Pemberitaan Media Terkait Affiliator Binary Options

Bayu Septian

01 March 2022 13:22

Technology photo created by rawpixel.com - www.freepik.com

Akhir-akhir ini media sosial menyimpan banyak polemik terkait binary options. Pasalnya, binary options di Indonesia dinilai merugikan banyak masyarakat. Beberapa masyarakat yang menjadi korban merasa ditipu oleh iming-iming yang awalnya menjanjikan namun berakhir menjerumuskan pada kerugian finansial. Bermain binary options tidak semudah budaya flexing para affiliatornya. Kabar terbaru datang dari salah satu affiliator yang kerap disebut “crazy rich medan” yang kini harus menjalani proses hukum akibat mempromosikan binary options. Untuk membahas lebih lanjut, simak pengertian dan cara kerja sebuah binary options.

Apa itu binary options?

Binary options adalah sebuah sistem yang menyediakan jasa menebak antara dua pilihan. Lebih jelas dikutip dari Investor, binary options adalah jenis kontrak opsi di mana pembayarannya sepenuhnya bergantung pada hasil proposisi “yes”/”no” dan biasanya berkaitan dengan apakah harga aset tertentu akan naik di atas atau turun di bawah jumlah yang ditentukan

Bagaimana cara kerja transaksi binary options?

Binary options bukanlah pasar asli. Aplikasi ini merupakan grafis bervariasi yang mengambil data dari pasar asli. Meskipun demikian, ketepatan data yang digunakan pada aplikasi ini tidak dapat dipastikan.

Cara kerjanya, user hanya perlu menebak apakah sebuah aset naik atau turun harganya. Dalam transaksi, user akan diberi tenggat waktu untuk menebak suatu harga aset. Jika user tersebut berhasil menebak harga sebelum tenggat waktu berakhir, maka ia berhak mendapatkan return dari hasil tebakannya. Apabila user salah menebak harga, maka mereka dana mereka akan loss.

Di Indonesia salah satu jenis binary options adalah Binomo. Pada aplikasi ini, user berhak untuk memilih naik atau turun sebuah harga aset. Aplikasi ini memiliki “demo” dimana calon user bisa mencoba trial transaksi dengan modal $ 1000 atau sekitar Rp. 14.000.000. Namun, apabila calon user tersebut ingin memiliki akun asli dan bertransaksi dengan “real” di Binomo, maka ia harus mengeluarkan Rp.140.000 sebagai modal awal.

Apakah binary options legal di Indonesia?

Binary option masih illegal di Indonesia. Tidak ada satupun broker binary options yang memiliki izin. Ada beberapa broker binary options yang sudah legal di beberapa negara seperti Amerika, Britania Raya, Australia, New Zealand dan Jepang.

Isu media saat ini dipenuhi dengan pemberitaan affiliator salah satu binary options yakni Binomo yang ditangkap karena dinilai merugikan banyak orang. Dilansir dari Tribunnews, Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Polri akhirnya menetapkan Crazy Rich Medan Indra Kenz sebagai tersangka dugaan kasus penipuan berkedok trading binary option Binomo pada Kamis (24/2/2022)

Berangkat dari hal ini, Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan big data mencoba merangkum analisis pemberitaan atau perbincangan di media terkait Indra Kenz dengan menggunakan sistem media monitoring. Periode analisis dilakukan pada tanggal 22 – 28 Februari 2022. Query yang digunakan adalah “Indrakenz” OR “Indra Kenz”

Baca juga: Efektivitas Media Monitoring Dalam Mendukung Kinerja Humas

Analisis media monitoring

Jumlah Data

Berdasarkan tangkapan layar sistem media monitoring Kazee, terdapat total 3.930+ data yang tersebar di media pada periode analisis

Pergerakan Data Media

Berdasarkan tangkapan layar sistem media monitoring, Indra Kenz paling banyak diberitakan atau dibicarakan pada tanggal 24 Februari 2022. Media yang paling banyak membicarakan Indra Kenz adalah Twitter dengan total 988 data.

Data Twitter

Twitter merupakan media dengan posisi tertinggi dalam penyebaran data terkait Indra Kenz. Berikut merupakan tangkapan layar sistem media monitoring Kazee pada periode analisis.

Sampel Cuitan

Top Hashtag dan Keyword

Berikut merupakan analisis sistem media monitoring tentang hashtag dan keyword yang paling banyak digunakan dan dibicarakan media terkait Indra Kenz

Lokasi penyebaran data

Gambar di atas merupakan tangkapan layar sistem media monitoring Kazee terkait penyebaran data “Indra Kenz” di media. Untuk lebih jelas, simak statistik lokasi berikut:

Sumatera Utara menjadi lokasi yang paling banyak memuat data terkait Indra Kenz.

Ekspresi

Berikut merupakan analisis media monitoring terkait data media yang memuat ekspresi terkait Indra Kenz

Hasilnya adalah ekspresi waspada mendominasi data.

Top Influencer

Berikut merupakan hasil analisis media monitoring ntuk mengetahui siapa pihak yang paling banyak membicarakan dan berpengaruh di media pada periode analisis.

Sampel Isu

Berikut merupakan sampel isu yang diberitakan oleh redaksi media terkait Indra Kenz pada analisis sistem media monitoring.

Top Organisasi

Gambar di atas merupakan tangkapan layar sistem media monitoring pada periode analisis. Bareskrim Polri menjadi organisasi yang paling banyak dibicarakan di media terkait kasus Indra Kenz.

Top Redaksi

Berikut merupakan redaksi yang paling banyak membuat pemberitaan terkait Indra Kenz pada periode analisis

Kesimpulan

Berdasarkan pantauan sistem media monitoring, data terkait Indra Kenz didominasi oleh sentiment negatif. Affiliator yang mengkampanyekan binary options di Indonesia wajib untuk dihukum seberat-beratnya karena telah menyebarkan pengaruh terkait sistem keuangan illegal. Hal ini merugikan korban yang sudah diiming-imingi akan mendapat banyak keuntungan. Menurut hasil ekspresi media yang menunjukan waspada, maka, masyarakat harus lebih diedukasi mengenai kelegalan investasi dan juga resikonya agar tidak mudah terkecoh. Investasi yang baik tentu tidak menyediakan keuntungan instan. Jika masyarakat banyak teredukasi dengan baik, hal ini tentu memberikan dampak positif bagi negeri dan masyarakat itu sendiri.

Referensi:

https://www.tribunnews.com/nasional/2022/02/28/polisi-pastikan-pengusutan-keterlibatan-affiliator-kasus-binomo-tak-hanya-berhenti-di-indra-kenz.

https://www.investor.gov/introduction-investing/investing-basics/glossary/binary-options

Share :

Related Articles