5 Rekomendasi Media Monitoring Tools Untuk Bantu Bisnis Anda

Bayu Septian

13 June 2022 17:44

media-monitoring-tools
Created photo by kazee - kazee.id

Media monitoring tools adalah solusi terbaik untuk mengetahui apa yang orang katakan tentang brand Anda. Selain itu, membantu Anda dalam mengetahui persepsi publik terhadap produk, layanan hingga kompetitor Anda.

Alat bantu pemantauan media ini dimanfaatkan berbagai pihak mulai dari pelaku bisnis, perusahaan hingga instansi pemerintahan. Terlebih bagi pelaku bisnis, tools ini dapat mengumpulkan dan menyajikan hasil analisis dari media monitoring tools sebagai sarana untuk mendapatkan insight dalam mengembangkan bisnis.

Untuk mendapatkan laporan data yang akurat, Anda perlu memilih media monitoring tools yang memiliki kemampuan dalam menganalisis konten terkait brand Anda dalam media cetak maupun online. Terdapat berbagai pilihan media monitoring tools dengan beberapa fitur-fitur terbaik yang mampu mengidentifikasi konten atau pemberitaan melalui sebuah kata kunci.

Berikut merupakan 5 rekomendasi media monitoring tools yang bisa Anda gunakan untuk memantau bisnis Anda, diantaranya :

1. Kazee

media-monitoring-tools
Source : kazee.id

Salah satu media monitoring tools yang mampu membantu Anda dalam melakukan pemantauan di media adalah Kazee Media Monitoring. Alat pemantauan media ini memungkinkan Anda mendapatkan akses data dan informasi dan memantau melalui lebih dari 8000 media online dan 140 media cetak.

Tools ini juga mampu merekam data, memantau, menganalisa, mengevaluasi, dan menghasilkan data secara cepat, akurat dan real time. Analisa data yang dihasilkan antara lain persebaran data, sentimen media sosial, top redaksi, top keyword, top hashtag, dan masih banyak lagi.

media-monitoring-tools
Source : kazee.id

Kazee Media Monitoring menyajikan data pantauan terkini atau real time lewat tampilan dashboard yang mudah diakses oleh pengguna dan merupakan produk sistem teknologi informasi dalam negeri yang tentunya paham dengan kultur penggunaan internet masyarakat Indonesia.

Sangat berguna bagi para pelaku bisnis, tokoh politik, organisasi untuk memonitor aktivitas pengguna di seluruh dunia terhadap sentimen, opini dan respon. Di ranah bisnis, tools ini mampu membantu Anda dalam memantau strategi kompetitor dan mengetahui bagaimana respon customer terhadap brand Anda.

2. Hootsuite

Hootsuite menjadi salah satu media monitoring tools yang mudah digunakan bagi penggunanya. Dilansir dari Brandwatch, Hootsuite adalah salah satu tools social media monitoring yang paling banyak digunakan karena fiturnya yang lengkap. Tools ini memilki kemampuan dalam melakukan pemantauan di berbagai platform media sosial seperti LinkedIn, Facebook, Twitter, Google+, Foursquare, dan WordPress.

Berkat fitur yang cukup lengkap, Hootsuite memungkinkan penggunanya dapat memantau platform sesuai diinginkan sehingga Anda dapat mengetahui persepsi publik tentang brand Anda di berbagai platform. Untuk mencari informasi di media sosial secara real time. Anda bisa memantau apa yang dikatakan publik terhadap brand Anda melalui keyword digunakan user.

Adapun fitur-fitur dalam Hootsuite dapat mengidentifikasi topik penting, tren dan sebutan sosial berdasarkan kata kunci, tagar, lokasi, dan pengguna tertentu. Selain itu, disediakan pula laporan mingguan yang dapat diakses lebih dari satu pengguna, sehingga memudahkan dalam pendelegasian tugas menggunakan tool ini. Hootsuite dapat digunakan secara gratis, tetapi beberapa fitur premiumnya membutuhkan pembayaran.

3. Google Alerts

alat-pemantauan-media
Source : Google Alerts

Jika Anda ingin mengetahui apa yang dikatakan konsumen dan kompetitor tentang bisnis atau brand Anda, Google Alerts bisa menjadi salah satu pilihan media monitoring tools yang bisa Anda gunakan. Google Alerts mendukung pemantauan topik maupun kata kunci di internet untuk memantau citra brand Anda di media.

Tools ini menawarkan opsi khusus yang digunakan untuk menyiapkan fitur peringatan Google. Sehingga Anda bisa mengatur ‘alerts’ atau peringatan untuk topik yang Anda pilih. Kemudian, hasil analisis dari pemantauan tersebut diidentifikasi langsung melalui pemberitahuan. Anda akan menerima email ketika kata kunci tersebut disebutkan di halaman web, artikel surat kabar, blog, atau penelitian ilmiah.

Oleh karenanya, sebaiknya atur peringatan untuk nama merek, produk/layanan, dan kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda. Disamping fungsi fitur dan akses gratis, terdapat kelemahan dari Google Alerts yakni hanya bisa memonitor situs web dan tidak mampu memonitor media sosial.

4. Ahrefs

alat-pemantauan-media
Source : ahrefs.com

Alat pemantauan media lainnya yang bisa Anda gunakan adalah Ahrefs. Perangkat lunak ini mampu memantau metrik SEO dalam situs web Anda, mengawasi kompetitor Anda, dan memantau penyebutan merek. Ahrefs dapat melacak penyebutan brand di web tetapi fitur didalamnya melampaui Google Alerts. Ahrefs dapat memberi tahu Anda tentang backlink dan peringkat dari setiap kata kunci atau keyword.

Terdapat fitur peringatan yang mampu memberitahu jika pengguna mendapatkan maupun kehilangan backlink di situs web maupun URL. Ini sangat bermanfaat untuk strategi SEO web brand Anda untuk melacak aktivitas pembuatan tautan kompetitor Anda. Ahrefs memindai jutaan kata kunci dalam database mereka untuk memberi tahu Anda ketika perangkat lunak melihat perubahan penting pada posisi kata kunci. Data yang ditampilkan Ahrefs real-time, friendly user dan terdapat berbagai fitur terbaru yang dapat digunakan.

5. Keyhole

Keyhole adalah media monitoring tools yang bisa Anda gunakan untuk memantau platform Twitter dan Instagram. Dengan Keyhole, Anda dapat mendapatkan data dari beragam kata kunci, hashtag, URL, dan username. Terdapat fitur Keyhole yang berfungsi untuk menganalisis audiens yang menggunakan tagar media sosial Anda.

alat-pemantauan-media
Source : keyhole.co

Didukung dengan teknologi Artificial Intelligence (AI), Keyhole dapat membantu sebuah brand memprediksi seberapa sukses tagar yang baru mereka buat. Keyhole juga memberikan informasi heat map yang memberikan informasi tentang level aktivitas di beberapa bagian dunia mengenai suatu topik yang relevan dengan bisnis Anda.

Dasbor real-time Keyhole menunjukkan berapa banyak orang yang memposting dengan memakai tagar yang Anda berikan, begitu juga dengan jumlah Retweet dan Like yang dihasilkan kampanye pemasaran Anda. Data ini bisa kamu peroleh secara real-time dan dapat digunakan untuk mengoptimasi campaign yang Anda lakukan di dalam bisnis Anda berdasarkan data total postengagement rate, total reach, dan impression yang didapatkan dari suatu hashtag.

Kesimpulan

Dalam bisnis, media monitoring tools digunakan sebagai alat bantu pelaku bisnis atau perusahaan untuk memantau persepsi publik tentang brand mereka di media offline maupun online. Ada berbagai pilihan tools media monitoring yang bisa digunakan, sehingga perlunya mengenali tujuan dan kebutuhan bisnis Anda agar bisa memilih tools pemantauan media yang tepat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan maupun brand Anda.

Referensi

https://blog.hootsuite.com/social-media-monitoring-tools/

https://glints.com/id/lowongan/tools-social-media-monitoring/

Share :

Related Articles