Media Monitoring Agency Terbaik di Indonesia

Media Monitoring Agency Terbaik di Indonesia

Bayu Septian

20 November 2023 06:07

Pengambilan keputusan dalam menghadapi medan percakapan dan interaksi publik di media sosial dapat ditingkatkan melalui penerapan konsep yang disebut media monitoring. Media monitoring adalah langkah penting dalam melacak dan menganalisis konten yang relevan dengan topik tertentu, sehingga perusahaan dapat memahami representasi mereka di media, memonitor pesaing, mendeteksi tren, dan mengevaluasi efektivitas strategi komunikasi.

Dalam memilih media monitoring agency, penting untuk mempertimbangkan beberapa faktor kunci, seperti cakupan media, akurasi analisis, dan kemudahan penggunaan. Di Indonesia, terdapat sembilan rekomendasi media monitoring agency terbaik yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan terkait strategi pengambilan keputusan.

1. Kazee Media Intelligence

Di urutan pertama ada Kazee Media Intelligence: Dengan mengintegrasikan kecerdasan buatan (AI) dan big data ke dalam ranah media monitoring, alat ini tidak hanya membantu perusahaan mengumpulkan, tetapi juga menganalisis data dari berbagai sumber media, termasuk situs web, forum online, dan media sosial. Dengan alat ini, Anda dapat secara efektif memantau aktivitas online dan merekam percakapan yang relevan dengan merek, pesaing, atau industri Anda. Keunggulan utamanya terletak pada kemampuannya untuk melakukan pemantauan kata kunci dan topik tertentu, menjadikannya solusi yang optimal untuk memahami lanskap digital dan merancang strategi yang tepat di dalamnya.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2016 ini telah menjadi pilihan unggulan bagi banyak perusahaan multinasional sebagai platform media intelligence yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan perusahaan. Menurut www.startus-insights.com, Kazee menjadi satu-satunya startup penyedia jasa Media Monitoring Media Sosial di Asia yang terdaftar dalam lima besar startup terbaik yang menyediakan Social Media Analytics. Sekarang, pertanyaannya adalah, fitur-fitur apa yang ditawarkan oleh Kazee Media Intelligence?

Fitur Tracking Penyebutan Kata Kunci

Perusahaan dapat menginput kata kunci atau topik terkait dengan industri mereka, seperti nama merek, produk atau jasa, acara, atau tren industri. Sistem kami akan secara otomatis memantau berbagai sumber media untuk mencari dan mengumpulkan informasi yang relevan dengan kata kunci dan topik yang telah dimasukkan.

Fitur Tracking Penyebutan Kata Kunci

Aspek analisis sentimen memungkinkan perusahaan untuk menilai apakah umpan balik dari pelanggan atau pengguna di media sosial dan platform online lainnya bersifat positif, negatif, atau netral. Dengan pemahaman ini, perusahaan dapat merinci persepsi publik terhadap merek mereka dan mengambil langkah responsif melalui strategi yang sesuai.

Lebih lanjut, Kazee juga menyediakan fitur pelaporan yang memungkinkan perusahaan untuk membuat laporan perkembangan terkait merek, pesaing, atau tren industri. Laporan ini mencakup informasi tentang jumlah tautan, pesan, atau konten yang terkait dengan kata kunci atau topik tertentu, serta bagaimana sentimen memengaruhi pesan dan konten yang dihasilkan.

Ekstraksi Isu

Selain itu, media intelligence Kazee tidak hanya menyediakan analisis isu berdasarkan data yang dimasukkan ke dalam sistem, tetapi juga membantu perusahaan atau lembaga Anda dalam menentukan isu apa yang sedang menjadi perhatian utama dalam media massa dan media sosial.

Melalui fitur ekstraksi, platform ini dapat melakukan analisis terhadap tokoh-tokoh internal dalam perusahaan atau lembaga, serta tokoh-tokoh yang menyebut nama perusahaan atau lembaga negara. Analisis ini mencakup sentimen positif, negatif, dan isu-isu terkait dengan tokoh-tokoh tersebut, memberikan pemahaman yang lebih mendalam terhadap bagaimana perusahaan atau lembaga Anda dipandang dan dipersepsikan oleh publik.

Social Network Analysis (Analisis Jejaring)

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat distribusi sentimen positif dan negatif terhadap suatu perusahaan atau lembaga negara melalui media sosial Twitter. Dengan kemampuan ini, para pemangku kepentingan dapat mengidentifikasi netizen yang paling aktif dalam mencuitkan terkait perusahaan atau lembaga negara, dengan mempertimbangkan retweet atau impresi tertinggi.

Dengan informasi ini, tim public relations dapat merancang strategi penanganan isu berdasarkan analisis SNA (Social Network Analysis). Pendekatan dapat dilakukan melalui metode cuitan balasan tanpa menyebutkan (soft approach) sesuai dengan cuitan netizen yang memiliki impresi tertinggi. Alternatifnya, dapat pula dilakukan dengan merespons langsung cuitan netizen tersebut (hard approach), atau menggunakan metode kehumasan lainnya yang dianggap relevan.

Redaksi Media

Peran top redaksi media sangat krusial dalam memastikan bahwa press release dari perusahaan atau lembaga negara disampaikan dan dipublikasikan secara efektif di media massa online. Tidak hanya itu, media massa offline seperti koran cetak dan tabloid juga tetap relevan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan humas perusahaan atau lembaga negara.

Melalui pendekatan ini, perusahaan atau lembaga dapat melakukan pemantauan yang komprehensif terkait citra mereka melalui liputan media massa offline dan online, baik di tingkat nasional maupun internasional, sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hal ini memastikan bahwa pesan yang ingin disampaikan mencapai khalayak secara maksimal dan memberikan dampak positif terhadap citra perusahaan atau lembaga negara.

Sosial Media Analisis

Aspek-isu atau persepsi yang berkembang di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan TikTok juga dapat dipantau. Tujuannya adalah untuk mengamati citra suatu produk perusahaan atau citra perusahaan atau lembaga negara dari perspektif media sosial. Melalui pemantauan ini, setiap isu negatif, misinformasi, keluhan, dan sejenisnya dapat terdeteksi oleh pengguna, dan evaluasinya dapat segera ditangani dengan cepat.

Keunggulan penggunaan layanan media monitoring di Kazee adalah kemampuannya untuk disesuaikan sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai Kazee Media Intelligence, silakan klik tombol di bawah ini untuk menjadwalkan demo.

Optimalkan Pengambilan Keputusan Anda Dengan Tools Yang Tepat

2. Binokular Media

Binokular, dikenal sebagai Bino, adalah solusi di era digital yang penuh informasi. Bino memanfaatkan kekuatan media dalam membentuk opini dan citra, khususnya di Indonesia di mana digitalisasi media masih dalam proses. Sistem yang diciptakan Bino mampu memfilter dan memantau informasi dari media online dan offline, memungkinkan pengguna untuk mengelola isu sejak dini. Dengan Bino, pengguna mendapatkan akses cepat ke informasi relevan, membantu mereka memahami bagaimana mereka dilihat oleh dunia.

3. Indonesia Indicator

Indonesia Indicator merupakan perusahaan yang menyediakan layanan media monitoring di Indonesia. Mereka secara aktif mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk koran, majalah, televisi, radio, dan media online.

Peran Indonesia Indicator sangat signifikan dalam membantu perusahaan dan organisasi untuk memahami bagaimana mereka dipersepsikan di media. Selain itu, layanan mereka juga memungkinkan evaluasi efektivitas strategi komunikasi dan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang diperoleh. Khususnya, layanan ini menjadi krusial bagi perusahaan yang ingin memantau citra merek, reputasi, dan isu-isu penting yang dapat memengaruhi jalannya bisnis.

4. Isentia

Isentia merupakan salah satu perusahaan terkemuka dalam layanan media monitoring di Indonesia. Keunggulan mereka terletak pada cakupan yang luas dalam melacak dan menganalisis konten media dari berbagai sumber, termasuk media cetak, online, televisi, dan radio.

Peran Isentia sangat penting dalam membantu perusahaan dan organisasi memahami bagaimana merek mereka dipersepsikan di media. Selain itu, mereka juga berperan dalam memantau kegiatan pesaing, mendeteksi tren, dan mengevaluasi efektivitas strategi komunikasi. Dengan memanfaatkan teknologi dan analisis yang canggih, Isentia memberikan wawasan yang berharga bagi klien mereka dalam mengelola citra merek dan merespons perubahan pasar dengan lebih baik.

5. Digivla

Digivla Indonesia merupakan perusahaan media monitoring terkemuka di Indonesia. Sebagai pionir dalam bidang media monitoring, Mereka telah melakukan digitalisasi media cetak sejak tahun 2007 dan memantau program berita televisi sejak tahun 2015. Mereka mengumpulkan data dari lebih dari 1.200 media, termasuk media cetak, portal online, dan stasiun TV.

Digivla juga menyediakan solusi social media listening dengan mengumpulkan data dari platform utama seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Keunggulan solusi yang mereka tawarkan dapat diakses melalui aplikasi mobile, dashboard desktop, dan pusat komando terintegrasi. Dengan demikian, Mereka memberikan kemudahan akses dan analisis bagi klien mereka dalam memantau serta mengelola informasi dari berbagai sumber dengan efisien.

6. Media Wave

Mediawave merupakan perusahaan teknologi yang telah berdiri sejak tahun 2010, dengan fokus pada layanan online dan media sosial. Mereka telah mengembangkan alat Social Media Listening pertama di Indonesia yang memiliki kemampuan untuk mengidentifikasi percakapan dalam bahasa Indonesia beserta variasi yang kompleks. Selama satu dekade terakhir, Mediawave telah mengembangkan keahlian khusus dalam analisis big data dengan fokus utama pada media sosial.

Perusahaan ini secara rutin melakukan pemantauan percakapan di berbagai industri untuk mengenali pemimpin pasar di media sosial. Mediawave juga menjalin kerjasama dengan Frontier Marketing Group untuk memberikan Penghargaan Media Sosial Tahunan bagi merek dan perusahaan, menunjukkan kontribusi dan pengaruh yang signifikan dalam ranah media sosial di Indonesia.

7. Sonar Platform

Sonar Platform didirikan oleh Amien Krisna & M. Ridwan Agustiawan pada tahun 2015. Mereka membawa visi untuk memberikan akses komprehensif dan mudah bagi perusahaan-perusahaan skala besar ke beragam percakapan media sosial dan digital di berbagai industri, dengan menyediakan wawasan hampir secara real-time. Melalui platform ini, Sonar menyediakan informasi yang sangat berharga dari media sosial dan digital, memungkinkan perusahaan untuk mendukung strategi dan mengambil keputusan yang sangat penting dengan pemahaman yang lebih mendalam.

8. NoLimit

NoLimit merupakan perusahaan teknologi yang memiliki fokus pada pengembangan alat pemantauan dan analisis media online, terutama media sosial, dengan tujuan membantu klien meningkatkan hubungan dan pemahaman pelanggan.

Dengan teknologi canggih yang dimilikinya, NoLimit menyajikan beragam solusi media online yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Pertama, ada "Online Intelligence Program" dengan fitur lengkap yang diakses melalui NoLimit Dashboard. Kedua, terdapat "Online Management Program" yang dikenal sebagai NoLimit Care, membantu mengelola dan merespons berbagai aspek dalam media online dengan lebih efisien. Yang ketiga, NoLimit menyediakan "Online Loyalty Program" untuk membantu membangun dan meningkatkan loyalitas pelanggan secara online. Dengan berbagai pilihan ini, NoLimit memberikan solusi yang komprehensif untuk mendukung kebutuhan strategi dan manajemen online pelanggan.

9. Ivosight

Ivosight didirikan pada tahun 2016. Perusahaan berbasis teknologi informasi ini hadir untuk memberikan solusi end-to-end dalam mengelola dan meningkatkan interaksi Anda dengan pelanggan. Sebagai perusahaan lokal Indonesia, Ivosight berfokus pada pembangunan ekosistem digital engagement terpadu dengan teknologi dan layanan pendukung yang memiliki daya saing global.

Melalui teknologi canggih, Ivosight menyediakan bantuan dalam mengelola dan memuaskan pelanggan Anda. Perusahaan ini akan memantau percakapan Anda secara online, berinteraksi melalui berbagai saluran digital, dan menggunakan otomatisasi serta prediksi preferensi untuk meningkatkan efisiensi dan kepuasan Anda sebagai pelanggan Ivosight. Dengan komitmen untuk memperkuat hubungan pelanggan dan meningkatkan performa bisnis secara keseluruhan, Ivosight menjadi mitra yang dapat diandalkan dalam menghadapi tantangan dalam pengelolaan interaksi dengan pelanggan.

Kesimpulan

Demikianlah beberapa media monitoring agency terbaik di Indonesia yang dapat membantu perusahaan dan organisasi dalam memonitor media serta mengukur dampak kampanye pemasaran dan publikasi. Pemilihan media monitoring agency akan bergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis atau organisasi. Dengan solusi dan fitur yang disediakan, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda. Jangan ragu untuk menjelajahi setiap opsi dan menyesuaikannya dengan strategi bisnis atau kebutuhan pemantauan media Anda.

Temukan Semua Pemberitaan Negatif Organisasi Dengan Tools Yang Tepat

Share :

Related Articles

No related posts