Menilik Pernyataan Kontroversial Ustad Khalid Basalamah Terkait Wayang

Background vector created by pikisuperstar – www.freepik.com

Beberapa hari belakangan jagat media dihebohkan oleh potongan video Ustad Khalid Basalamah yang menyebutkan wayang harus dimusnahkan. Dari pernyataan tersebut ada beberapa pihak yang merasa kecewa, karena wayang merupakan warisan budaya yang sangat bersejarah bagi nusantara. Sehingga isu ini dianggap cukup sensitif bagi masyarakat Indonesia.

Sejarah Wayang

Melansir dari Sistem Informasi Desa Pangauban, Wayang adalah sebuah seni pertunjukkan Indonesia yang berkembang pesat dan telah diakui dunia karena keunikan yang dimilikinya. Sama seperti Batik, UNESCO pada 7 November 2003 juga telah menobatkan wayang sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity atau warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur asli Indonesia.

Melihat dari sejarah yang ada, asal usul wayang dianggap telah hadir semenjak 1500 tahun sebelum Masehi. Wayang lahir dari para cendikia nenek moyang suku Jawa di masa silam. Pada masa itu, wayang diperkirakan hanya terbuat dari rerumputan yang diikat sehingga bentuknya masih sangat sederhana. Wayang dimainkan dalam ritual pemujaan roh nenek moyang dan dalam upacara-upacara adat Jawa.

Wayang sendiri berasal dari sebuah kalimat yang berbunyi â??Ma Hyangâ?, artinya berjalan menuju yang maha tinggi (disini bisa diartikan sebagai roh, Tuhan, ataupun Dewa). Akan tetapi ada sebagian orang yang berpengertian bahwa kata wayang berasal dari bahasa Jawa yang berarti bayangan, atau yang dalam bahasa Indonesia baku adalah bayang.

Wayang Dalam Ajaran Islam

Menurut Buya Yahya yang dikutip dari portal jember menjelaskan, bahwa wayang merupakan budaya yang lekat dengan kisah-kisah dari agama Hindu dan Buddha. Pada saat itu, para Wali Songo ingin menyebarkan ajaran Islam ke masyarakat Indonesia.Salah satu cara yang mereka gunakan yaitu dengan menyisipkan dakwah Islam ke dalam  wayang yang merupakan seni budaya Indonesia.

Buya Yahya mengatakan, wayang yang semula bentuknya seperti patung manusia utuh kemudian diubah bentuknya menjadi pipih atau gepeng sehingga tercipta wayang kulit. Wayang kulit yang bentuknya tipis atau pipih inilah yang diperbolehkan dalam Islam karena bukan termasuk bentuk yang berjasad.

Berdasarkan Isu yang sedang viral tersebut, Kazee Digital Indonesia dengan menggunakan sistem Media Monitoring mencoba memetakan tokoh serta organisasi yang paling sering diberitakan terkait isu tersebut. Analisis ini dilakukan pada periode 10-15 Februari 2022.

Ekspos Pemberitaan

Dasboard Kazee Media Monitoring

Puncak ekspos pemberitaan terkait ceramah Ustad Khalid Basalamah terjadi pada tanggal 15 Februari 2022 dengan total pemberitaan 364 data. Adapun isu yang berkembang dalam periode tersebut diantaranya;

  • BNPT Soroti Ceramah Ustaz Khalid Basalamah
  • Ustaz Khalid Basalamah Dilaporkan ke Bareskrim Polri Terkait Wayang
  • Ustadz Khalid Basalamah Klarifikasi soal Wayang
  • Mahfud MD Posting Wayang Gunakan Bahasa Arab

Top Person

Berikut tokoh yang paling banyak diberitakan di media massa daring:

  • Aktor senior Sandy Tumiwa memiliki jumlah ekspos pemberitaan terbanyak dibandingkan dengan 9 tokoh lainnya. Isu yang membuat Sandy Tumiwa  menjadi top person ialah terkait laporan Sandy terhadap Ustad Khabib Basalamah yang ditolak oleh Bareskrim Polri, Sandypun kekeuh ingin mempolisikan UKB perihal ceramahnya yang dinilai menghina budaya perwayangan.
  • Tokoh dengan ekspos terbanyak kedua ialah Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Indonesia, Mahfud MD. Mahfud MD menjadi sorotan netizen tanah air saat dirinya membagikan link video Youtube yang mempertontonkan wayang menggunakan bahasa Arab. Hal tersebut menyulutkan komentar netizen yang dinilai Mahfud MD membuat kegaduhan yang seharusnya sudah selesai.
  • Sorotan selanjutnya tertuju pegiat media sosial Eko Kuntadhi, Eko merespon ceramah UKB dengan pesan monohok, Dia menyebut Khalid sebagai penceramah aliran wahabi yang kerap mengharamkan sesuatu.

Top Organisasi

Kazee Media Monitoring

PEPADI atau persatuan perdalang Indonesia merupakan organisasi dengan ekspos terbanyak, Karena ceramah yang disampaikan Ustad Khalid Basalamah tentang wayang dimusnahkan menyakitkan hati khususnya bagi anggota Pepadi, untuk itu PEPADI wilayah Banyumas melaporkan Ustad Khalid Basalamah ke Bareskrim Polri.

Top Redaksi

Kazee Media Monitoring

Top 10 media tersebut merupakan media yang sering menulis terkait dengan Kontroversi Ceramah UKB. Dilhat dari komposisinya, top 10 media teratas yang memberitakan diisi oleh media-media nasional.

Kesimpulan

Sebagai penutup, kita warga negara Indonesia yang merupakan negara hukum sudah seharusnya berhati-hati dalam berucap jangan sampai apa yang dikatakan menyinggung suatu pihak tertentu. selain itu kita sebagai manusia yang diberi akal sudah seharusnya jangan mudah tersinggung terhadap perkataan seseorang, kita harus memahami betul makna apa yang ada dalam ucapan seseorang, belum tentu perkataan yang kita dengar buruk bermakna buruk juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *