Pentingnya Analisis Sentimen bagi E-Commerce

Cahaya Muslim

22 March 2024 10:10

Analisis sentimen pasar sangat penting bagi e-commerce. Alasannya, hal tersebut berkaitan dengan pengelolaan isu-isu dan krisis yang dapat memengaruhi perkembangan bisnis Anda.

Apabila e-commerce abai terhadap sentimen pasar, hal tersebut bisa memperburuk citra sehingga membuat e-commerce sepi pengguna. Namun, bagaimana cara untuk menganalisis sentimen dengan mudah? Salah satunya adalah dengan menggunakan media intelligence. Apa kaitannya? Simak penjelasannya sampai habis.

Baca Juga: Pentingnya Memahami Sentimen Masyarakat terhadap Pelayanan Sektor Publik

Manfaat Memahami Sentimen

Seperti diketahui, sentimen adalah pendapat atau pandangan yang didasarkan pada perasaan terhadap sesuatu. Oleh sebab itu, sentimen ini berkaitan dengan apa saja yang dibicarakan orang-orang di media sosial maupun media massa.

Sebenarnya, apa saja manfaat dalam memahami sentimen? Mengapa Anda perlu tahu pendapat orang lain? Di antara manfaatnya adalah sebagai berikut.

  • Mengidentifikasi isu atau tren yang sedang berkembang

Memahami sentimen dapat mengidentifikasi isu atau tren yang sedang berkembang. Caranya adalah dengan melihat topik apa yang sedang ramai dibicarakan. Dari sini, Anda pun bisa mengetahui tren terkini dan bisa memaksimalkannya untuk menaikkan citra bisnis Anda.

  • Memantau pergerakan kompetitor

Melalui pemberitaan, Anda dapat dengan mudah memantau pergerakan kompetitor. Tidak hanya itu, Anda juga dapat mendengarkan pendapat orang-orang tentang bisnis kompetitor tersebut. Jadi, Anda bisa mengetahui kelebihan, kekurangan, hingga ancamannya bagi bisnis Anda.

  • Menjaga Citra Bisnis

Terakhir, data sentimen juga bisa menjaga citra bisnis. Sebagai perusahaan e-commerce, Anda perlu menyediakan pelayanan yang terbaik. Salah satunya adalah cepat tanggap dalam menanggapi keluhan atau ulasan. Tujuannya supaya Anda dianggap sebagai e-commerce yang terpercaya karena siap membantu pengguna untuk mengatasi masalahnya kapan pun.

Tiga manfaat di atas hanyalah sebagian dari banyaknya manfaat-manfaat lain dalam memahami sentimen. Intinya, sentimen bermanfaat sebagai landasan untuk Anda melakukan pengambilan keputusan lebih baik. 

Melalui sentimen, Anda bisa lebih memahami pelanggan atau pengguna Anda. Jadi, e-commerce yang disajikan sesuai kebutuhan serta keinginan mereka. Hal ini pun memudahkan pengguna untuk memilih e-commerce Anda sebagai tempat belanja online terbaik. 

Cara Menganalisis Sentimen bagi E-Commerce

Salah satu cara untuk menganalisis sentimen adalah dengan menggunakan media intelligence. Bagaimana cara kecerdasan ini melakukannya? Sebagai langkah awal, media intelligence akan mengumpulkan data sekaligus menganalisis data tersebut untuk menentukan jenis sentimen.

Dalam Kazee Media Intelligence terdapat tiga macam sentimen, yaitu positif, negatif, dan juga netral. Hal tersebut didasarkan pada kata kunci yang tertera dalam setiap sentimen yang ada.

Apabila isi pemberitaan atau komentar netizen ada kata-kata yang terkesan buruk, maka media intelligence bisa menganggapnya sebagai sentimen negatif. Begitu juga sebaliknya. Tentunya, terdengar sulit apabila Anda menganalisis semua itu secara manual.

Itulah mengapa media intelligence membantu memudahkan Anda untuk membagi sentimen berdasarkan jenisnya. Dengan insight berharga tersebut, Anda jadi tahu apa kelebihan dan kelemahan e-commerce Anda.

Dari sini, Anda pun dapat melakukan perbaikan serta peningkatan agar e-commerce Anda menjadi tempat ternyaman pengguna untuk berbelanja.

Kesimpulannya, analisis sentimen bagi e-commerce membantu dalam hal perbaikan dan peningkatan pelayanan. Dengan sentimen, Anda dapat mengetahui seberapa puas pelanggan dalam mengakses e-commerce Anda.

Yuk, segera gunakan media intelligence untuk menganalisis sentimen dengan mudah. Klik di sini dan ceritakan kebutuhan bisnis e-commerce Anda.

Share :

Related Articles