Pentingnya Memantau Opini Publik dalam Melakukan Pengembangan Produk

Cahaya Muslim

13 February 2024 09:57

Pengembangan produk merupakan kegiatan untuk menjadikan bisnis Anda lebih baik, lebih besar, dan lebih luas. Produk yang dikembangkan mampu membuat Anda menjangkau target pasar baru. Sebab, produk tersebut akan meningkat nilainya baik secara manfaat maupun kegunaannya.

Namun, kegiatan ini tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa memiliki acuan yang matang. Penting bagi Anda untuk memiliki data penting sebagai pertimbangan dalam melakukan pengembangan produk.

Salah satunya yang perlu Anda ketahui adalah pendapat publik mengenai produk bisnis Anda saat ini. Mengapa hal tersebut penting? Artikel ini akan menjelaskannya untuk Anda.

Baca Juga: Mengenal Research & Development bagi Bisnis

Mengapa Opini Publik Penting bagi Bisnis?

Opini publik dapat diartikan sebagai pendapat umum atau pendapat sebagian besar orang.  Artinya, pendapat yang tersebar di berbagai media sosial bisa jadi mewakili banyak pendapat mengenai bisnis Anda.

Mengapa mengetahui opini publik itu penting bagi bisnis? Karena kebanyakan produk atau jasa yang Anda kembangkan nanti adalah untuk mereka. Maka dari itu, Anda harus mengetahui apa yang dipikirkan dan dirasakan oleh mereka mengenai bisnis Anda.

Dari berbagai pendapat yang disampaikan di media, Anda juga dapat mengetahui kebutuhan serta keinginan mereka. Hal tersebut menjadi faktor penting dalam proses pengembangan produk. 

Memantau opini publik menjadi salah satu cara agar pengembangan produk Anda berhasil dan tepat sasaran. Jadi, produk Anda dapat diterima dengan baik oleh masyarakat. Tidak sedikit pengembangan produk yang gagal karena tidak memahami apa yang diinginkan atau dibutuhkan customer.

Tips Pengembangan Produk yang Efektif

Lalu, bagaimana tips pengembangan produk yang efektif? Tips ini bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko kegagalan. Tidak hanya itu, dengan melakukan tips berikut, diharapkan pengembangan produk Anda bisa membantu menjadikan bisnis Anda lebih baik. Di antara tips pengembangan produk yang efektif adalah sebagai berikut.

  • Memahami kebutuhan pelanggan
  • Menentukan nilai produk yang lebih unggul
  • Menetapkan target pengembangan produk
  • Membangun tim yang kreatif dan mau belajar
  • Menganalisis peluang dan risiko pengembangan produk
  • Menentukan metode dan timeline pengembangan produk yang jelas
  • Mengevaluasi produk sebelumnya dengan cara memanfaatkan hasil analisis yang telah dilakukan.

Intinya, tips mengembangkan produk yang efektif adalah dengan mempelajari lebih dalam mengenai produk serta target pasar Anda. Pastikan produk yang dikembangkan nanti mampu memenuhi kebutuhan serta keinginan audience yang cepat berubah.

Media Intelligence untuk Memantau Opini Publik

Salah satu cara mudah dan cepat untuk memantau opini publik adalah dengan menggunakan media intelligence. Istilah tersebut mengacu pada pengumpulan hingga menganalisis data dari berbagai media.

Dari analisis yang dilakukan ini, Anda dapat mengetahui apa yang dikatakan netizen mengenai brand Anda di media sosial, seperti Twitter atau X, Facebook, Instagram, dan sebagainya.

Media intelligence memantau opini publik berdasarkan kata kunci yang berkaitan dengan bisnis Anda. Tidak hanya sekadar mengetahui opini publik, Anda juga dapat mengetahui penilaian sentimennya. Apakah pendapat publik tersebut lebih mengarah kepada sesuatu yang positif, netral, atau negatif.

Hal tersebut membantu Anda dalam proses pengembangan produk. Dari pendapat-pendapat audience, Anda jadi tahu keunggulan produk Anda sehingga bisa lebih ditonjolkan atau diunggulkan lagi ke depannya. Kemudian, mengetahui juga apa kekurangan dari produk Anda sehingga bisa diperbaiki saat melakukan pengembangan produk.

Sebagai tim Research & Development (R & D), penting bagi Anda untuk menggunakan media intelligence ini. Sebab, Anda memerlukan kecepatan dan ketepatan agar Anda tidak disalip oleh kompetitor. Media intelligence juga membantu Anda untuk memantau pergerakan kompetitor. Jadi, Anda bisa unggul lebih jauh dari mereka. 

Apakah Anda tertarik untuk mencoba media intelligence ini? Yuk, coba sekarang dengan mengajukan demo di sini

Share :

Related Articles