Peran AI dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Humas

Peran AI dalam Meningkatkan Efektivitas Kinerja Humas

Bayu Septian

20 February 2023 07:01

Humas - Photo by Austin Distel on Unsplash

Dalam era digital seperti sekarang, teknologi semakin pesat dan tidak dapat dihindari. Teknologi telah membawa banyak perubahan signifikan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang hubungan masyarakat (humas).

Dalam upaya untuk meningkatkan efektivitas humas, banyak perusahaan mulai menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk membantu tugas-tugas mereka.

Artikel ini akan membahas mengapa AI menjadi begitu penting dalam bidang humas, dan bagaimana teknologi ini dapat membantu meningkatkan produktivitas dan efisiensi di perusahaan.

Namun sebelumnya, ketahui dulu apa itu Articial Intelligence.

Apa itu Artificial intelligence ?

Mengutip dalam aws.amazon, Artificial Intelligence (AI) adalah sebuah cabang ilmu komputer yang berfokus pada pengembangan teknologi yang dapat melakukan tugas-tugas yang biasanya membutuhkan kecerdasan manusia, seperti belajar, berpikir, dan membuat keputusan.

Tujuan dari AI adalah menciptakan mesin yang dapat bertindak dan berpikir seperti manusia, bahkan melebihi kecerdasan manusia dalam beberapa hal tertentu.

Teknologi AI didasarkan pada konsep bahwa mesin dapat digunakan untuk meniru kemampuan manusia untuk memecahkan masalah dan membuat keputusan.

AI dapat diprogram untuk mempelajari pola-pola dari data, mengidentifikasi perbedaan dan kesamaan, serta membuat prediksi dan rekomendasi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, AI semakin canggih dan dapat digunakan dalam berbagai bidang, seperti keuangan, kesehatan, otomotif, dan juga hubungan masyarakat.

BACA JUGA: 6 Cara Efektif Humas Menangani Situasi Krisis Menggunakan Media Monitoring

Pentingnya Hubungan Masyarakat dalam Perusahaan

Humas atau public relations merupakan bagian penting dari setiap perusahaan. Tugas utama humas adalah membangun, menjaga, dan memperbaiki citra perusahaan di mata publik.

Humas juga bertanggung jawab dalam mengelola komunikasi dengan media massa, mengatur acara promosi, serta menjaga hubungan yang baik antara perusahaan dan pemangku kepentingan lainnya.

Seiring dengan perkembangan teknologi, tugas-tugas administratif dan analitis humas semakin meningkat. Banyak perusahaan yang menggunakan perangkat lunak humas untuk mengelola data publik, melakukan pelacakan media, serta melakukan analisis sentimen.

Namun, dengan semakin banyaknya data dan informasi yang harus diolah, perangkat lunak humas yang tradisional mungkin tidak dapat memenuhi kebutuhan perusahaan yang kompleks.

Memanfaatkan AI dalam Humas

Dalam bidang humas, AI dapat membantu dalam tugas-tugas seperti menganalisis data, membuat rekomendasi untuk strategi pemasaran, mengelola media sosial, dan memberikan respon cepat kepada konsumen.

Dengan memanfaatkan teknologi AI, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas kerja, memberikan respon yang lebih cepat dan efektif kepada publik, serta memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang preferensi dan perilaku konsumen.

Inilah mengapa AI menjadi begitu penting dalam bidang hubungan masyarakat. Dengan memanfaatkan AI, perusahaan dapat mengotomatisasi tugas-tugas administratif dan analitis humas serta mengoptimalkan kinerja mereka.

AI dapat membantu mengelola data publik, memproses analisis sentimen, serta menemukan topik yang sedang trend di media sosial.

Berikut adalah beberapa contoh bagaimana AI dapat membantu humas dalam meningkatkan efektivitas mereka:

Monitoring Media Sosial

Dalam memantau media sosial, AI dapat membantu humas untuk menemukan topik yang sedang trend dan memperkirakan dampaknya pada citra perusahaan.

AI dapat mengumpulkan data dan melakukan analisis sentimen secara cepat dan efisien, sehingga humas dapat menanggapi secara tepat waktu.

Personalisasi Pesan

Dalam membangun komunikasi dengan publik, AI dapat membantu humas untuk membuat pesan yang lebih personal dan relevan.

AI dapat menganalisis preferensi dan perilaku konsumen, sehingga humas dapat menyesuaikan pesan dan konten yang disampaikan.

Chatbot

Dalam memberikan layanan pelanggan, AI dapat membantu humas untuk memberikan respons yang cepat dan efektif dengan menggunakan chatbot.

Chatbot dapat membantu perusahaan untuk memberikan respon yang cepat dan memadai kepada pelanggan tanpa harus menunggu lama.

Hal ini akan meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat citra perusahaan di mata publik.

Keuntungan Menggunakan Artificial Intelligence di Humas

Menggunakan AI dalam bidang humas dapat memberikan banyak keuntungan bagi perusahaan. Beberapa keuntungan yang dapat diperoleh antara lain:

1. Meningkatkan efektivitas kerja

Dengan mengotomatisasi tugas-tugas analitis dan administratif, humas dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja. Hal ini akan membantu humas untuk fokus pada tugas-tugas yang lebih strategis.

2. Meningkatkan kecepatan dan ketepatan respon

Dengan memanfaatkan AI, perusahaan dapat memberikan respon yang lebih cepat dan efektif kepada publik. Hal ini dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dan memperkuat citra perusahaan di mata publik.

3. Memperoleh wawasan yang lebih dalam

Dengan memanfaatkan AI, perusahaan dapat memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang preferensi dan perilaku konsumen.

Hal ini akan membantu perusahaan dalam mengambil keputusan yang lebih tepat dalam merancang strategi pemasaran dan komunikasi.

Penerapan AI dalam Public Relation

Dilihat dari laman infokomputer, AI juga memungkinkan bagi praktisi humas atau public relation untuk dapat mengukur perasaan dan pendapat seseorang tentang merek.

Selain itu, juga dapat membandingkan sentimen dengan metrik lain seperti, enggagement, penjualan, atau bahkan harga saham.

Berikut beberapa contoh penerapan AI dalam bidang kehumasan:

  • Membuat press release dan media report dengan bantuan natural language generation (NLG).
  • Melakukan advanced sentiment analysis terhadap kliping media dan posting/komentar di media sosial.
  • Mengidentifikasi dan mengekstraksi nama, tempat, bisnis, event, data dan brand dari file dokumen, video, atau audio.
  • Mengkonversi speech to text untuk kebutuhan konferensi pers, wawancara media, podcast, dan rapat internal.
  • Menerjemahkan file audio atau teks ke dalam beberapa bahasa untuk distribusi informasi yang lebih luas.
  • Mengembangkan knowledge assistant/chatbot untuk membantu pertanyaan dari dan pencarian informasi oleh awak media.
  • Memanfaatkan rekomendasi yang diberikan oleh sistem AI
  • Mengidentifikasi influencer yang tepat untuk menjangkau, berinteraksi, dan memotivasi audience.

AI menjadi semakin penting dalam bidang hubungan masyarakat atau public relations.

Dengan memanfaatkan teknologi ini, perusahaan dapat meningkatkan efektivitas dan produktivitas kerja, memberikan respon yang lebih cepat dan efektif kepada publik, serta memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang preferensi dan perilaku konsumen.

Dengan demikian, perusahaan dapat memperkuat citra mereka di mata publik dan meningkatkan kepuasan pelanggan.

Bagi perusahaan yang ingin memanfaatkan keuntungan AI, kami menawarkan produk dengan sistem AI yang dapat membantu meningkatkan efektivitas kerja di bidang humas.

Dapatkan penawaran menarik dari produk kami dan tingkatkan produktivitas kerja di perusahaan Anda.

Share :

Related Articles

No related posts