5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Jasa Media Monitoring Indonesia

Bayu Septian

20 June 2022 15:30

jasa-media-monitoring-indonesia
Picture created by freepik - www.freepik.com

Meningkatnya persaingan dalam berbagai lini industri, membuat jasa media monitoring indonesia lambat laun semakin marak dan diminati. Mulai dari industri retail, manufaktur, hingga pemerintah membutuhkan jasa media monitoring untuk dapat membaca tren dan menguasai pasar. Hal ini membuat variasi jasa pemantauan media menjadi tersebar di Indonesia.

Berbagai penyedia jasa berlomba-lomba menawarkan tools media monitoring dilengkapi fitur-fitur canggih. Fitur tersebut memungkinkan pengguna dapat memantau persepsi publik di berbagai media cetak dan online terhadap merek perusahaan. Kemudahan ini akan membawa Anda dalam memilih penyedia jasa media monitoring Indonesia yang Anda rasa paling tepat untuk kebutuhan perusahaan.

Sebagai pelaku industri tentunya Anda ingin memberikan yang terbaik untuk perusahaan. Sama halnya dengan memilih jasa media monitoring, perlunya bagi Anda untuk selektif dalam memilih penyedia jasa yang terbaik dan terpercaya. Dalam artikel ini, akan dijelaskan mengenai tips seputar memilih jasa media monitoring indonesia. Poin-poin ini akan membantu Anda dalam menentukan keefektifan optimalisasi media monitoring bagi perusahaan Anda serta sebagai panduan dalam menyeleksi penyedia jasa.

Berikut 5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Memilih Jasa Media Monitoring Indonesia, diantaranya :

1. Tentukan Tujuan dan Kebutuhan Perusahaan Anda

Hal pertama yang harus Anda lakukan sebelum memutuskan mengimplementasikan tools media monitoring dalam perusahaan  yakni Anda perlu menjawab pertanyaan :

Apa Tujuan Yang Anda Tetapkan?

Pada dasarnya, tujuan menjadi poin penting yang harus dipikirkan sebelum menggunakan media monitoring, sehingga Anda perlu menentukan tujuan awal dari penggunaan tools tersebut. Sebagai contoh, ada beberapa tujuan yang bisa didapatkan melalui media monitoring.

  • Memantau Opini & Sentimen Publik
  • Menjaga Reputasi
  • Memanajemen Isu & Krisis
  • Melakukan Riset Pasar
  • Memantau Kampanye Iklan
  • Memantau Posisi Brand
  • Membantu Dalam Memilih Influencer
  • Mengevaluasi Pemasaran Online

Apakah Tujuan Itu Bisa Dicapai Dengan Media Monitoring?

Setiap perusahaan maupun lembaga pastinya sudah seharusnya memiliki visi misi serta tujuan yang ingin dicapai. Beberapa perusahaan membutuhkan alat bantu seperti media monitoring tools untuk mengetahui pandangan publik terhadap brand.

Dalam poin kedua ini, penting bagi Anda untuk bisa menjawab pertanyaan apakah tujuan tersebut akan dicapai dengan media monitoring. Jika tujuan Anda dapat diraih dengan media monitoring, maka Anda bisa melanjutkan dengan memilih jasa layanan media monitoring yang ada.

Namun, jika ternyata media monitoring tidak dapat memenuhi tujuan, sebaiknya tidak perlu menggunakannya. Media monitoring memang sangat bermanfaat untuk bisnis. Tetapi, memaksa menggunakannya tanpa memastikan tujuan hanya akan menambah pengeluaran.

Data Apa Yang Anda Butuhkan Dan Bisa Anda Dapatkan Melalui Media Monitoring?

Media monitoring pada dasarnya memiliki banyak fitur didalamnya yang dapat membantu Anda mendapatkan data yang Anda inginkan.Untuk mengetahui data apa yang Anda butuhkan, Anda dapat melihat kembali tujuan dan kebutuhan dari perusahaan Anda.

Jenis data yang bisa Anda dapatkan seperti sentimen brand, sentimen terhadap brand kompetitor, kinerja dan keberhasilan campaign, tren industri terkini, laporan isu di media sosial, engagement dan sentimen influencer, dan masih banyak lagi. Pastikan bahwa data yang nantinya dihasilkan sesuai dengan tujuan dan kebutuhan perusahaan sehingga media monitoring dapat menjadi solusi dan jawaban atas permasalahan perusahaan.

2. Buat Budgeting Dan Alokasi Dana

Jasa media monitoring di Indonesia sangatlah beragam mulai dari fitur hingga harga yang ditawarkan. Sebelum menggunakan jasa tersebut, pastikan Anda telah memperhitungkan biaya yang dikeluarkan untuk membayar jasa media monitoring. Ingat kembali bahwa dana yang dialokasikan sebaiknya disesuaikan dengan tujuan Anda.

Banyak jasa media monitoring yang menawarkan free trial atau uji coba gratis pada pengguna baru. Anda bisa memanfaatkannya sebelum mencoba fitur berbayar maupun premium. Saat menggunakan tools tersebut, cobalah untuk menggali informasi secara lebih mendalam apa saja fitur-fitur yang dapat digunakan, bagaimana sumber data dapat dikumpulkan dan bagaimana hasil data dilaporkan.

Biasanya untuk mendapatkan fitur yang lebih lengkap dengan data yang akurat, Anda perlu membayar dengan memilih paket atau opsi tertentu. Pilihlah opsi sesuai dengan dana yang telah dialokasikan dan menyesuaikan data yang dibutuhkan perusahaan. Jika dirasa sudah sesuai, Anda bisa memulai menggunakan jasa media monitoring untuk membantu Anda lebih dekat dalam mencapai tujuan.

3. Pastikan Durasi  Dalam Keperluan Media Monitoring

Penentuan budget memiliki kaitan erat dengan seberapa lama Anda menggunakan jasa media monitoring. Semakin lama durasi penggunaan, maka semakin banyak pula biaya yang dikeluarkan. Oleh karena itu, penting untuk memastikan durasi penggunaan media monitoring dalam membantu perusahaan Anda mengumpulkan data. Biasanya, penyedia jasa akan menawarkan harga dengan waktu tertentu bergantung pada opsinya. Anda hanya perlu memilih waktu atau durasi kontrak sesuai dengan kebutuhan dan budget yang telah ditentukan. Pastikan bahwa waktu yang dipilih akan memberikan hasil data terbaik yang akan membawa Anda pada pencapaian tujuan.

4. Perhatikan Kredibilitas Penyedia Jasa Media Monitoring

Kredibilitas suatu penyedia jasa adalah suatu hal yang penting untuk diperhatikan ketika Anda hendak menggunakan jasa mereka. Sebagai penyedia jasa media monitoring, agency tersebut tentunya menawarkan media monitoring tools beserta fitur-fiturnya yang siap membantu menyelesaikan permasalahan perusahaan Anda.

Tidak hanya memperhatikan jasa dan layanan yang mereka tawarkan, Anda juga perlu memilih jasa media monitoring yang memiliki reputasi positif. Caranya dengan mencari informasi sebanyak mungkin mengenai jasa tersebut dan dengan siapa saja (klien) mereka pernah bekerja sama. Jika track record mereka bagus, tentunya akan membantu Anda untuk percaya bahwa penyedia jasa berkompeten sehingga dapat membantu Anda mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

5. Periksa Kebutuhan Tambahan

Memutuskan menggunakan media monitoring tools artinya Anda juga harus siap dengan kemungkinan yang ada seperti melakukan penambahan kebutuhan perusahaan. Mengingat, produk yang diberikan jasa media monitoring adalah software maka Anda perlu memeriksa apakah perusahaan perlu merekrut anggota baru sebagai analis data.

Jika Anda bisa mengelola software tersebut sendiri tentunya tidak masalah karena merekrut anggota baru juga perlu menambah budget. Namun, jika jasa media monitoring yang Anda pilih tidak menyediakan analis data dan Anda juga tidak bisa melakukannya, solusinya yakni harus mempekerjakan tim analis data.

Di sisi lain, banyak pula jasa media monitoring yang menawarkan jasa pelaporan sekaligus analisis datanya. Sehingga Anda tidak perlu memikirkan kebutuhan tambahan lainnya. Dengan memilih jasa media monitoring tersebut, tentunya memudahkan Anda untuk mendapatkan data yang perusahaan butuhkan.

Kesimpulan

Menggunakan media monitoring dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan maupun lembaga Anda. Dengan fitur yang ada, Anda dapat memantau posisi brand, sentimen brand di masyarakat hingga memantau campaign yang sedang berjalan. Meskipun memiliki banyak manfaat, namun perlu bagi Anda untuk memperhatikan beberapa hal sebelum menggunakan jasa media monitoring.

Hal-hal yang perlu diperhatikan diantaranya menentukan tujuan dan kebutuhan, membuat budgeting dan alokasi dana, memastikan durasi dan keperluan media monitoring, dan memerhatikan kredibilitas penyedia jasa media monitoring. Setelah Anda memahami poin-poin diatas, maka Anda bisa memulai pemilihan jasa media monitoring yang tepat.

Kazee Media Monitoring bisa menjadi salah satu pilihan jasa media monitoring Anda. Dilengkapi dengan fitur-fitur canggih yang dapat merekam data, memantau, menganalisa, mengevaluasi, dan menghasilkan data secara cepat, akurat dan real time. Memantau lebih dari 8000 media online dan 140 media cetak. Analisa data yang dihasilkan antara lain persebaran data, sentimen media sosial, top redaksi, top keyword, top hashtag, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tertarik dengan Media Monitoring Kazee, Anda bisa langsung mengunjungi link atau tautan ini https://kazee.id/request-demo/

Referensi

https://nolimit.id/blog/2019/10/16/pahami-5-hal-ini-sebelum-anda-memilih-jasa-media-monitoring-di-indonesia/

https://metromonitor.com/blog/choosing-a-media-monitoring-service/

Share :

Related Articles