Mengelola Reputasi Brand Meggunakan Media Monitoring

Photo created by rawpixel.com – www.freepik.com

Untuk menjaga reputasi brand, sangatlah penting bagi sebuah perusahaan mengetahui persepsi publik terhadap brand. Maka dari itu, perlu adanya monitoring brand agar perusahaan dapat mengawasi isu yang berkembang mengenai brand dan mengetahui apa saja hal yang dibicarakan publik terkait brand. Kegiatan tersebut dapat bermanfaat demi perkembangan sebuah brand, karena jika suatu brand tidak memperhatikan persepsi publik tentu akan sulit untuk berkembang. 

Penggunaan Media Monitoring Untuk Memantau Isu

Dikutip dari Technopedia, monitoring brand dapat diartikan sebagai proses analisis bisnis yang berkaitan dengan pemantauan di berbagai saluran mulai dari media sosial, website, media elektronik dan cetak. Hal tersebut dilakukan untuk mendapatkan informasi tentang perusahaan, produk, brand, dan apa pun yang berkaitan dengan bisnis.

Pada dasarnya menjaga reputasi adalah tugas seorang public relation dalam sebuah perusahaan dengan tujuan untuk menjaga nama baik perusahaan dan semua yang berhubungan dengan bisnis. Untuk melakukan monitoring dalam menjaga reputasi biasanya publik relation harus mengumpulkan sejumlah informasi terkait sudut pandang publik, baik terhadap brand maupun perusahaan untuk menjaga citra perusahaan.

Seiring perkembangan teknologi dan informasi, tugas public relation dalam menjaga reputasi kini dapat lebih mudah dengan hadirnya media monitoring. Dengan menggunakan media monitoring dapat diketahui isu yang berkembang terkait brand dan perusahaan baik di media sosial, maupun media massa online.

Manfaat Media Monitoring

Media online seperti media sosial kini tidak hanya digunakan untuk berbagi foto dan pengalaman saja, tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk menganalisa perbincangan publik terkait brand. Untuk itu, Media Monitoring hadir untuk memudahkan dalam menganalisa data terkait percakapan publik di media online.

Seperti yang pernah dibahas sebelumnya dalam artikel berjudul “Manfaat Media Monitoring Bagi Humas Pemerintah”, bahwa media monitoring merupakan sistem yang digunakan untuk melakukan proses membaca, mendengar, dan melihat apa yang terjadi dalam sudut pandang pemberitaan di media ataupun postingan di media sosial. Data berupa konten yang dihasilkan dari media monitoring nantinya dapat dianalisa dan diidentifikasi sesuai dengan kebutuhan. Dalam upaya untuk mengelola reputasi brand, data yang dihasilkan dari media monitoring dapat digunakan untuk melihat opini publik dengan sentimen yang disajikan baik positif, negatif maupun netral. Sehingga data yang didapatkan dapat berguana seperti untuk bahan evaluasi jika terdapat kritik dari publik atau untuk melakukan startegi bisnis.

Fitur-Fitur Media Monitoring Untuk Mengelola Reputasi Brand

Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang data analytics dapat merangkum isu yang berkembang di media online menggunakan Media Monitoring System. Tools dari media monitoring dapat digunakan untuk pemantauan isu yang berkembang terkait brand suatu perusahaan. Berikut merupakan fitur-fitur dari Media Monitoring Kazee untuk kebutuhan dalam mengelola reputasi brand atau perusahaan. Sebagai contoh study case akan ditampilkan isu dan sentimen yang berkembang terkait produk dari perusahaan FMCG (perusahaan yang menjual kebutuhan sehari-hari). Adapun pengambilan data dilakukan dengan periode waktu selama satu bulan, yaitu dari 1 hingga 28 Februari 2022.

Overview

Fitur overview dari Media Monitoring Kazee dapat digunakan untuk melihat pergerakan data dari kata kunci yang telah dibuat, dari fitur ini bisa diketahui jumlah sebaran data baik dari media sosial maupun media massa online terkait brand. Sebagi contoh kali ini untuk mengetahui sebaran data terkait brand yang banyak di perbincangkan publik, kata kunci yang digunakan adalah sejumlah produk dari perusahaan FMCG. Berikut data yang didapatkan menggunakan Media Monitoring Kazee :

Pada grafik diatas dapat dilihat bahwa data terkait produk dari perusahaan FMCG yang dibicarakan berjumlah 7.550, dengan sebaran data sebanyak 6.170 cuitan di Twitter dan 1.390 dari pemberitaan media massa online. Untuk kebutuhan dalam mengelola reputasi brand dapat diketahui seberapa besar atensi public terhadap suatu produk dengan melihat seberapa banyak perbincangan di media terkait produk tersebut.

Contoh Isu Yang Berkembang di Media

Berikut beberapa contoh pemberitaan dan cuitan Twitter yang berkembang di media online terkait produk-produk dari perusahaan FMCG yang terangkum oleh Media Monitoring Kazee.

Analisis Sentimen

Analisis Sentimen

Tampilan di atas merupakan fitur dari analisis sentimen, dengan menggunakan fitur ini perusahaan dapat mengetahui sentimen terhadap brand yang banyak dibicarakan publik. Perusahaan dapat mengetahui perbandingan apakah lebih banyak pemberitaan dan perbincangan yang positif, negatif atau cenderung netral. Dengan begitu brand dapat lebih termonitoring dan perusahaan dapat mengetahui respon dari masyarakat terhadap produknya.

Analisis Kompetitor

Selain untuk melihat pembicaraan publik terkait brand sendiri, Media Monitoring Kazee juga dapat digunakan untuk mengetahui dan menganalisa kompetitor atau pesaing yang bergerak dibidang bisnis yang sama. Dengan memasukan kata kunci nama perusahaan atau produk pesaing, kita dapat mengetahui seberapa banyak brand dari pesaing yang di perbincangkan publik dan isu apa yang diperbincangkan beserta sentimennya. Analisis ini berguna untuk mengidentifikasi peluang dalam bisnis serta untuk mengantisipasi ancaman yang akan datang.

Analisis Lokasi

Fitur lokasi dari Media Monioring Kazee seperti yang dapat dilihat di atas, dapat dimanfaatkan untuk mengetahui lokasi mana saja yang paling banyak membicarakan dan memberitakan brand kita di media online. Sebagai contoh, berikut merupakan statistik lokasi yang paling banyak membicarakan produk FMCG.

Analisis lokasi ini bermanfaat bagi perusahaan untuk menyasar target market yang sesuai dengan lokasi mana saja yang memiliki atensi yang tinggi terhadap produk tersebut.

Top Redaksi

Fitur redaksi pada Media Monitoring Kazee dapat digunakan untuk mengetahui media mana saja yang banyak memuat pemberitaan terkait brand kita, melalui fitur ini juga dapat diketahui apakah yang diberitakan terkait brand cenderung positif, negatif atau netral dari media tersebut. Berikut merupakan contoh top redaksi yang banyak memuat pemberitaan terkait produk FMCG yang berhasil terangkum oleh Media Monitoring Kazee :

Kesimpulan

Media monitoring dapat gunakan untuk menjaga reputasi brand yang akan berpengaruh terhadap bisis sebuah perusahaan. Dengan menggunakan media monitoring maka perusahaan dapat mengetahui apa saja yang dibicarakan publik terakait produk atau brand, sehingga dapat dijadikan acuan sebagai bahan evaluasi jika terdapat lebih banyak sentimen negatif. Perusahaan juga dapat menggunakan Media Monitoring untuk mendukung strategi bisnis, seperti dengan mengetahui lokasi yang paling banyak membicarakan brand atau produk, sehingga produk yang dipasarkan bisa lebih tepat sasaran.

Upaya mengelola reputasi brand juga berhubungan dengan citra perusahaan, karena brand yang dikenal baik oleh masyarakat tentu akan mempengaruhi sentimen yang positif juga terhadap perusahaan. Maka kegiatan monitoring ini sangat penting, baik untuk mengelola reputasi brand maupun citra perusahaan.

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *