Mengenal Marketing: Apa itu, Contoh, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya

Cahaya Muslim

24 January 2024 06:23

Sudahkah Anda memahami apa itu marketing? Istilah tersebut mungkin sudah familiar untuk kebanyakan masyarakat. Namun, seperti apa sesungguhnya makna marketing bagi bisnis? Dengan mengetahui penjelasan lebih lengkapnya, Anda bisa memaksimalkan marketing untuk mengembangkan bisnis Anda. 

Apa itu Marketing?

Secara singkat, arti marketing adalah pemasaran. Maksudnya, sebuah proses atau cara yang dilakukan untuk memasarkan suatu barang dagangan. TIdak hanya itu, pemasaran juga dapat didefinisikan tentang menyebarluaskan sesuatu ke tengah-tengah masyarakat. 

Seiring berjalannya waktu, marketing tidak hanya sekadar berbentuk pemasaran barang fisik atau diarahkan ke toko yang memiliki bangunan fisik. Saat ini, telah ada berbagai macam contoh marketing yang barang dagangannya berbentuk digital bahkan transaksi hanya dilakukan secara online.

Sesuai artinya, inti dari marketing adalah mengenalkan atau menyebarluaskan sesuatu di tengah-tengah masyarakat. Jadi, selama ada target pasar yang membutuhkan atau menginginkan, suatu hal dalam bentuk apa pun dapat dipasarkan.

Fungsi dan Manfaat Marketing

Marketing berfungsi untuk menjual sesuatu di tengah-tengah masyarakat. Tanpa marketing, masyarakat tidak akan mengetahui apa yang Anda jual. Selain itu, pemasaran juga merupakan upaya untuk membantu memenuhi kebutuhan serta keinginan masyarakat.

Dengan marketing yang baik, masyarakat atau customer akan mempunyai lebih banyak pilihan untuk menentukan produk atau jasa yang cocok bagi mereka. Bagi para pelaku usaha, marketing juga ternyata bermanfaat untuk mengasah berbagai skill yang dibutuhkan kehidupan sehari-hari.

Misalnya, meningkatkan pemikiran kreatif karena terus mencari cara bagaimana agar pemasarannya bisa diterima dengan baik oleh masyarakat. Selain itu, mengasah skill komunikasi dan negosiasi agar pesannya bisa tersampaikan dengan baik kepada customer.

Terakhir, marketing juga dapat bermanfaat untuk meningkatkan jaringan atau relasi dengan pihak-pihak yang berkaitan dengan bisnis Anda. Dari sini, Anda bisa lebih efektif dalam mencapai tujuan bisnis Anda.

Contoh-Contoh Marketing

Setiap pelaku bisnis memiliki caranya masing-masing dalam melakukan marketing. Namun, semuanya sama-sama mempunyai tujuan utama yaitu bagaimana caranya menjangkau banyak calon customer sehingga mereka dapat mengetahui bisnis Anda. Setidaknya, terdapat beberapa contoh marketing dan jenisnya yang bisa diterapkan.

Digital Marketing

Sesuai namanya, digital marketing memanfaatkan seluruh platform digital untuk membantu memasarkan bisnisnya. Seperti diketahui, internet atau media sosial menjadi tempat berjejaring bagi masyarakat seluruh dunia.

Hampir semua orang kini berselancar di internet. Entah itu untuk sekadar mencari hiburan, mencari informasi, hingga membeli produk atau jasa. Oleh sebab itu, digital marketing dapat Anda manfaatkan untuk menjangkau banyak orang di mana pun. 

Contoh-contoh dari digital marketing adalah memasarkan melalui iklan berbayar, mesin pencarian (SEO), email marketing, hingga media sosial. 

Konvensional Marketing

Konvensional marketing berkaitan dengan kegiatan pemasaran yang banyak dilakukan secara offline. Umumnya, konvensional ini dilakukan oleh bisnis yang memiliki toko fisik. Harapannya, masyarakat sekitar atau target customer yang berada di area tersebut mengetahui keberadaan bisnis mereka.

Contoh sederhananya, membagikan brosur di mall-mall, berjualan door to door, hingga mengadakan event offline menarik. Walaupun semua sudah serba digital, tidak jarang konvensional marketing masih efektif dilakukan untuk menjalin hubungan yang lebih dalam kepada customer.

Jenis-Jenis Marketing

Branding

Branding mengacu pada bagaimana Anda menampilkan citra diri Anda sebagai sebuah bisnis kepada customer. Penting bagi Anda membangun branding yang baik. Tujuannya, agar Anda menjadi top of mind atau diingat oleh customer ketika ingin menggunakan produk atau jasa tertentu.

Contoh, bisnis Anda bergerak di bidang makanan ayam goreng. Tentunya, Anda harus membangun branding yang menunjukkan bahwa Anda adalah pilihan tepat bagi customer untuk membeli ayam goreng. Maka dari itu, Anda perlu menampilkan segala hal yang berhubungan dengan makanan tersebut, seperti membuat logo dan nama yang berkaitan dengan bisnis tersebut.

Word of Mouth Marketing

Secara sederhana, word of mouth marketing berkaitan dengan jenis pemasaran yang dilakukan dari mulut ke mulut. Terdengar, jenis ini memang sederhana atau tradisional. Akan tetapi, hal ini juga sangat efektif diterapkan dalam platform digital.

Umumnya, orang-orang akan mencari terlebih dahulu ulasan dari orang lain sebelum memutuskan untuk membeli produk atau jasa. Dari hasil pencarian itu, mereka akan menemukan pendapat orang lain yang sudah pernah mencoba produk tersebut.

Dari sinilah proses word of mouth marketing bisa terjadi. Terlebih lagi, apabila ulasan yang dikemukakan itu hal positif. Mereka yang belum pernah mencoba produk itu pun menjadi penasaran sehingga memutuskan untuk melakukan pembelian.

Memaksimalkan Marketing dengan Media Intelligence

Guna mendapatkan hasil pemasaran yang maksimal, tim marketing dapat menggunakan tools-tools yang membantu memudahkan pekerjaannya. Contohnya, menggunakan media intelligence. 

Tools tersebut menjadi solusi bagi para marketer yang ingin memaksimalkan potensi campaign atau pemasarannya dengan menargetkan pelanggan secara tepat.

Melalui tools ini, Anda akan mendapatkan wawasan tentang pelanggan Anda secara mendalam. Tidak hanya itu, marketing Anda juga bisa lebih unggul dari kompetitor. Sebab, media intelligence dapat membantu dalam pemantauan media sehingga mudah mendapatkan semua data tentang pesaing Anda untuk Anda pelajari. 

Dengan memantau kompetitor, Anda bisa mengetahui strategi pemasaran seperti apa yang mereka gunakan dan bagaimana cara mereka untuk menjangkau lebih banyak audience. Yuk, coba semua fitur media intelligence sekarang di sini

Demikianlah penjelasan tentang apa itu marketing dan seperti apa contoh serta fungsinya. Kesimpulannya, marketing dibutuhkan bagi setiap orang atau perusahaan yang ingin menjual sesuatu. Dengan marketing, Anda bisa menjual segala hal yang dibutuhkan dan diinginkan oleh customer.

Share :

Related Articles