Meningkatkan Kualitas Layanan Publik dengan Media Intelligence

Cahaya Muslim

29 January 2024 10:13

Umumnya, layanan publik diselenggarakan oleh lembaga negara atau pemerintahan. Walaupun, tidak menutup kemungkinan pelayanan tersebut dilakukan oleh siapa saja. Akan tetapi, sudah menjadi tugas negara untuk melayani masyarakat dengan baik. Melakukan pelayanan publik tentu saja bukanlah hal yang mudah. Sebab, terdapat ratusan jiwa yang harus diurus atau dilayani.

Baca Juga: Meningkatkan Kualitas Layanan Publik dengan Teknologi Digital di Kota Pintar

Tidak heran, hal ini membuat layanan publik belum terasa sempurna. Masih ada keluhan-keluhan yang disampaikan netizen di akun-akun media sosialnya. Contohnya, keluhan seperti pelayanan yang kurang ramah, kecepatan dan ketepatan waktu yang masih bermasalah, hingga rumitnya proses pelayanan publik.

Pimpinan lembaga pemerintah perlu mengetahui dengan cepat segala macam keluhan tersebut. Tujuannya agar bisa segera melakukan perbaikan atau mengambil keputusan yang lebih baik dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. 


Kaitan Media Intelligence dengan Layanan Publik 

Seperti apa kaitan media intelligence dengan layanan publik? Media intelligence memiliki fungsi untuk memantau apa yang dibicarakan oleh orang-orang tentang sebuah pelayanan publik. 

Dari sini, para pimpinan akan lebih mudah mengetahui keluhan-keluhan masyarakat saat menggunakan layanan publik. Hal apa saja yang harus diperbaiki atau ditingkatkan lagi. Tidak hanya itu, media intelligence membantu pemerintah untuk menyediakan layanan publik yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. 

Seiring berjalannya waktu, kebutuhan masyarakat juga bisa berubah. Inilah mengapa media intelligence dibutuhkan untuk memantau isu-isu yang berkaitan dengan pelayanan publik. Dari berbagai isu yang ada, seorang pemimpin dapat mengetahui perkembangan kualitas layanan publiknya sudah sampai sejauh mana dalam melayani masyarakat.

Hasil Insight Media Intelligence yang Membantu Peningkatan Layanan Publik

Media intelligence memberikan data atau hasil insight yang bisa membantu Anda dalam memperbaiki sekaligus meningkatkan kualitas layanan publik. Insight-insight ini bermanfaat untuk menjadi landasan agar Anda tidak salah dalam mengambil keputusan. Hasil insight seperti apa yang bisa didapatkan di media intelligence sehingga dapat membantu peningkatan layanan publik? Berikut beberapa insightnya.

Isu-Isu Terkait Pelayanan Publik

Anda dapat mengetahui berita-berita terkini dari berbagai sumber media mengenai pelayanan publik. Hal ini memudahkan Anda mendeteksi sejak dini isu-isu yang berkaitan tentang organisasi Anda. Dari sini, Anda dapat mengetahui sumber permasalahan yang sering dikeluhkan masyarakat.

Selain itu, pimpinan juga dapat bertindak lebih cepat untuk menanggapi keluhan masyarakat. Misalkan, mendisiplinkan sumber daya manusia yang bermasalah, hingga melengkapi fasilitas yang masih kurang. 

Sentimen Publik 

Sentimen masyarakat tidak boleh diabaikan. Sebab, mereka secara langsung merasakan kualitas pelayanan publik yang berada di daerah mereka masing-masing. Artinya, segala hal yang mereka katakan mengenai pelayanan publik itu kemungkinan besar berdasarkan pengalaman langsung yang dirasakan.

Oleh sebab itu, sentimen-sentimen dari beberapa orang dapat memengaruhi pendapat banyak orang lainnya. Jadi, penting bagi Anda mengetahui bagaimana pendapat mereka mengenai pelayanan publik saat ini. Tujuannya agar Anda dapat segera menindaklanjuti kritik dan saran yang disampaikan oleh masyarakat di media sosial.

Top Tokoh

Terakhir, top tokoh memengaruhi citra dari lembaga yang menyelenggarakan pelayanan publik. Sebagai contoh, layanan publik A sedang dinilai buruk oleh masyarakat. Anda bisa mengetahui siapa saja tokoh yang sering dibicarakan karena berkaitan dengan layanan tersebut.

Dari sini, Anda mendapatkan insight mengenai apa yang mereka bicarakan dan mengapa membicarakan tokoh itu. Dari sini, Anda bisa membuat keputusan lebih baik. Misalnya, ketua dari lembaga penyelenggara pelayanan publik itu sedang banyak dibicarakan karena kurang baik dalam mengatur pelayanan. 

Tokoh tersebut pun dapat diarahkan untuk membuat statement positif yang berjanji akan memperbaiki kualitas pelayanan publik. Hal ini dapat meredam isu negatif sehingga bisa memengaruhi sentimen masyarakat agar pelayanan publik dapat tetap berjalan dengan baik.

Kesimpulannya, kualitas layanan publik dapat ditingkatkan menggunakan media intelligence. Caranya, Anda terlebih dahulu harus mempunyai insight atau data-data yang cukup untuk memahami bagaimana kondisi layanan Anda. Dari sini, Anda dapat membuat keputusan untuk memperbaiki apa yang salah dan melengkapi segala kekurangan yang dikeluhkan masyarakat.

Share :

Related Articles