Media Sosial – Photo by Rami Al-zayat on Unsplash

Media sosial (Medsos) telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari kita. Awalnya Saluran sosial media pertama dibuat pada tahun 1997 dan disebut Six Degrees.

Sejak saat hingga hari ini tidak dapat dibayakan aktivitas yang kita lakukan setiap harinya jika tanpa media sosial. 

Media sosial kini telah dan akan terus berkembang, saat ini Medsos telah menjadi tulang punggung pemasaran yang efektif untuk bisnis.Sulit membayangkan kampanye pemasaran apa pun, bahkan offline, tanpa memicu keterlibatan Medsos.

Dalam pemasaran media sosial pasti ada pro dan kontra. Namun disatu sisi kehadirannya membuka peluang untuk kampanye pemasaran yang lebih tepat sasaran, lebih kreatif, dan interaktif.

Namun disisi yang lain, pemasaran Medsos menarwarkan banyak sekali data, data tersebut beragam, diantaranya dapat digunakan dan sangat diperlukan untuk Pebisnis mengambil keputusan yang lebih baik dan tepat. Tetapi sebagian dari data tersebut juga dapat dikatakan sama sekali tidak berguna.

Lalu bagaimana cara menemukan data yang berguna di lautan informasi?

Caranya yaitu dengan bantuan dari analisis media sosial!, Keberhasilan kampanye pemasaran secara online bergantung pada banyak faktor, diantaranya seperti, eksekusi ide yang tepat dan memahami kebutuhan audiens Anda.

Namun, salah satu aspek terpenting adalah analisis dan interpretasi yang benar dari data yang telah dikumpulkan dari media sosial. Di situlah analisis media sosial menunjukkan potensinya.

Dalam artikel ini, akan membahas manfaat analisis media sosial dan mengupas tuntas mengapa memerlukan analisis media sosial.

BACA JUGA: Inilah 4 Perusahaan Jasa Media Monitoring Terbaik di Dunia

Apa itu analisis media sosial?

Untuk mencapai hasil yang optimal dari kampanye pemasaran di Medsos, Anda perlu menganalisis data yang telah dikumpulkan dari aktivitas sebelumnya.

Analisis Medsos didasarkan pada data yang sudah ada, seperti postingan sebelumnya, interaksi dengan pengikut, dan kampanye Medsos yang telah dijalankan.

Dilansir dari Brand24, dalam melakukan analisis media sosial, terdapat dua sumber informasi yang dapat diandalkan. Pertama, Anda dapat melihat lebih dalam ke dalam saluran Medsos dan menganalisis hasilnya.

Kedua, Anda dapat menganalisis keberadaan media sosial pesaing, sehingga Anda dapat menyiapkan dokumen pembandingan dan mendapatkan gambaran umum tentang apa yang berhasil dan apa yang tidak berhasil untuk bisnis Anda.

Gunakan Tools Untuk Analisis Media Sosial

Analisis media sosial dapat membantu Anda mengembangkan kampanye Medsos yang paling sukses, yaitu kampanye yang dapat menjangkau pemirsa yang tepat, pada waktu yang tepat, dan di platform yang tepat.

Namun, perlu diakui bahwa analisis Medsos adalah proses yang memakan waktu. Meskipun begitu, tidak perlu khawatir, karena dengan Kazee Media Monitoring, Anda dapat memantau aktivitasMedsosAnda dan pesaing secara real-time, serta mengumpulkan data yang berguna untuk analisis media sosial.

Atau

Melalui analisis Medsos menggunakan Kazee Media Monitoring, Anda dapat mengembangkan kampanye Medsosyang lebih efektif, yaitu kampanye yang dapat menjangkau pemirsa yang tepat, pada waktu yang tepat, dan di platform yang tepat.

Dengan demikian, Anda akan dapat meningkatkan keefektifan kampanye Medsos Anda, serta memperoleh manfaat maksimal dari aktivitas media sosial yang dilakukan.

Mari kita lihat apa yang ditawarkan tools media monitoring terkait analisis media sosial.

Bagaimana Memulai Analisis Media Sosial?

Memulai analisis media sosial diawali dengan membuat proyek pada sistem. Masukkan kata kunci yang ingin dipantau dan tentukan saluran media sosialnya.

Ada beberapa kata kunci yang dapat Anda gunakan seperti:

 1. Nama perusahaan Anda

Dalam analisis media sosial, pertama harus memasuki kata kunci terkait perusahaan, brand, atau entittias yang jadi pantauan.

2. Tagar brand

untuk mengawasi penyebaran pesan Anda di media sosial. Kazee akan menganalisis jangkauan media sosial dari tagar, sentimen seputar percakapan, jenis dan jumlah interaksi, dan akan menyiapkan daftar penulis paling berpengaruh di Twitter.

3. Tagar Kampanye

Untuk menilai kinerja kampanye pemasaran media sosial dalam jangka waktu tertentu

4. Istilah yang berkaitan dengan bisnis Anda

untuk menemukan semua percakapan seputar topik yang Anda minati. Misalnya, jika saya pemilik perusahaan lipstik, saya akan memantau kata kunci seperti “lipgloss”; “mengkilap”; dan “riasan”; “Bibir”.

Kazeeid

Setalah selesai menyiapkan proyek tools media monitoring Kazee akan memberikan data media sosial paling berharga untuk meningkatkan strategi media sosial Anda.

Menentukan Metrik Media Sosial

Metrik media sosial yang penting untuk analisis media sosial bergantung pada tujuan yang ingin di capai.

Melacak perubahan dalam kesadaran merek memerlukan kumpulan metrik yang berbeda yang mengukur hasil kampanye kesadaran merek Anda.

Aspek lain yang harus Anda ingat adalah kualitas metrik. Analisis media sosial yang baik memberikan wawasan media sosial yang sangat dapat ditindaklanjuti.

Karena itu, metrik media sosial mana yang penting untuk analisis media sosial?

Volume Penyebutan

Volume penyebutan atau top mention akan memberi tahu terkait berapa kali nama merek, tagar, atau kata kunci lainnya, disebutkan dalam waktu yang telah ditentukan.

Ini merupakan metrik awal dalam analisis media sosial, Tujuan akhir dari kehadiran media sosial Anda adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, membuat merek, dikenal audiens baru dan potensial. Semakin banyak orang membicarakan merek Anda, semakin tinggi volume penyebutannya.

Sentimen

Untuk menganalisis volume penyebutan dengan benar, Anda memerlukan beberapa kumpulan data tambahan. Salah satunya adalah sentimen terkait penyebutan itu sendiri.

Analisis sentimen media sosial akan memberi tahu bagaimana perasaan pengguna media sosial tentang merek Anda. Jika tiba-tiba terjadi lonjakan penyebutan negatif tentang merek, produk, atau layanan Anda, ini mungkin mengindikasikan krisis media sosial sedang terjadi.

Share Of Voice

Share of voice (SOV) adalah salah satu metrik media sosial terpenting. Share of voice memberi tahu berapa persentase dari seluruh diskusi online yang diprakarsai oleh akun media sosial tertentu.

Semakin tinggi share of voice, semakin berpengaruh akun media sosial Anda. Pelanggan potensial akan menganggap merek Anda terpercaya dan terbaik, yang pada akhirnya akan menghasilkan prospek baru.

Demikianlah sedikit panduan yang dapat diberikan mengenai analisis media sosial dalam pemasaran bisnis. Dengan memahami potensi media sosial sebagai alat pemasaran, menemukan data yang berguna dari banyaknya informasi di media sosial, serta menggunakan alat analisis media sosial yang tepat seperti Kazee media monitoring tools.

Jadi, tunggu apa lagi? Segera terapkan tips dan panduan yang telah kami berikan dalam artikel ini dan jangan lupa untuk terus memantau dan menganalisis kinerja kampanye Anda menggunakan alat analisis media sosial yang tepat.

Dengan cara ini, Anda dapat mengoptimalkan pemasaran bisnis Anda di media sosial dan mencapai keberhasilan yang diinginkan.