Memperkuat Strategi Pemasaran E-Commerce Berbasis Lokasi dengan Location Intelligence

Cahaya Muslim

25 March 2024 07:50

Bagi e-commerce, salah satu strategi bisnis yang bisa dicoba adalah strategi pemasaran berbasis lokasi. Sebab, e-commerce memang tidak terlepas dari yang namanya lokasi. Banyak pengguna yang memilih belanja di e-commerce karena berkaitan dengan kemudahan dalam hal tempat.

Dengan e-commerce, pengguna tidak perlu pergi ke mana pun untuk mendapatkan sesuatu yang mereka butuhkan atau inginkan. Mereka cukup duduk manis di rumah sambil melihat-lihat produk incaran mereka.

Melihat harapan ini, Anda harus mencari cara bagaimana agar produk atau layanan yang diperlukan pengguna bisa sampai dengan cepat dan mudah di depan rumah mereka.

Itulah mengapa Anda membutuhkan location intelligence. Kecerdasan ini membantu Anda mengoptimalkan pendistribusian barang. Jadi, Anda bisa mengefisienkan pengadaan hingga pengiriman barang kepada pengguna. 

Lalu, bagaimana cara location intelligence memperkuat pemasaran berbasis lokasi? Yuk, baca sampai habis artikel ini untuk menemukan jawabannya.

Baca Juga: Memanfaatkan Location Intelligence dalam Melakukan Pemasaran

Mengenal Strategi Pemasaran Berbasis Lokasi

Sederhananya, strategi pemasaran berbasis lokasi merupakan strategi yang menjadikan lokasi sebagai fokus utama dalam kegiatan pemasarannya. Maksudnya, strategi ini memanfaatkan data geografis untuk mengidentifikasi lokasi pengguna.

Jadi, semua strategi yang dibuat dihubungkan berdasarkan lokasi tempat mereka berada. Tujuannya agar bisa relevan dengan pengguna serta memudahkan dalam menjangkau mereka yang berada di lokasi tersebut. 

Dengan strategi pemasaran ini, diharapkan mereka yang berada di wilayah tersebut akan melakukan pembelian di e-commerce Anda. Pemasaran berbasis lokasi mengharuskan Anda menyesuaikan konten atau rekomendasi produk sesuai dengan tempat tinggal target Anda.

Pastikan produk yang Anda tawarkan memang cocok atau dibutuhkan di lokasi tersebut. Contohnya, pengguna di lokasi A tinggal di wilayah yang dingin. 

Artinya, Anda perlu merekomendasikan produk-produk yang memang menyelesaikan permasalahan tersebut. Intinya, pemasaran berbasis lokasi memiliki banyak manfaat seperti lebih relevan dan efisien bagi pengguna. Hal ini akan meningkatkan peluang agar pengguna mau melakukan pembelian atau transaksi di e-commerce Anda. 

Location Intelligence untuk Mendukung Pemasaran Berbasis Lokasi

Mengingat betapa pentingnya pemasaran berbasis lokasi, Anda harus memaksimalkan penerapannya. Salah satu cara untuk memaksimalkannya adalah dengan menggunakan dukungan location intelligence.

Kecerdasan lokasi ini dapat diartikan sebagai pengumpulan data melalui berbagai sumber, seperti geografis, zonasi, spasial, hingga tata ruang. Data-data yang dikumpulkan tersebut bisa dijadikan acuan untuk memaksimalkan kegiatan pemasaran.

Location Intelligence membantu meningkatkan personalisasi bisnis. Sebab, Anda bisa dengan mudah mengetahui apa yang mereka sukai berdasarkan produk yang mereka beli.

Misalnya, target pasar dari lokasi A banyak yang membeli produk B. Dari sini, Anda pun dapat mengetahui alasan pelanggan di lokasi tersebut banyak membeli produk B. Hal ini membantu Anda mengirimkan konten atau rekomendasi produk yang relevan.

Umumnya, pelanggan lebih senang dengan lokasi toko atau daerah asal pengiriman barang yang berada di dekat tempat tinggal mereka. Alasannya karena mereka mengharapkan pengiriman yang jauh lebih cepat, murah, dan produknya bisa segera mereka gunakan.

Tidak hanya itu, kecerdasan ini juga mendukung agar campaign Anda lebih sukses. Anda bisa menargetkan iklan dengan konten-konten yang relevan dengan lokasi pengguna. Jadi, apa yang Anda iklankan memang merupakan produk yang dibutuhkan oleh orang-orang di wilayah tersebut. Sumber daya pun tidak akan dihamburkan dengan sia-sia. Kecerdasan lokasi juga membantu memperluas jangkauan pasar. 

E-commerce Anda bisa menjangkau wilayah-wilayah yang memang masih kesulitan akses pengiriman. Location intelligence membantu menemukan rute terbaik untuk distribusi logistik atau produk sehingga barang bisa cepat sampai kepada pengguna.

Kesimpulannya, location intelligence memberikan wawasan berharga mengenai lokasi. Jadi, pemasaran berbasis lokasi akan jauh lebih akurat dan efektif dalam penerapannya. 

Dengan pemahaman yang didapatkan dari kecerdasan lokasi, Anda bisa memberikan rekomendasi yang tepat dan memuaskan pelanggan dalam hal pengiriman.

Share :

Related Articles