Mengoptimalkan Bisnis dengan Media Monitoring

Bayu Septian

15 February 2022 03:53

Music photo created by senivpetro - www.freepik.com

Pada era teknologi saat ini dimana banyak informasi atau data tersebar pada media online, media monitoring merupakan salah satu cara yang digunakan banyak perusahaan untuk meneliti sebaran data dengan tujuan mengoptimalkan bisnisnya. Big data yang tersebar di media, bisa disederhanakan melalui analisis dengan media monitoring untuk mendapatkan kesimpulan akhir yang lebih sederhana.

Apa itu media monitoring?

Media monitoring adalah proses pemindaian informasi publik pada platform cetak atau digital mencari kata kunci pada topik tertentu (Taei, 2020). Hal ini dapat dilakukan melalui sebuah sistem. Tidak hanya bisa digunakan untuk keperluan organisasi atau perusahaan, media monitoring juga bisa digunakan untuk perorangan.

Terdapat banyak manfaat dari menganalisis bisnis melalui media monitoring. Maka, tak heran banyak perusahaan yang menginvestasikan dananya untuk melakukan media monitoring agar bisnis lebih optimal. Untuk lebih langkapnya, artikel ini akan menjelaskan manfaat dan juga contoh tampilan dari sebuah sistem media monitoring.

Apa saja manfaat media monitoring bagi perusahaan?

Terdapat banyak manfaat dari media monitoring. Signal AI memiliki penjelasan lebih lanjut terkait tujuh manfaat media monitoring sebagai berikut:

Competitor Analysis

Melalui media monitoring, anda bisa mengetahui apa yang sedang dilakukan kompetitor. Caranya adalah dengan mencari kata kunci dan campaign kompetitor di sistem media monitoring dan anda dapat menarik kesimpulan hal apa yang sedang dialami kompetitor. Kemudian, anda bisa membandingkan beberapa aspek bisnis anda dengan kompetitor. Anda juga bisa menganalisis kelebihan dan kekurangan bisnis kompetitor.

Marketing measurement

Dengan media monitoring, anda bisa lebih dalam mengukur bisnis anda. Tidak hanya di permukaan namun pengukuran data yang lebih dalam lagi untuk mempelajari actual reach dari brand anda. Di sini, anda bisa mengetahui siapa saja yang menyebut brand anda di media, dan siapa saja audiensnya. Sehingga, anda bisa mempelajari demografi agar dapat menentukan tolok ukur untuk membuat pendekatan yang tepat kepada target konsumen.

Manage a crisis situation

Penyebaran informasi dan juga kampanye brand di sebuah media bisa saja memiliki sentimen negatif. Anda bisa menemukan seseorang berpendapat buruk tentang brand anda dan ini tentu akan menimbulkan krisis. Melalui media monitoring, anda bisa melacak hal tersebut dan ini juga membantu anda untuk memberikan pemahaman dan tindak lanjut/respons atas apa yang dikatakan orang tentang brand anda di media.

Newsjacking

Sebelum adanya media monitoring, hal ini tidak mungkin untuk dilakukan. Newsjacking adalah kondisi dimana anda melihat suatu hal yang viral di media dan hal ini memungkinkan brand anda bisa terlibat dari bagian percakapan hal viral itu. Meskipun demikian, hal ini sangat tricky jika anda tidak memiliki relevansi dengan hal viral tersebut. Namun tidak mustahil juga bisa sukses besar jika dilakukan dengan benar.

Improve your product

Tim produk anda memerlukan customer intelligence. Melalui media monitoring, anda bisa mengenal lebih dalam hal apa yang dikatakan oleh konsumen tentang produk anda. Dengan demikian, anda bisa menyesuaikan hal yang dapat dikembangkan dari produk anda. Anda juga bisa melakukan pelacakan produk yang sedang dibutuhkan konsumen namun mereka belum menemukannya sehingga anda bisa membuat produk baru. Hal ini sangat membantu tim produk.

Identify the right influencers

Melalui media monitoring anda bisa mengidentifikasi influencer untuk promosi brand anda. Anda dapat mengidentifikasi jurnalis dan influencer industri dengan jumlah pembaca dan jaringan yang anda butuhkan. Sehingga mereka dapat menjadi pendukung brand anda.

Real-time translation

Beberapa alat media monitoring juga bisa digunakan untuk menerjemahkan informasi yang berasal dari bahasa asing, ke bahasa anda sehari-hari. Sehingga anda sudah bisa mengerti apa yang dikatakan banyak orang di berbagai belahan dunia tentang brand anda tanpa harus merekrut tim penerjemah.

Baca juga: Melihat Viralitas Isu Menggunakan Media Monitoring

Apa saja hal yang bisa dilihat melalui media monitoring?

Dalam artikel ini, penulis akan memberikan contoh tampilan dan memaparkan hal apa saja yang dapat dilihat melalui sistem media monitoring Kazee. Penulis akan mengangkat isu Jaminan Hari Tua/ JHT yang saat ini sedang banyak diperbincangkan oleh media menggunakan kata kunci “JHT”. Kita bayangkan saja “JHT” adalah produk sebuah brand. Analisis dilakukan pada periode 9 – 15 Februari 2022 pukul 09.07 WIB. Berikut beberapa tampilan hasil data dari pencarian kata kunci yang dapat dilihat pada sistem media monitoring:

Tampilan Sistem Media Monitoring

Pergerakan data kata kunci di media

Sumber: sistem Kazee Media Monitoring
Sumber: sistem Kazee Media Monitoring

Hasil data yang tersebar di media terkait “JHT” pada periode analisis memiliki total sebaran 19.450 data. Data tersebut bermuatan 16.660 cuitan twitter, 2.780 sebaran news, 4 data blog, 3 data youtube dan 2 data TV program.

Berdasarkan grafik, anda bisa menentukan di tanggal berapa anda ingin menganalisis lebih lanjut isu yang tersebar di media terkait brand anda.

Top Isu yang tersebar di media massa dan twitter

Berdasarkan periode analisis, berikut beberapa contoh isu yang tersebar di media terkait “JHT”:

Menaker dan Airlangga Hartarto: Pekerja Dilindungi JKP dan JHT Sekaligus

Pro-Kontra Permenaker JHT, Jusuf Rizal: Jaminan Korban PHK Kurang Sosialisasi

Rugikan Pekerja, PKS dan KSPI Desak Permenaker soal JHT Dicabut

Partai Buruh Tolak Aturan Pencairan Jaminan Hari Tua yang Baru

Protes Permenaker, FSPMI Jatim Bakal Kerahkan Massa ke Kantor Gubernur

Sentimen isu

Berdasarkan periode analisis, data yang tersebar dapat bermuatan sentiment baik positif, negative maupun netral. Berikut merupakan hasil sentimen pada periode analisis "JHT":

Sumber: sistem Kazee Media Monitoring

Top Person dan Organisasi

Dalam media monitoring, anda dapat melihat siapa tokoh dan organisasi yang banyak dibicarakan media. Berikut adalah hasil tokoh dan organisasi yang memiliki data sorotan terbanyak pada periode analisis "JHT":

Sumber: sistem Kazee Media Monitoring

Top Influencer

Selanjutnya, untuk mengetahui siapa pihak yang paling banyak membicarakan dan berpengaruh di media, anda bisa melihatnya pada fitur top influencer. Berikut merupakan hasil influencer yang paling banyak memiliki sorotan media berdasarkan periode analisis "JHT":

Sumber: sistem Kazee Media Monitoring
Sumber: sistem Kazee Media Monitoring

Trending Tagar dan Keyword

Kemudian anda bisa mengetahui tagar dan kata kunci yang paling banyak dibicarakan di media. Di sini anda juga bisa menganalisis kampanye anda. Berikut merupakan sorotan tagar dan kata kunci berdasarkan periode analisis "JHT":

Sumber: sistem Kazee Media Monitoring
Sumber: sistem Kazee Media Monitoring

Top Redaksi

Anda juga bisa melihat redaksi mana yang paling sering memberitakan brand anda. Sebagai contoh, berikut adalah hasil 10 redaksi yang paling banyak memberitakan JHT berdasarkan periode analisis:

Sumber: sistem Kazee Media Monitoring

Kesimpulan

Media monitoring merupakan sebuah alat yang sangat bermanfaat bagi bisnis di era teknologi big data seperti sekarang. Alat ini sangat dibutuhkan untuk pengoptimalisasian bisnis ataupun produk baik oleh perusahaan besar maupun kecil atau bahkan organisasi dan perorangan. Hasil analisis media monitoring yang dikemas secara sederhana, sangat membantu anda untuk menentukan dan mengambil keputusan yang tepat untuk mencapai goals bisnis yang anda inginkan.

Referensi:

https://respona.com/blog/media-monitoring/

https://www.signal-ai.com/blog/7-benefits-of-media-monitoring

Share :

Related Articles