assets.pikiran-rakyat.com

Film KKN di Desa Penari yang disutradari oleh Awi Suryadi disambut baik oleh penikmat film tanah air, hal tersebut dibuktikan dari rekor yang dipecahkan sebagai film terlaris Indonesia sepanjang masa.

Sedikitnya ada 7 juta tiket yang terjual per 19 Mei 2022, dan film ini pun melewati capaian film Pengabdi Setan yang tayang pada tahun 2017.  

Selain meraih sukses di dalam negeri, film inipun juga tayang di luar negeri seperti di Malaysia dan Singapura. Tiket yang dijual disana pun langsung ludes di hari pertama penayangan.

Lika Liku Produksi Film KKN di Desa Penari

Film ini semula dijadwalkan rilis pada 19 Maret 2020, namun disaat yang bersamaan, Indonesia dilanda pandemi covid-19 sehingga mengakibatkan seluruh bioskop harus ditutup, hal tersebut membuat jadwal perilisan film ini ditunda.

Pada awal tahun 2021, terdapat isu bahwa film ini akan tayang pada masa libur lebaran Idul Fitri 2021. Namun film masih belum bisa ditayangkan, karena producer Manoj Punjabi tidak memastikan tanggal tersebut.

Setahun berselang, Manoj Punjabi mengumumkan bahwa film tersebut akan dirilis pada libur lebaran idul fitri tahun 2022.

Bersamaan dengan itu, ia siap bersaing dengan sejumlah film besar yang tayang pada bulan yang sama seperti film Doctor Strange in the Multiverse of Madness.

Dan pada akhirnya film ditayangkan pada 30 April 2022 diseluruh bioskop di Indonesia.

Cerita Singkat KKN di Desa Penari

Berdasarkan data yang dikutip dari BBC News, cerita ini disebut berasal dari kisah nyata yang terjadi sekitar tahun 1998.

Kisah berkisar soal enam mahasiswa yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (KKN) di suatu desa terpencil yang memiliki legenda urban berupa tempat keramat yang tidak boleh dimasuki manusia.

Di film tersebut, Badarawuhi adalah ratu penguasa lokasi keramat yang ada di desa KKN dilaksanakan. Badarawuhi digambarkan sebagai siluman ular yang sangat cantik dan merupakan penari dan pemilik sinden (tempat mandi para penari) yang berada di tempat keramat itu.

Namun sepasang mahasiswa peserta KKN melanggar aturan yang ditetapkan di desa itu sehingga mengundang amarah serta kutukan Badarawuhi.

Dikutip dari akun @bicaraboxoffice pada Jumat (20/05), estimasi pendapatan kotor mencapai Rp207 miliar.

Selama penayangan pula cerita viral adanya penonton yang kesurupan saat menonton bertebaran di media sosial.

Produser film, Manoj Punjabi, mengatakan biaya produksi film ini hingga marketing menelan biaya sampai Rp15 miliar.

Analisis Media Monitoring

Berdasarkan kepopulerannya Film yang di garap MD Pictures ini mampu menarik jutaan penonton hanya dalam hitungan hari,

Kazee Digital Indonesia mencoba memetakan data ekspos media online dan juga media sosial terkait isu teratas, analisis sentimen, tokoh paling banyak tersorot.

Analis spasial untuk mengetahui lokasi mana yang banyak disebutkan, serta redaksi teratas.

Analisis dilakukan menggunakan tools media monitoring dengan rentang waktu 12 hari yakni 10-12 Mei 2022.

Pergerakan Ekspos Film KKN di Desa Penari

Kazee Media Monitoring

Dalam periode ini terdapat 3.200 total data keseluruhan dengan puncak ekspos terjadi pada tanggal 13 dan 19 Mei 2022. Adapun isu teratas dalam puncak ekspos tersebut diantaranya

Analisis Sentimen

Dalam periode tersebut, terdapat sentimen yang tersebar di media,sentimen negatif mendominasi dengan total data 1,45 ribu data unggul tipis dibanding sentimen positif dengan 1,27 data.

Hal yang membuat sentimen negatif mendominasi, dikarenakan dari kesuksesan film tersebut, pemain figuran yang melibatkan warga lokal disana hanya di bayar Rp 75 ribu.

Selain itu, kisah nyata yang ditulis oleh SimpleMan kembali dibahas oleh warganet dan kisahnya dianggap sangat mengerikan.

Komposisi Isu Keseluruhan

Prestasi yang diraih oleh KKN di Desa Penari sebagai film terlaris sepanjang masa menjadi isu dengan ekspos tertinggi.

Karena setelah dua kali ditunda penayangannya akibat pandemi, film KKN di Desa Penari diputar di seluruh bioskop Indonesia sejak 30 April 2022.

Setelah 3 minggu tayang di bioskop, penonton film yang dibintangi oleh tembus 7 juta orang.

Catatan jumlah penonton film KKN di Desa Penari itu menjadikannya sebagai film Terlaris Sepanjang masa di Indonesia.

Awi Suryadi tidak pernah menyangka film KKN di Desa Penari yang digarapnya bersama MD Pictures menuai sukses di bioskop.

Top Person

Kazee Media Monitoring

Dinobatkannya film KKN di Desa Penari sebagai film terlaris sepanjang masa, membuat nama Awi Suryadi menduduki peringkat pertama ekspos terbanyak berdasarkan kategori top person.

Catatan jumlah penonton yang mencapai 7 juta penonton itu menjadikannya sebagai film terlaris sepanjang masa di Indonesia.

Awi Suryadi tidak pernah menyangka filmnya yang digarapnya bersama MD Pictures menuai sukses di bioskop tanah air dan luar negeri.

Analisis Spasial

Secara demografi Jawa Timur, DI Yogyakarta, Jawa tengah menjadi provinsi yang paling banyak disebutkan terkait Film horor yang satu ini.

Film garapan Awi Suryadi ini begitu meledak di publik. Masyarakat jadi bertanya-tanya, di mana lokasi asli KKN tersebut?. lokasi bergendre horor tersebut semakin mengarah ke kawasan Rowo Bayu. Rowo Bayu adalah sebuah danau yang berada di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur.

Kisah Sewu Dino sempat viral juga di jagat maya setelah dibagikan oleh akun Twitter SimpleMan dan jadi perbincangan netizen. Cerita lengkap Sewu Dino tak kalah seram dari kisah KKN di Desa Penari. Kisah Sewu Dino berasal dari Jawa Tengah yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia berarti seribu hari. Sewu Dino mengisahkan tentang praktik dukun santet yang kejam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *