Kesaksian ART Sambo Jadi Sorotan di Sidang Lanjutan Bharada E

Bayu Septian

05 November 2022 15:39

Sumber Foto: media detik

Kesaksian ART Ferdy Sambo yakni Susi dalam sidang lanjutan Bharada E atas kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir mendapat sorotan publik.

Seperti diberitakan oleh media, Majelis hakim dalam sidang pemeriksaan saksi terdakwa Bharada E sempat memberikan teguran kepada Susi. Susi dinilai hakim banyak berbohong dalam memberikan keterangan.

Begitu pula dengan Bharada Richard Eliezer atau Bharada E membantah kesaksian asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi dalam persidangan. Bharada E menyebut Susi banyak memberikan keterangan bohong dalam kesaksiannya.

Penasihat hukum keluarga Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Kamaruddin Simanjuntak merespons kesaksian asisten rumah tangga (ART) Ferdy Sambo, Susi yang terkesan memberikan keterangan bohong dalam persidangan.

Kamaruddin menyarankan agar Susi direkrut pekerjaan lain atau diberi jaminan hidup minimal dua tahun ke depan agar dapat memberikan kesaksian jujur.

Bagaimana guliran isu lainnya mengenai data di media soal kesaksian Susi dalam sidang lanjutan Bharada E? Simak artikel ini!

Analisis Media Monitoring

Ragam isu di media turut menyoroti kesaksian Susi sebagai ART Sambo di sidang lanjutan Bharada E. Dalam artikel ini, akan dibahas isu apa saja yang bergulir selama sepekan terakhir 30 Oktober – 5 November 2022.

Baca Juga: Rishi Sunak Jadi PM Pertama Inggris Berdarah Asia

Sebaran Isu

Kesaksian ART Sambo Dianggap Bohong saat Sidang

Isu utama tertuju pada kesaksian dua asisten rumah tangga Ferdy Sambo, Susi dan Diryanto alias Kodir, membuat jaksa, hakim, hingga pengunjung sidang yang menyaksikan heran. Sampai hakim dan jaksa mengingatkan mereka berdua bisa menjadi tersangka sumpah palsu. Publik dalam media menyoroti aksi Majelis hakim dalam sidang pemeriksaan saksi terdakwa Bharada E sempat memberikan teguran kepada Susi karena banyak berbohong dalam memberikan keterangan.

Sosok Kodir Yang Bertugas Bersihkan Darah Brigadir Yosua

Selanjutnya isu kedua soal pengakuan datang dari Asisten rumah tangga Ferdy Sambo, Daryanto atau Kodir. Pada 8 Juli 2022 setelah kejadian tragis di rumah dinas, ia mengaku membersihkan darah Brigadir Yosua menggunakan serok kayu. Seperti dikutip media, saat mendengar beberapa kali suara tembakan dari dalam rumah dinas Duren Tiga, Kodir sempat lari keluar rumah karena panik. Ternyata belakangan diketahui,  itu adalah tembakan yang membuat Brigadir J meregang nyawa.

Kamaruddin Simanjuntak Pesimis ART Susi Bakal Jujur

Isu ketiga soal Kuasa hukum keluarga Nofriansyah Yosua Hutabarat, Kamaruddin Simanjuntak, mengatakan sama saja menyuruh asisten rumah tangga Ferdy Sambo, Susi, bunuh diri bila memaksa dia bersaksi jujur dalam posisinya saat ini. Kamaruddin mengatakan pihaknya akan melaporkan Susi ke polisi dengan Pasal 242 KUHP Tentang Pemberian Keterangan Palsu yang bisa terancam sembilan tahun penjara.

Suami Susi ART Ferdy Sambo Pinta Istrinya Berkata yang Sebenarnya

Selanjutnya sorot media tertuju pada Suami Susi, Kujaeni Tamsil yang meminta sang istri untuk berkata jujur saat menjadi saksi di persidangan kasus pembunuhan berencana Brigadir Yosua. Suami Susi berharap agar Susi berkata jujur dan tidak terlibat dalam pusaran kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Trending Kata Kunci dan Tagar Pada Media

Kata kunci Sambo, ART dan tagar #ferdysambo paling besar dan banyak digunakan warganet secara luas dan dalam pemberitaan. Hal tersebut merujuk pada perbincangan dan pemberitaan soal kesaksian ART Ferdy Sambo yakni Susi dalam sidang lanjutan Bharada E atas kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir mendapat sorotan publik.

Share :

Related Articles