Mengenal Profesi Data Analyst: Gaji, Jenjang Karier, dan Tugas-Tugasnya

Cahaya Muslim

03 January 2024 20:53

Profesi data analyst bisa dibilang merupakan salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan saat ini. Pasalnya, rata-rata gaji yang dihasilkan bisa mencapai belasan hingga puluhan juta rupiah. Namun, tentu saja semua itu tidak bisa didapatkan dalam semalam. Perlu proses yang memakan banyak waktu serta perjuangan belajar yang tidak mudah. Yuk, simak di sini untuk lebih jelasnya.

Baca Juga: Simak Hubungan Data Analyst dengan Publik Relation

Apa itu Data Analyst?

Data analyst adalah orang yang mencari, mengumpulkan, dan menganalisis data untuk memecahkan sebuah masalah. Seorang data analyst harus mampu menerjemahkan apa yang mereka temukan dan menyajikannya kepada klien agar mudah dipahami.

Profesi ini menyediakan data yang dibutuhkan perusahaan agar bisa diterapkan dalam penentuan kebijakan. Contohnya, data analyst mengumpulkan data untuk mengetahui tentang target pasar bisnis. Kemudian, memahami pola perilaku customer, preferensi customer, dan sebagainya. Hal ini bermanfaat agar strategi yang dilakukan perusahaan lebih efektif ke depannya.

Data analyst dapat membuat data dalam berbagai bentuk, mulai dari grafik, gambar, statistik, tabel, dan sebagainya. Dalam menjalankan tugasnya, data analyst sering memakai tools-tools yang membantu memudahkan dalam proses pencarian hingga penyajian data. Misalnya, excel atau spreadsheet, SQL, SAS, dan sebagainya.

Tugas-Tugas Data Analyst

Sebenarnya, apa tugas-tugas data analyst secara spesifik? Mengetahui tugas ini membantu Anda memahami gambaran keseharian seorang data analyst dalam bekerja. Berikut tugas-tugas yang dilakukan.

  • Melakukan pengumpulan, pembersihan, hingga analisis data

Tugas utama seorang data analyst adalah mengumpulkan semua data dari berbagai sumber. Tidak hanya itu, mereka juga perlu melakukan pembersihan terhadap hal yang tidak sesuai. Tujuannya agar tidak terjadi kesalahan dan bisa menampilkan data secara akurat.

Setelah itu, data analyst akan melakukan analisis untuk membuat model data yang tepat. Dari sini, mereka akan memilih jenis data yang disimpan, merancang bagaimana kategori data, hingga memahami bagaimana data dimunculkan.

  • Menafsirkan Data

Kemudian, seorang data analyst juga bertugas untuk menafsirkan data yang telah dikumpulkan. Penafsiran data ini bisa diartikan mengambil kesimpulan dari kumpulan data yang didapat. Artinya, data analyst harus sudah memahami tentang angka, fakta atau sesuatu yang mereka temukan untuk ditarik kesimpulannya. 

Menafsirkan data juga dapat dimaksudkan untuk mencari pola atau suatu hal dalam data yang bisa menjawab pertanyaan yang ada. Maka dari itu, penafsiran data harus dilakukan tidak hanya secara tepat, tetapi bisa mengikuti perkembangan yang ada saat ini agar sesuai kebutuhan.

  • Melaporkan Hasil Temuan Data

Terakhir, data analyst harus bisa melaporkan hasil temuan data dengan baik. Itulah mengapa pelaporan temuan data dibuat dalam berbagai bentuk. Tujuannya agar mudah dipahami siapa saja saat membacanya.

Ini menjadi tantangan bagi seorang data analyst agar bisa menampilkan data yang akurat. Tidak hanya sekadar mudah dipahami, data yang dilaporkan atau ditampilkan juga harus sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Gaji dan Jenjang Karier Data Analyst

Gaji dari seorang data analyst sangat bergantung terhadap industri serta tempat di mana ia bekerja. Seorang data analyst bisa bekerja di industri manapun, seperti teknologi, bisnis, hingga pemerintahan. Jenjang karier data analyst terdapat tiga tahapan, mulai dari entry level, junior, hingga senior data analyst.

Menurut Glassdoor, rata-rata gaji per bulan data analyst di Indonesia mencapai Rp6-13 jutaan. Namun, tidak menutup kemungkinan angkanya bisa jauh lebih besar saat berada di jenjang karier yang lebih tinggi. Totalnya bahkan ada yang bisa mencapai puluhan juta pada posisi senior data analyst.

Itulah pengenalan tentang profesi data analyst, mulai dari gaji, jenjang karier hingga tugasnya. Dari penjelasan di atas, apakah Anda tertarik untuk menjadi seorang data analyst?

Share :

Related Articles