauma mendalam bagi korban.

Rangkaian peringatan dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga di Monumen Ground Zero yang dihadiri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.

Berdasarkan pantauan media, isu-isu positif soal peringatan 20 tahun bom bali menjadi dominan mengisi ruang pemberitaan.

Namun terdapat isu yang negatif menyoal sebuah rekaman video peristiwa Bom Bali diputar pada acara peringatan tragedi kemanusiaan itu sehingga menimbulkan kemarahan para penyintas dan keluarga korban.

Pemerintah Australia menyatakan sangat kecewa dan secara resmi akan menyampaikan keprihatinan para keluarga korban kepada pemerintah Indonesia. 

Bagaimana data media monitoring lainnya mengenai peringatan 20 tahun Bom Bali? Simak artikel ini!

Baca Juga: Guliran Isu yang Menghiasi HUT TNI ke 77

Analisis Media Monitoring

Ragam isu pemberitaan turut mewarnai 20 tahun peringatan Bom Bali. Dalam artikel ini, akan dibahas isu apa saja yang bergulir selama sepekan terakhir  10 – 16 Oktober 2022.

Sebaran Data

Dalam pantauan 10 – 16 Oktober 2022, data bergerak dengan akumulasi pada pemberitaan media online sebanyak 629 artikel dan pada platform twitter sebayak 3.220  kicauan.

Adapun puncak ekspos tertinggi pada pemantauan ini ada pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2022, yakni:

  • Puncak peringatan dua dekade Bom Bali I di Ground Zero, Jalan Legian, Kuta, Badung Bali ditandai dengan sikap hening dan nyala lilin oleh undangan, warga lokal, maupun warga negara asing (WNA)
  • Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang menyampaikan tragedi Bom Bali menjadi pengingat bagi Indonesia dan dunia terutama untuk lebih waspada terhadap ancaman terorisme

Sebaran Isu

Kapolri: Peringatan 20 tahun Bom Bali ingatkan dunia lebih waspada

Isu tertuju pada Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo yang menyampaikan pada peringatan 20 tahun tragedi Bom Bali menjadi pengingat bagi Indonesia dan dunia terutama untuk lebih waspada terhadap ancaman terorisme. Jenderal Listyo juga menyampaikan peringatan 20 tahun tragedi Bom Bali menjadi kesempatan bagi dunia memperkuat kerja sama melawan terorisme. Pasalnya, terorisme merupakan kejahatan lintas batas yang menjadi persoalan dunia.

BNPT Siap Lindungi, Bantu dan Dukung Korban Terorisme

Lalu isu kedua tertuju pada Kepala BNPT RI, Komjen Pol Dr. Boy Rafli Amar, M.H., berkomitmen untuk terus mendukung pemenuhan hak dan kebutuhan korban terorisme. Dalam hal ini, BNPT RI bersama Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban Republik Indonesia (LPSK RI) menjadi lembaga utama yang bertanggungjawab atas perlindungan korban terorisme.

Warga Australia Kecewa Melihat Footage Bom Bali

Dibalik isu positif terkait dengan peringatan 20 tahun bom bali, ada isu negatif menyoroti sejumlah keluarga korban Australia dan teman-teman korban bom Bali marah melihat pemutaran video yang menayangkan detik-detik bom meledak di Sari Club.

Adapun rekaman tersebut yang sangat memilukan yang memperdengarkan suara teriakan para korban saat tempat itu meledak. Pemerintah Australia mengatakan tidak terlibat dalam penyelenggaraan acara tersebut, dan secara resmi akan menyampaikan kemarahan warganya kepada pihak berwenang Indonesia.

Trending Tagar dan Kata Kunci Pada Media Sosial

Tagar #bombali dan kata kunci bom paling besar dan banyak digunakan warganet secara luas dan dalam pemberitaan. Hal tersebut merujuk pada perbincangan dan pemberitaan soal peringatan 20 tahun bom bali.

Top Person

Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo

"Harapan kami ke depan Indonesia dan dunia semakin waspada terhadap ancaman-ancaman terkait kegiatan kelompok teror, dan bagaimana kita membangun kerja sama melakukan moderasi agama, melakukan upaya-upaya pencegahan agar paham yang berkembang menjadi bibit-bibit terorisme bisa dicegah semaksimal mungkin"

Kepala BNPT, Komjen Pol Boy Rafli Amar

"Pemberian perlindungan serta menghormati hak dan kebutuhan para korban merupakan elemen penting dalam upaya Indonesia melawan terorisme, BNPT RI bersama mitra-mitra kami akan selalu berusaha memajukan hak dan kebutuhan para korban"

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese

"Tentunya kita mencintai Bali. Orang-orang Indonesia sudah menjalin dengan orang-orang Australia sebagai teman, tetangga. Mereka merasakan kesakitan yang kita rasakan. Kita bersatu, kita menemukan kekuatan, harapan, dan menemukan cinta di antara kita"

Share :

Related Articles