Kazee Terima Kunjungan Mahasiswa Singapore Management University (SMU) dan SBM ITB

Bayu Septian

11 May 2023 03:51

CEO PT Kazee, I Made Ariya Sanjaya, Praktisi PR, Nurlaela Arief bersama sejumlah mahasiswa dan perwakilan Singapore Management University (SMU) di Kazee HQ, Jl Setrasari No. 4, Bandung

PT Kazee Digital Indonesia menerima kunjungan dari 18 Mahasiswa Singapore Management University (SMU) dan perwakilan School of Business Management (SBM) Institut Teknologi Bandung (ITB) pada 10 Mei 2023. Kunjungan ini merupakan bagian dari program kolaborasi antara ITB dan SMU yang dilaksanakan sejak Senin 8 Mei hingga 17 Mei 2023.

Saat mahasiswa serta mahasiswi SMU dan SBM ITB mengunjungi PT Kazee Digital Indonesia, berkesempatan untuk melihat salah satu fitur dalam produk Kazee, yakni Media Intelligence Kazee. Beberapa di antaranya melihat dashboard tersebut bersama CEO PT Kazee Digital Indonesia.

CEO PT Kazee Digital Indonesia bersama perwakilan mahasiswa dan mahasiswi SMU saat melihat Media Intelligence Kazee

Mengenai kunjungan SMU dan SBM ITB ke PT Kazee Digital Indonesia, I Made Ariya Sanjaya mengatakan bahwa pihak Kazee maupun SMU dalam keadaan yang sama-sama belajar perihal budaya dan situasi iklim bekerja di startup.

Dirinya mengatakan bahwa Kazee juga mendapatkan masukkan terkait bagaimana strateginya untuk membangun tim di Singapura untuk melakukan ekspansi bisnis, agar perusahaan startup tersebut bisa lebih luas lagi dan mendunia.

Baca Juga Media Monitoring : Definisi, Manfaat, Cara Kerja dan Contohnya

"Kita sama-sama belajar, mahasiswa belajar terkait budaya dan situasi kerja di Startup. Sedangkan Kazee mendapatkan masukkan tentang bagaimana strategi membangun tim di Singapura untuk ekspansi" ujar I Made Ariya Sanjaya, CEO PT Kazee Digital Indonesia.

Adapun tujuan dari kunjungan tersebut merupakan bagian dari program kolaborasi antara ITB dengan SBU dalam aspek Human Resources dengan harapan agar mampu mempersiapkan mahasiswa yang dapat menghadapi berbagai tantangan dengan konteks pengelolaan sumber daya insani.

Dilansir dari Berita KBB, sebelumnya, kegiatan tersebut diawali dengan campus tour yang dilakukan oleh mahasiswa SMU dan ITB di lingkungan 12 fakultas di ITB. Setelahnya, mahasiswa langsung diterima oleh Andika Putra Pratama selaku Kepala Bagian Hubungan Internasional di Biro Kemitraan ITB dan dosen SBM, N. Nurlaela Arief.

Dalam kesempatan tersebut, Andika memberikan perkuliahan tentang Intercultural Management seraya menjelaskan pemahaman mengenai tata cara mengelola keragaman budaya yang sangat kompleks dalam konteks pengelolaan sumber daya insani.

Baca Juga Public Relation : Definisi, Fungsi, Tugas Beserta Contohnya

"Kita harus memahami bahwa budaya adalah sesuatu yang sangat kompleks. Ini melibatkan agama, bahasa, nilai, dan norma-norma sosial. Jadi, ketika kita berinteraksi dengan orang dari latar belakang yang berbeda, penting untuk menghargai perbedaan tersebut dan mencoba untuk memahami cara berpikir mereka, serta saling belajar dari satu sama lain dan melengkapi. Kita harus berusaha untuk untuk dapat mengelola konflik yang ditimbulkan dari perbedaan untuk dapat bekerja sama dengan baik," kata Andika dalam perkuliahannya.

Perlu diketahui bahwa topik Intercultural Management merupakan salah satu topik yang penting dalam pengelolaan sumber daya manusia dalam konteks global. Kunjungan tersebut merupakan wujud implementasi kerja sama antara ITB dan SMU sejak Februari lalu.

Diharapkan, kolaborasi antara SMU dengan SBM ITB mampu mengembangkan pemahaman dan keterampilan yang diperlukan untuk bisa lebih sukses dalam dunia kerja secara global, khususnya dalam menghadapi tantangan pada aspek pengelolaan sumber daya manusia di lingkungan yang multikultural.

Share :

Related Articles