Lawatan Presiden Jokowi Ke Amerika Serikat

Lawatan Presiden Jokowi Ke Amerika Serikat

Bayu Septian

12 May 2022 10:23

Sumber Foto: Sindo

Salah satu sorotan di media sosial baru-baru ini tertuju pada lawatan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat untuk melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja pada 11-13 Mei 2022.

Dikutip dari portal Sekretariat Kabinet, Presiden Jokowi akan berpartisipasi dalam rangkaian pertemuan ASEAN-US Special Summit antara lain pertemuan dengan anggota Kongres; pertemuan dengan para CEO besar Amerika; pertemuan dengan Wakil Presiden AS Kamala Harris dan Tim Perubahan Iklim Amerika; dan pertemuan Tingkat Tinggi Pemimpin ASEAN dan Presiden AS Joe Biden.

Ragam isu cuitan warganet turut menyoroti lawatan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat. Dalam artikel ini, akan dibahas isu apa saja yang bergulir selama 05 – 12 Mei 2022.

Baca Juga: Media Monitoring : Definisi, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya

Analisis Media Monitoring lawatan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat

Dalam analisis media monitoring, artikel ini akan berisi bagian dari media monitoring meliputi  top isu dan sampel isu yang menjadi pemberitaan dan perbincangan pada masyarakat luas.

Sebaran Data

Dalam pantauan 05 – 12 Mei 2022, data bergerak dengan akumulasi pada platform twitter sebayak 1.520 kicauan dan pemberitaan media online sebanyak 449 artikel.

Adapun puncak ekspos tertinggi dibincangkan pada tanggal 11 Mei 2022 dengan isu seputar Presiden Jokowi beserta Ibu Iriana Joko Widodo tiba di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC.

Sebaran Isu lawatan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat

Lawatan Presiden Jokowi dalam agenda ASEAN-US International Summit

Isu utama dan dominan tertuju pada penegasan bahwa lawatan Presiden Jokowi dalam agenda ASEAN-US International Summit. Hal tersebut menjawab isu liar yang beredar sebelumnya pada linimasa twitter tentang kedatangan Presiden Jokowi yang tidak disambut oleh Pejabat AS.

Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah mengatakan kunjungan Presiden Jokowi bukan kunjungan bilateral. Presiden Jokowi tiba di AS dalam rangka menghadiri ASEAN-US Summit.

https://twitter.com/BentenkNKRI/status/1524618372683419649

Naik Garuda, Jokowi ke AS Tak Pakai Pesawat Kepresidenan

Selanjutnya isu tertuju pada Presiden Joko Widodo bersama rombongan menggunakan pesawat Garuda Indonesia Boeing 777-300 dalam lawatannya ke Amerika Serikat (AS). Jokowi bersama rombongan tidak memakai pesawat kepresidenan.

Selanjutnya dijelaskan penerbangan menggunakan Pesawat Kepresidenan pun memakan waktu yang cukup lama. Sebab, pesawat itu harus melakukan dua kali transit sebelum tiba di AS.

https://twitter.com/AzzamIzzulhaq/status/1524167146212786177

Mendag Lutfi Dampingi Jokowi di KTT ASEAN-AS

Isu tertuju pada Mendag Lutfi yang ikut damping Presiden Jokowi di KTT ASEAN-AS. Mendag Lutfi berharap pertemuan KTT ASEAN-AS menghasilkan kerjasama yang berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, dan kemakmuran Kawasan.

Kedatangan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat menjadi sorotan di media sosial karena tidak disambut oleh pejabat tinggi AS

Isu ini cenderung memiliki tonasi yang negative karena berisi perdebatan soal video kedatangan Presiden Jokowi di Pangkalan Militer Andrews, Washington DC tidak disambut pejabat AS. Adapun Juru Bicara Kemlu Teuku Faizasyah mengatakan kunjungan Presiden Jokowi bukan kunjungan bilateral sehingga disambut pejabat negara masing-masing.

https://twitter.com/zarazettirazr/status/1524644560689057792
https://twitter.com/bang_yoki/status/1524608302792859648

10 Tokoh Teratas lawatan Presiden Jokowi ke Amerika Serikat

Presiden Joko Widodo menjadi tokoh yang paling banyak dimention atau dibicarakan oleh media. Sementara itu, Menko Maritim dan Investasi, Luhut B Pandjaitan dan Menteri Perdagangan, M Lutfi menjadi Menteri yang ikut lawatan dan banyak mendapatkan ekspos.

Salah satu sorotan tertuju pada cuitan warganet secara umum dengan narasi Mendag Lutfi mendampingi Presiden Jokowi Hadiri Asean-US Special Summit disertai dengan penggunaan tagar #DukungMendagLutfi.

Sementara untuk Menko Maritim dan Investasi, Luhut B Pandjaitan salah satu isu yang bergulir adalah rencana pertemuan Presiden Jokowi Bersama CEO Tesla, Elon Musk.

Share :

Related Articles

No related posts