Mengenalkan Brand Melalui Web Series di Media Sosial

Bayu Septian

19 June 2019 23:35

Konten video web series pada media sosial banyak diminati untuk sekarang ini. Pasalnya selain hanya untuk membuat film pendek, video pada media sosialpun  dijadikan ajang untuk mempromosikan brandbrand tertentu.

Web series merupakan video yang berformatkan film / sinema berseri yang dirancang khusus untuk ditayangkan melalui media sosial salah satunya Youtube. Durasi yang biasa digunakan 10 – 15 menit tiap episodenya.

Web series terbilang bagus di Indonesia terutama jika dilihat dari jumlah pengguna smartphone ataupun perangkat lainnya kebanyakan orang tertarik pada web series yang ada di Youtube ataupun media sosial lainnya. Akan tetapi tidak mudah untuk membuat web series yang diterima oleh masyarakat kita. Seperti yang dikutip dari http://www.epic-creativehouse.com sebagai acuan dasar dalam pebuatan web series anda mungkin harus memperhatikan hal – hal berikut ini.

1. Buat Naskah Sekreatif Mungkin

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan naskah untuk web series. Ambil ide cerita yang menarik, imajinatif dan sekreatif mungkin. Ide yang menarik bisa membuat orang ingin terus menonton dan tidak menjadi monoton. Mencari ide kreatif bisa dari hal-hal yang sederhana yang ada di sekitar kita. Pada saat sedang mencari ide, segeralah catat jika ada ide yang muncul pada note di smartphone android-mu atau pada secarik kertas.

2. Video Durasi Secukupnya

Video web series dibuat dengan durasi yang cukup, sekitar 10 – 15 menit. Jangan membuat video terlalu panjang. Dengan durasi tersebut cukup lumayan untuk menampilkan tayangan. Walaupun waktunya terbilang singkat namun usahakan setiap tampilan padat dan mengandung makna atau pesan yang akan disampaikan.

Jika video terlalu panjang, apalagi dikemas dalam tempo yang lambat bisa membuat penonton cepat bosan dan menjenuhkan. Jadi, usahakan durasi video tidak terlalu panjang – panjang.

3. Menyiapkan Beberapa Episode

Tips berikutnya yang tidak kalah penting adalah mengawali membuat web series dengan menyiapkan beberapa episode sebelum memulai meluncurkan video pada akun youtube atau video. Mengapa harus menyiapkan beberapa episode? Hal tersebut tujuannya untuk menghindari jarak yang terlampau lama pada setiap episodenya. Pada saat video pertama sudah di-upload di akun youtube Creator (pencipta / pembuat) , melihat respon penonton.

4. Buat Promosi Web Series Dengan Cara Unik Dan Cerdas

Agar web series yang Creator buat ditonton oleh banyak orang, maka setiap postingan harus dibuat promosinya. Ada banyak strategi promosi yang bisa Creator gunakan, salah satunya adalah memanfaatkan media sosial. Namun, terlebih dulu tentukan segment yang akan Creator tuju. Selanjutnya, gunakan pendekatan yang menyenangkan.

Dengan menggunakan media massa yang tepat, bisa membuat orang mengetahui web series yang Creator buat. Dan apabila cara branding atau mengiklankan sesuatu dibuat semenarik dan kreatif bisa membuat orang penasaran untuk melihatnya.

5. Pelajari Web Series Orang Yang Sudah Sukses

Menonton video yang sudah dibuat orang bisa menjadi bahan untuk mempelajari cara membuat web series. Selain itu Creator bisa mempelajari bagaimana strategi pemasaran yang mereka gunakan. Di Indonesia, web series yang terkenal dan banyak diapresiasi adalah “Malam Minggu Miko” karya Raditya Dika.

Atau ada juga video series yang produksi dari luar negeri, seperti E=3 karya Ray William Johnson. Khas dari video E=3 adalah gaya kritik sarkasme yang sinis dan menyindir. Sehingga hanya dalam waktu satu minggu video tersebut sudah ditonton hampir mencapai 1 juta.

Selain E=3 dan Malam Minggu Miko, masih banyak video lainnya yang bisa Creator tonton dan pelajari, seperti: Kids React karya Fine Brothers, video absurd karya Smosh dan lain sebagainya.

Intinya, dalam konsep pembuatan Web Series sama dengan berbagai format video lainnya. Hanya saja sedikit perbedaan tetapi sangat berpengaruh besar, yaitu ; Semakin pendek durasinya, semakin anda dituntut untuk kreatif. Semakin menarik ide ceritanya, semakin besar pula peluang video anda akan ditonton dan brand anda tersebar secara luas di media massa.

Ide mengunakan web series dalam memperkenalkan brand sangat patut untuk dicoba bagi pembisnis karena selain mudah, akses yang diberikanpun tidak susah. Maka dari itu selamat mencoba…

By : Arya Reksa

Share :

Related Articles

No related posts