Pemanasan global
Global warming vector created by brgfx – www.freepik.com

Baru-baru ini tersebar video yang menjadi viral terkait ilmuwan NASA yang mengadakan demo terkait pemanasan global. Demo dilakukan di depan Gedung JPMorgan Chase, Los Angeles. Dr. Peter Kalmus, salah satu ilmuwan dari Jet Propulsion Laboratory NASA hadir menyampaikan pidato emosional tentang dampak pemanasan global bagi bumi dalam waktu dekat.

Hubungan pemanasan global (global warming) dan perubahan iklim (climate change)

Meskipun sering disandingkan, definisi antara pemanasan global dan perubahan iklim memiliki arti yang berbeda.

Dilansir dari situs NASA, Pemanasan global (global warming) adalah pemanasan jangka panjang sistem iklim bumi yang diamati sejak periode pra-industri (antara 1850 dan 1900) karena aktivitas manusia, terutama pembakaran bahan bakar fosil, yang meningkatkan tingkat gas rumah kaca yang memerangkap panas di atmosfer bumi.

Sedangkan perubahan iklim (climate change) adalah jangka panjang perubahan jangka panjang dalam pola cuaca rata-rata yang telah menentukan iklim lokal, regional, dan global Bumi. Perubahan-perubahan ini memiliki jangkauan efek yang diamati yang luas yang identik dengan istilah tersebut.

Peningkatan panas suhu bumi yang disebabkan oleh manusia disebut dengan pemanasan global. Sedangkan perubahan iklim (climate change) adalah efek yang ditimbulkan dari global warming dan juga proses alam termasuk variabilitas internal (misalnya, pola siklus laut seperti El Niño, La Niña, dan Osilasi Dekadal Pasifik) dan eksternal (misalnya, aktivitas gunung berapi, perubahan output energi Matahari, variasi dalam orbit Bumi).

Berdasarkan isu yang banyak beredar di media terkait perubahan iklim dan pemanasan global yang memicu suhu bumi naik, Kazee Digital Indonesia mencoba merangkum data yang tersebar di media terkait dengan perubahan iklim pada tanggal 11-17 Mei 2022 menggunakan sistem media monitoring dengan fokus kata kunci “Perubahan Iklim”.

Baca Juga: Media Monitoring : Definisi, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya

Analisis Media Monitoring Terkait Perubahan Iklim

Pergerakan Data

Berdasarkan pergerakan data, periode puncak sorotan terjadi pada tanggal 13 Mei 2022 dengan total data 322 data terdiri dari news 172, twitter 149 dan Instagram 1.

Jumlah Data

Jumlah data yang terdapat pada periode adalah 1.610. terdiri dari 807 data twitter dan 787 data news.

Top Keyword

Berdasarkan tangkapan layar sistem media monitoring Kazee, gambar di atas merupakan kata kunci yang paling banyak dicari terkait perubahan iklim.

Sampel Tweet

Berikut merupakan salah satu sampel Tweet terkait

Top Person

Berikut merupakan pihak-pihak yang paling banyak dibicarakan terkait perubahan iklim.

Top Organisasi

Gambar di bawah merupakan organisasi yang paling banyak dibicarakan terkait perubahan iklim.

Sampel Isu

Presiden Jokowi Dorong Kemitraan ASEAN-AS dalam Penanganan Perubahan Iklim

Presiden Joko Widodo menyampaikan tiga poin penting terkait penanganan Perubahan Iklim dalam pertemuan para pemimpin negara-negara ASEAN dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris di Departemen Luar Negeri AS, Washington DC, Jumat, 13 Mei 2022.

PBB Peringatkan Risiko Besar Kekeringan Global

Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) memperingatkan risiko yang lebih besar dari kekeringan, dan mendesak tindakan segera. Seperti dilaporkan CNA, Rabu (11/5/2022), umat manusia menghadapi kekeringan yang semakin parah dan merusak karena Perubahan Iklim dan degradasi lahan. Drought In Numbers, 2022, dari United Nations Convention to Combat Desertification (UNCCD), menyatakan jumlah dan durasi kekeringan telah meningkat 29 persen sejak tahun 2000.

Suhu Panas Dipengaruhi Iklim dan Diamplifikasi Dinamika Atmosfer

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan suhu udara panas dipengaruhi faktor klimatologis dan diamplifikasi dinamika atmosfer skala regional dan skala meso. Pelaksana tugas Deputi Klimatologi BMKG, Urip Haryoko dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa, menjelaskan analisis pengukuran suhu permukaan dari 92 Stasiun BMKG dalam 40 tahun terakhir menunjukkan peningkatan suhu permukaan dengan laju yang bervariasi.

Sah, Pertamina dan Air Liquide Ciptakan CCU Kilang Balikpapan

Pertamina dan Air Liquide Indonesia sepakat melakukan kerja sama untuk mengembangkan teknologi Carbon Capture and Utilization (CCU) di unit pengolahan kilang di Balikpapan. Hal ini merupakan bentuk komitmen Pertamina dalam mengimplementasikan aspek environment social and governance (ESG) serta mendukung penurunan emisi gas rumah kaca (GRK).

PLN Berikan Apresiasi Direktur Perempuan Bank Sampah Sekumpul Melalui Program TJS

PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (UIW Kalselteng) apresiasi Direktur perempuan Bank Sampah Sekumpul. Manajemen kemudian menyerahkan bantuan melalui Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) bertajuk Bank Sampah Sekumpul menuju Proklim Lestari.

Top Redaksi

Berikut merupakan redakasi yang paling banyak memberitakan hal terkait perubahan iklim.

Kesimpulan

Berdasarkan pergerakan data yang tersebar di media, banyak wacana terkait rencana penurunan emisi karbon yang dilakukan oleh banyak negara. Perubahan iklim juga menjadi salah satu bahasan penting dalam salah satu agenda KTT G20. Peringatan ilmuwan terkait perubahan iklim harus mulai diperhatikan oleh pemerintah dan pebisnis agar bisa saling bahu-membahu mengurangi risiko pemanasan global agar lingkungan tetap terjaga kelestariannya.

Referensi:

https://climate.nasa.gov/resources/global-warming-vs-climate-change/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *