Mengenal Riset Pasar: Pengertian, Manfaat, dan Tipsnya
Cahaya Muslim
08 January 2024 00:48

Riset pasar merupakan salah satu aktivitas penting dalam bisnis. Alasannya, riset itu membantu menemukan segala informasi yang dibutuhkan bisnis Anda. Contohnya, identifikasi customer, peluang pengembangan produk, mengetahui hambatan, hingga memahami kompetitor. Dari riset-riset yang dilakukan, Anda bisa menentukan keputusan bisnis yang lebih baik lagi. Yuk, simak penjelasan lengkapnya di sini.
Apa itu Riset Pasar?
Riset pasar adalah kegiatan atau aktivitas yang tujuannya untuk mengumpulkan informasi tentang preferensi customer. Seperti diketahui, customer menjadi fokus utama karena merekalah yang akan menggunakan produk atau jasa Anda.
Artinya, sebagai pemilik bisnis, Anda tidak bisa sembarangan dalam membuat sebuah produk. Sebelum dipromosikan, penting bagi Anda memahami apa yang diinginkan pasar terlebih dahulu.
Sebagai contoh, Anda merupakan perusahaan yang bergerak di bidang keuangan. Dalam mempromosikan produk, Anda harus melakukan riset pasar untuk mengetahui kebutuhan customer. Selain itu, Anda juga bisa mengidentifikasi masalah sehingga bisa memberikan solusi bagi customer.
Misalnya, banyak customer yang memiliki permasalahan dalam manajemen keuangan. Setelah mengetahui ini, Anda pun bisa menyesuaikan produk agar bisa membantu mereka mengatasi permasalahan tersebut.
Manfaat Riset Pasar
Selain mengetahui kebutuhan customer, terdapat beberapa manfaat lainnya dari riset pasar. Salah satunya adalah mengetahui sejauh apa bisnis Anda telah berkembang dibandingkan kompetitor. Kemudian, Anda juga bisa melakukan evaluasi tentang campaign atau produk serta jasa yang telah beredar di masyarakat. Berikut penjelasannya.
- Mengetahui Daya Saing Bisnis Anda
Dari riset pasar, Anda bisa mengukur daya saing bisnis Anda. Melalui riset, Anda tahu sejauh mana brand Anda dikenal oleh customer. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui bagaimana tingkat kepuasan customer terhadap sebuah brand.
Anda pun bisa menggunakan informasi ini guna mengetahui apakah sudah unggul dari kompetitor atau belum. Riset pasar ini membantu Anda untuk melakukan pengembangan produk atau jasa untuk meningkatkan daya saing bisnis.
- Mengevaluasi Bisnis Anda
Riset pasar bisa dibilang sebagai dasar bagi sebuah bisnis. Dalam artian, dari kegiatan riset ini, Anda seolah-olah mengevaluasi bisnis Anda yang telah berjalan sebelumnya.
Tidak ada salahnya untuk mengevaluasi kembali apakah segala keputusan bisnis yang telah diambil sudah tepat atau belum. Sementara itu, bagi bisnis yang baru mulai, riset pasar bisa menjadi langkah awal yang bagus. Sebab, hal ini akan membantu Anda lebih efektif dalam menjalankan bisnis.
- Mengurangi Risiko Kerugian
Terakhir, riset pasar juga membantu mengurangi risiko kerugian. Dengan adanya riset pasar, promosi yang Anda lakukan menjadi lebih efektif. Tidak hanya itu, Anda akan lebih banyak menjangkau customer potensial yang kemungkinan tertarik dan membeli produk Anda.
Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan banyak modal untuk mengarah ke pasar yang tidak pasti. Anda bisa langsung memfokuskan diri terhadap customer yang memang sesuai dengan target pasar Anda.
Tips Riset Pasar
Lalu, bagaimana tips atau cara melakukan riset pasar? Perhatikan langkah-langkah berikut agar Anda bisa mendapatkan informasi yang bermanfaat bagi bisnis Anda ke depannya.
Mengenal Lebih dalam Tentang Bisnis Anda
Tips pertama yang dilakukan adalah dengan mengenal lebih dalam tentang bisnis Anda. Maksudnya, Anda sudah harus benar-benar memahami segala aspek dari bisnis yang dijalankan. Misalnya, dari segi produk, harga, fitur unggulan, dan sebagainya.
Ketahuilah hal apa yang menjadi kekuatan atau kelemahan bisnis Anda. Apabila Anda sudah bisa mengenal dengan baik, Anda akan tahu bagian mana yang bisa ditonjolkan dan dikembangkan lagi. Melalui riset pasar, Anda pun bisa fokus untuk mencari tahu bagaimana mengembangkan bisnis berdasarkan preferensi customer.
Menetapkan Tujuan Riset Pasar yang Jelas
Kemudian, Anda juga harus menetapkan tujuan riset pasar yang jelas. Riset memiliki berbagai macam tujuan. Sebagai contoh, ingin mengetahui tentang keinginan customer, memahami kebutuhan mereka secara detail, mendengarkan ulasan mereka, dan sebagainya.
Namun, pada dasarnya tujuan dari riset pasar adalah untuk mengumpulkan informasi atau data yang dibutuhkan bagi pengembangan bisnis Anda. Pengumpulan informasi ini akan jauh lebih efektif apabila Anda melakukan media monitoring.
Melakukan Media Monitoring
Media monitoring dapat diartikan sebagai kegiatan pemantauan untuk mengumpulkan dan menganalisis informasi dari berbagai sumber. Dalam melakukan riset pasar, Anda bisa menggunakan tools agar lebih cepat dan mudah untuk mencari informasi yang Anda butuhkan.
Kazee menyediakan tools media intelligence untuk membantu Anda memantau preferensi customer. Dari tools ini, Anda dapat mengetahui bagaimana pendapat audience tentang brand atau segala isu yang berkaitan dengan bisnis Anda.
Dari sini, Anda bisa membuat keputusan bisnis yang jauh lebih baik lagi dari sebelumnya. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Yuk, coba demo media intelligence sekarang.