Mengetahui Pergerakan Kompetitor Bisnis dengan Media Monitoring

Bayu Septian

29 June 2022 11:08

Picture created by pressfoto - www.freepik.com

Pernahkah Anda merasa bahwa kompetitor bisnis Anda selangkah lebih maju dibandingkan bisnis yang sedang Anda jalani? Hal ini bisa terjadi karena kompetitor Anda melakukan analisis kompetitor yang baik. Selain itu, mereka bisa saja menerapkan strategi terbaru yang belum pernah Anda terapkan sebelumnya dalam bisnis Anda.

Untuk dapat bersaing dengan kompetitor dan menumbuhkan produk dan layanan dalam bisnis, penting bagi Anda untuk melakukan analisis kompetitor agar bisa mengatur langkah bisnis Anda dengan baik dan efisien. Dengan mengetahui pergerakan kompetitor, Anda juga dapat menemukan peluang baru. Terlebih dengan hadirnya media monitoring yang membantu kegiatan analisis kompetitor menjadi lebih mudah untuk dlakukan.

Sebelumnya, mari kita simak terlebih dahulu apa itu analisis kompetitor, mengapa harus dilakukan dan bagaimana melakukannya dengan bantuan media monitoring.

Apa itu Analisis Kompetitor?

mengetahui-pergerakan-kompetitor-dengan-media-monitoring
Source Image : freepik.com

Menganalisis kompetitor adalah langkah awal yang harus Anda lakukan saat baru memulai bisnis. Dilansir dari Hubspot, analisis kompetitor adalah strategi marketing di mana kamu mengidentifikasi kompetitor dengan meneliti produk, penjualan, serta strategi pemasaran mereka.

Memantau pergerakan kompetitor menjadi penting untuk dilakukan karena Anda jadi tahu langkah apa saja yang diambil kompetitor dalam menjalankan bisnisnya. Evaluasi terhadap kompetitor juga membantu Anda mengetahui kekuatan dan kelemahan bisns mereka.

Di saat yang sama, Anda pun jadi bisa lebih terarah dan terstruktur dalam menyusun dan merancang strategi bisnis Anda sendiri untuk mengembangkan bisnis, meningkatkan upaya pemasaran Anda, atau membedakan diri Anda dari pesaing.

Apa Saja Yang Perlu Diketahui Saat Memantau Pergerakan Kompetitor?

mengetahui-pergerakan-kompetitor-dengan-media-monitoring
Source Image : freepik.com

Menganalisa kompetitor bisnis pada dasarnya tidaklah sekedar memantau berdasarkan salah satu aspek saja. Melainkan ada beberapa aspek lain yang perlu diketahui saat memantau pergerakan kompetitor. Dengan bantuan Media Monitoring Kazee, Anda dapat mengetahui berbagai macam hal dan isu spesifik yang dapat digali, diantaranya :

Strategi Marketing Yang Dilakukan Kompetitor

Menganalisa strategi marketing kompetitor adalah hal yang wajib dilakukan bisnis Anda. Mulailah dengan melihat bagaimana kompetitor terhadap produk mereka. Cobalah mencari tahu dengan detail setiap medium yang dimanfaatkan kompetitor dalam melakukan kegiatan marketing.

Sebagai contoh, kompetitor Anda memiliki media sosial dan mereka meng-upload artikel postingan konten hari secara rutin. Pahamilah dengan baik apa yang disajikan dari kompetitor lewat media sosial tersebut. Setelah itu, cari tahu kelemahan mereka, lalu jadikan itu sebagai celah untuk menyusun strategi bisnis Anda.

Pembicaraan Isu Positif & Negatif Tentang Kompetitor

Kelebihan dan kelemahan kompetitor menjadi hal yang perlu disoroti oleh bisnis Anda. Pasalnya, dengan mengetahui kedua hal tersebut akan membantu Anda dalam menyusun strategi. Kelebihan dan kelemahan kompetitor dapat diketahui dengan memantau pembicaraan isu-isu baik positif hingga negatif terkait kompetitor.

Pembicaraan konsumen terkait kompetitor dapat berupa berupa pujian atau review positif maupun keluhan dari konsumen kepada kompetitor. Dengan memantau isu-isu positif dan negatif,  Anda mampu mengetahui bagaimana persepsi publik terhadap kompetitor bisnis Anda serta menjadikannya sebagai peluang dalam membangun strateg Anda.

Platform Media Yang Dijalankan Kompetitor

Dalam memasarkan produk dan layanan, tentunya kompetitor memiliki platform medianya  sendiri untuk meningkatkan brand awareness mereka seperti media sosial dan situs web. Langkah pertama, identifikasilah berdasarkan platform yang paling aktif digunakan oleh kompetitor.

Jika mereka aktif di media sosial, pantaulah secara rutin apa saja yang disajikan kompetitor melalui media sosial mereka. Biasanya media sosial kompetitor akan menginformasikan terkait produk dan layanan mereka, keunggulan produk, dan promosi produk.  

Selain itu, jika kompetitor aktif dalam situs web, perlu bagi Anda untuk menganalisa apa saja yang mereka tulis dalam blog mereka. Jangan lupa untuk mencatat data-data kuantitatif terkait kompetitor seperti berapa banyak pengikut kompetitor, jumlah rata-rata postingan per minggu, dan berapa banyak jumlah audiens yang menyukai, berkomentar, atau membagikan konten tersebut.

Respon publik dari konten-konten yang diunggah kompetitor dan pemilihan platform bisa menjadi insight bagi Anda untuk menyusun strategi bisnis dan memilih platformn  platform mana yang sebaiknya Anda gunakan saat hendak melakukan kampanye dan menerapkan strategi digital marketing yang lebih tepat sasaran.

Berita Yang Dibuat Portal Media Online Tentang Kompetitor

Selain ketiga poin diatas, perlu bagi Anda untuk tidak melupakan poin ini yakni memantau berita yang dibuat portal media online terkait kompetitor. Poin keempat ini seringkali dilewatkan para pelaku bisnis padahal jika dilakukan maka akan memudahkan pelaku bisnis dalam bersaing dengan kompetitor.

Jika program yang dilakukan kompetitor menarik, maka media tentunya tidak perlu berpikir dua kali untuk memuat kontennya dalam platform mereka. Tentunya ini memberikan keuntungan bagi kompetitor, karena selain tidak perlu membayar biaya publishing konten, mereka juga akan mendapatkan tingkat kepercayaan yang tinggi di mata publik.

Hal ini dikarenakan informasi pemberitaan dengan brand mention dari portal media online dapat mempengaruhi pembaca sekaligus calon konsumen. Mereka akan cenderung percaya dengan apa yang disampaikan oleh media. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menganalisa siapa saja media yang meliput berita dan menyebut brand kompetitor serta konten apa saja yang media sajikan dalam artikel berita mereka.

Bagaimana Melakukan Analisis Kompetitor dengan Media Monitoring Tools?

mengetahui-pergerakan-kompetitor-dengan-media-monitoring
Source Image : freepik.com

Analisa kompetitor adalah hal yang wajib dilakukan bagi Anda yang ingin terjun ke dalam dunia bisnis. Dengan menganalisa kompetitor, dapat membantu Anda mempelajari bagaimana pesaing Anda mengimplementasikan strategi mereka, mencari tahu dimana kekurangannya dan mengidentifikasi peluang yang dapat membantu Anda mengungguli mereka.

Di era sekarang, memantau pergerakan kompetitor kini tidak sesulit dahulu. Dahulu, terkadang perusahaan baru dapat memantau pergerakan kompetitor saat strategi kompetitor telah dikerahkan, dan pada akhirnya sulit bersaing dan tertinggal dari kompetitor. Namun, kini menganalisa kompetitor dapat dilakukan dengan bantuan media monitoring menawarkan Anda berbagai fitur yang mampu memantau pesaing bisnis Anda lebih dekat dan jelas.

Berikut cara menggunakan bantuan media monitoring tools untuk mengetahui pergerakan kompetitor.

1. Menganalisa Sentimen Publik Pada Kompetitor

Setelah menelusuri brand kompetitor melalui keyword, berikutnya hasil penelusuran menghasilkan beberapa data yang bisa dianalisis, salah satunya adalah sentimen publik. Sentimen berkaitan dengan apa yang orang katakan tentang kompetitor Anda di media online maupun media massa. Apakah pembicaraan mereka terhadap brand kompetitor cenderung bernada positif, negatif, atau pun netral.

Kazee Media Monitoring secara otomatis dapat mendeteksi sentimen publik melalui  penyebutan merek (brand mention) melalui fitur Analisis Sentimen. Fitur ini memudahkan perusahaan untuk mengetahui sentimen terhadap brand yang banyak dibicarakan publik. Dalam tampilan diatas ini, terdapat tiga warna yaitu hijau berarti positif, merah artinya negatif, dan biru artinya netral.

2. Mencari Media Mana Yang Meliput Brand Kompetitor

Biasanya, penyebutan merek atau brand mention tidak hanya dilakukan oleh publik saja tetapi juga dilakukan oleh pers yang meliput terkait program maupun campaign brand kompetitor. Anda dapat menemukan brand mention kompetitor dalam artikel online, posting blog, forum, media sosial, maupun situs ulasan.

Anda perlu mencari tahu media mana saja yang meliput brand kompetitor, dan bagaimana mereka menyajikan liputan pers mereka. Fitur Top Redaksi pada Media Monitoring Kazee dapat membantu Anda dalam mengetahui media mana saja yang banyak memuat pemberitaan terkait suatu isu atau brand kita. Melalui fitur ini juga dapat diketahui perbandingan jumlah pemberitaan bernada positif, negatif maupun netral dari suatu portal berita.

3. Mencari Tahu Influencer Yang Digunakan Kompetitor

Pemantauan media juga bagus untuk menemukan influencer sebagai bagian dari analisis kompetitor. Kolaborasi dengan influencer dapat membantu Anda menjangkau audiens yang lebih luas, meningkatkan brand awareness, serta membangun kepercayaan. Dengan tools tersebut, Anda tidak hanya dapat mencari influencer untuk brand Anda, tetapi Anda juga dapat menganalisis influencer pesaing Anda juga.

Anda bisa melihat siapa saja influencer yang membicarakan brand, produk maupun layanan Anda melalui fitur Top Influencer. Cari tahu influencer mana yang mendukung kompetitor Anda dan lihat bagaimana jenis konten mereka. Jika influencer tertentu tidak senang dengan produk kompetitor, maka ini bisa menjadi peluang bagus bagi Anda. Pastikan Anda tahu apa alasan ketidakpuasan dan coba tawarkan itu kepada mereka.

Agar tidak salah dalam memilih influencer brand, pastikan bahwa influencer yang Anda bidik memiliki interest yang sama dengan calon konsumen. Dengan begitu, target pasar akan lebih mudah dalam memberikan kepercayaan pada influencer dan berujung membeli produk Anda.

4. Melakukan Riset Hashtag

Jika Anda melihat kompetitor Anda menggunakan tagar (hashtag) dalam media sosial atau kampanye pemasaran mereka, selidiki mana tagar yang paling sering mereka gunakan. Selain itu, Anda juga perlu mengetahui berapa banyak publik yang terlibat dan menggunakan hashtag kampanye tersebut. Lakukan sedikit riset hashtag dengan memanfaatkan tools pemantauan media.

Kazee Media Monitoring dapat memberikan informasi mengenai trending tagar (hashtag) tertentu dalam fitur Top Hashtag. Fitur ini digunakan untuk mengetahui tagar atau hashtag yang paling banyak digunakan serta kata kunci (keyword) yang paling banyak dipilih dalam pemberitaan.

Kesimpulan

Dalam menjalani sebuah bisnis, tentunya Anda akan memiliki kompetitor maupun pesaing. Kehadiran kompetitor bisnis bukanlah untuk dihindari melainkan harus dianalisis baik dari produk hingga strategi pemasaran mereka. Seiring dengan teknologi yang semakin pesat, membuat kegiatan menganalisa kompetitor ini menjadi lebih mudah dengan adanya bantuan media monitoring tools. Hasil analisa dari media monitoring tools dapat memudahkan Anda dalam melakukan strategi marketing dan mengontrol laju perkembangan bisnis.  

Referensi

https://blog.hubspot.com/marketing/competitive-analysis-kit

https://www.mediatoolkit.com/blog/how-to-use-media-monitoring-for-competitor-analysis/

Share :

Related Articles