Mengenal Research & Development bagi Bisnis

Cahaya Muslim

26 January 2024 07:22

Dalam sebuah bisnis atau perusahaan, istilah Research & Development (R&D) sudah menjadi suatu hal yang lumrah. Bahkan, terdapat perusahaan yang memiliki tim R&D sendiri karena saking pentingnya kegiatan ini.

Namun, tidak hanya untuk perusahaan besar, sebenarnya, kegiatan R&D sudah seharusnya dijalankan oleh setiap bisnis. Sesuai namanya, aktivitas ini melibatkan pengembangan bisnis atau produk yang didasarkan pada hasil riset. Seperti apa penjelasannya? Yuk, simak di bawah sini.

Apa itu Research & Development?

Dilansir dari Investopedia, istilah R&D digunakan untuk menggambarkan serangkaian aktivitas yang dilakukan perusahaan dalam berinovasi dan memperkenalkan produk serta layanan baru. Tidak hanya itu, R&D juga memikirkan bagaimana caranya produk yang sudah ada bisa berkembang menjadi lebih baik lagi sehingga menghasilkan keuntungan bagi bisnis.

Proses R&D bukanlah proses yang cepat dan mudah. Bisa dibilang, proses riset ini masih merupakan proses awal dalam tahapan pengembangan. Maksudnya, bisnis tersebut masih perlu memiliki data lebih banyak lagi untuk mencapai tujuan bisnis mereka

Perusahaan akan sulit bertahan apabila tidak melakukan riset dan pengembangan apa pun. Sebab, kebutuhan serta keinginan customer juga berubah seiring berjalannya waktu. Inilah pentingnya melakukan R&D. Tujuan jangka panjangnya agar bisa tetap memahami audience sehingga bisnis Anda tetap menjadi pilihan bagi mereka.

Tugas Research & Development

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan beberapa tugas dari tim Research & Development. Fokus utamanya adalah memikirkan bagaimana agar bisnis bisa lebih berkembang kualitasnya secara produk maupun jasa yang telah disediakan. Berikut beberapa tugas R&D secara garis besar.

  • Menganalisis tren pasar atau kebutuhan pelanggan guna mencari peluang baru
  • Mengidentifikasi persaingan pasar agar bisa mengungguli kompetitor
  • Merancang serta mengembangkan produk baru
  • Meningkatkan kualitas produk yang sudah ada
  • Melakukan uji coba produk yang ingin dikembangkan
  • Memastikan produk sesuai kebutuhan serta keinginan pelanggan
  • Meningkatkan aspek-aspek yang memengaruhi perkembangan produk, seperti teknologi
  • Memastikan produk atau jasa yang dikembangkan sesuai standar kelayakan

Inti dari setiap tugas yang dilakukan R&D adalah melakukan penelitian agar bisa membuat hingga mengembangkan produk yang berkualitas. Dengan produk tersebut, diharapkan dapat berdampak positif bagi bisnis, seperti meningkatkan brand awareness atau omzet.

Memaksimalkan Penggunaan Research Intelligence bagi Research & Development

Bagi seorang Research & Development, penting untuk melakukan inovasi secara cepat dan efektif. Salah satu alasannya karena penyebaran informasi yang sangat cepat di dunia digital seperti sekarang ini. Apabila tertinggal, inovasi-inovasi yang sebelumnya dirumuskan bisa jadi tidak berarti lagi.

Jadi, jangan sampai tertinggal atau didahului oleh kompetitor. Itulah mengapa tim R&D bisa mencoba menggunakan tools untuk mempercepat sekaligus mempermudah tugas-tugas mereka. Misalnya, menggunakan research intelligence tools.

Anda bisa melakukan penelitian dengan bantuan tools Kazee yang didukung AI. Dari sini, Anda mampu mendapatkan insight tentang apa yang dipikirkan, dirasakan, dan diinginkan pelanggan.

Tidak hanya itu, R&D yang mempunyai tugas menganalisis tren hingga mengadaptasi inovasi berdasarkan tren tersebut juga akan sangat terbantu dengan tools ini.

Research intelligence membantu dalam mensurvei audiens Anda. Riset Anda pun jauh lebih sempurna karena memahami secara detail dan jelas mengenai segala hal yang menjadi kebutuhan bisnis Anda.

Yuk, maksimalkan kerja research & development menggunakan research intelligence. Dapatkan insight bermanfaat untuk produk Anda dan jadilah unggul dari kompetitor Anda. Coba semuanya di sini sekarang!

Share :

Related Articles