Manfaat Location Intelligence untuk E-Commerce

Cahaya Muslim

30 January 2024 08:12

Tidak hanya untuk menentukan lokasi bisnis secara fisik, location intelligence ternyata juga memiliki manfaat untuk e-commerce. Seperti diketahui, location intelligence adalah proses mengumpulkan dan menganalisis data geografis yang diolah untuk mengambil keputusan lebih baik lagi. 

Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berkaitan dengan kesesuaian target pasar hingga kemudahan alur distribusi apabila menggunakan tools ini. Tidak hanya itu, pemanfaatan location intelligence juga membantu Anda dalam memaksimalkan pelayanan berdasarkan lokasi. Yuk, simak penjelasannya di sini

Alasan Location Intelligence Penting untuk E-Commerce

E-commerce merupakan aktivitas jual beli yang dilakukan melalui media internet. Saat ini, kecenderungan perilaku konsumen dalam berbelanja memang makin mengarah ke digital atau online. E-commerce seolah-olah sudah menjadi pilihan utama untuk memenuhi kebutuhan harian konsumen.

Seperti diketahui, e-commerce tidak terbatas tempat. Maksudnya, konsumen bisa membeli dari tempat manapun. Begitu juga para pedagang yang bisa melakukan penjualan dari kota manapun. Lalu, mengapa location intelligence penting untuk e-commerce?

Location intelligence ternyata dapat membantu melakukan personalisasi terhadap pengalaman berbelanja para pelanggan. Anda bisa menghadirkan produk yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan berdasarkan lokasi tempat tinggalnya.

Selain itu, Anda juga bisa mengatur ongkos serta kecepatan pengiriman barang. Saat berbelanja online, masih banyak customer yang mempertimbangkan aspek lokasi ini. Misalnya, customer berdomisili di DKI Jakarta. 

Biasanya, customer tersebut akan mencari e-commerce yang memang pengirimannya juga dilakukan di daerah DKI Jakarta. Hal ini bertujuan agar produk yang dibeli cepat sampai dan tidak terlalu mahal pada ongkos pengiriman.

Kemudian, alasan lainnya mengapa location intelligence penting bagi e-commerce karena bermanfaat membantu menganalisis risiko yang kemungkinan terjadi di sekitar wilayah bisnis Anda. Misalnya, pemetaan risiko berdasarkan keamanan, hingga kondisi cuaca. Dari sini, Anda dapat mengetahui cara menyusun pemulihan krisis agar hal-hal tersebut tidak berpengaruh buruk pada bisnis Anda.

Jangkau Lebih Banyak Customer Menggunakan Location Intelligence

Location intelligence membantu menjangkau pembeli lebih banyak. Dengan menggunakan tools ini, bisnis Anda dapat lebih mudah ditemukan. Tidak hanya itu, location intelligence juga membantu Anda meningkatkan kepercayaan customer karena Anda telah memastikan dengan jelas di mana lokasi bisnis Anda.

Dengan location intelligence, Anda juga bisa menjangkau pasar baru. Sebab, Anda akan mendapatkan wawasan mengenai kecenderungan perilaku konsumen di wilayah bisnis Anda. Dari sini, Anda bisa melakukan inovasi atau pengembangan produk guna menyesuaikan hal tersebut.

Kemudian, jangkau pembeli lebih banyak menggunakan location intelligence melalui kolaborasi dengan bisnis atau pihak lokal. Cari tahu mengenai event-event terdekat yang diselenggarakan di wilayah tertentu. Kenalkan e-commerce Anda pada acara-acara semacam itu. Hal ini akan membuat e-commerce Anda makin dikenal dan bisa menjadi pilihan saat berbelanja online.

Cara Kerja Location Intelligence

Location intelligence bekerja dalam beberapa tahapan, mulai dari pengumpulan data hingga memvisualisasikannya. Namun, yang terpenting dari itu semua adalah bagaimana insight dari location intelligence dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan e-commerce Anda. Berikut cara kerja location intelligence.

Mengumpulkan Data

Location intelligence bekerja dengan cara melakukan pengumpulan data geografis dari berbagai sumber. Data-data yang dikumpulkan bisa meliputi lokasi pelanggan, hingga informasi demografis.

Data yang dikumpulkan cukup lengkap karena mengambil dari beberapa sumber, seperti GPS, sensor Internet of Things (IOT), sampai citra satelit serta peta.

Membersihkan Data

Data yang telah dikumpulkan tidak langsung ditampilkan begitu saja. Terdapat proses pemfilteran atau pembersihan data. Tujuannya untuk memastikan ketepatan dari sebuah lokasi.

Selain itu, pembersihan data ini juga menjadi proses untuk memudahkan integrasi ke dalam sistem. Jadi, insight-insight yang Anda terima nantinya merupakan data matang yang memang siap digunakan untuk pengambilan keputusan.

Menganalisis Data

Tidak hanya berhenti sampai pemfilteran, location intelligence juga akan melakukan analisis data sesuai kebutuhan Anda. Dilakukan berbagai macam analisis agar hasil datanya sesuai dengan apa yang Anda butuhkan.

Misalnya, membandingkan data lokasi yang berbeda untuk mendapatkan insight yang lebih dalam. Kemudian, menganalisis untuk mengoptimalkan rute pengiriman berdasarkan data lokasi. Analisis juga dilakukan untuk mengetahui kepadatan populasi di wilayah yang Anda pilih.

Visualisasi Data

Terakhir, ada tahap visualisasi data. Location intelligence akan menampilkan insight-insight menarik melalui visualisasi yang mudah dipahami, seperti peta interaktif. Hal ini membantu Anda memahami data-data mengenai geografis.

Jadi, Anda tidak perlu takut kebingungan melihat insight dari location intelligence tersebut. Anda bisa memanfaatkan visualisasi data yang disediakan untuk melihat prospek pelanggan Anda berdasarkan peta atau lokasi.

Demikianlah penjelasan mengenai manfaat intelligence untuk e-commerce. Inti dari manfaat tools ini adalah memudahkan Anda menjangkau pelanggan berdasarkan lokasi. Insight-insight yang dihasilkan location intelligence juga dapat menjadi landasan Anda untuk menyiapkan strategi bisnis lebih baik atau mengembangkan e-commerce agar makin dikenal oleh customer.

Share :

Related Articles