Cara Meningkatkan Reputasi Brand di Media Online

Bayu Septian

16 February 2023 03:57

cara-meningkatkan-reputasi-brand-di-media-online
Source : Freepik.com - Photo by freepik

Reputasi brand menjadi suatu hal yang penting bagi suatu perusahaan maupun organisasi. Karena reputasi dapat meningkatkan kredibilitas suatu brand dan mendorong pelanggan untuk mengambil keputusn yakni membel suatu produk atau jasa.

Perusahaan yang mempunyai reputasi baik akan lebih menarik bagi calon karyawan yang berkualitas, mendapatkan peliputan media massa secara gratis sehingga tidak memerlukan biaya iklan yang besar serta meningkatkan laba perusahaan.

Sehingga tidak mengherankan jika di era digital sekarang ini, setiap perusahaan berlomba-lomba untuk meningkatkan reputasi brand mereka di media online. Lantas, bagaimana caranya?

Berikut adalah beberapa cara meningkatkan reputasi brand perusahaan Anda di media online antara lain :

1. Pemantauan Media pada Brand Anda

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk meningkatkan reputasi brand Anda adalah mengetahui apa yang dikatakan orang tentang merek Anda. Caranya dengan memanfaatkan alat media monitoring seperti Kazee Media Intelligence untuk melacak penyebutan nama merek atau kata kunci yang terkait dengan bisnis Anda.

Kazee Media Intelligence membantu perusahaan dalam mengumpulkan informasi dan menganalisis data dari berbagai sumber media, seperti situs web, forum online, dan media sosial (Twitter, Facebook, YouTube, Instagram).

Tampilan Dashboard Kazee Media Intelligence

Dengan produk dari Kazee, mampu memperoleh lebih dari 8000+ media online berbasis big data untuk memperoleh beberapa analisis, kesimpulan dan rekomendasi bagi brand milik Anda untuk menjaganya tetap memiliki citra yang baik.

Perusahaan dapat mengawasi aktivitas online mereka dan merekam percakapan online secara real-time yang terkait dengan merek mereka, pesaing, atau industri mereka. Lalu sistem akan memantau sumber-sumber media untuk mencari dan mengumpulkan informasi yang relevan dengan kata kunci dan topik yang dimasukkan. Dengan cara ini, Anda dapat mengatasi komentar atau ulasan negatif dengan cepat.

2. Menanggapi Umpan Balik dari Pelanggan

Menanggapi umpan balik pelanggan atau customer menjadi hal penting yang harus dilakukan. Tetaplah berikan feedback positif pada segala komentar  positif atau negatif yang disampaikan oleh customer.

Hal ini menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan Anda dan bersedia mendengarkan kekhawatiran mereka tentang brand Anda. Menanggapi review dan umpan balik yang buruk secara tepat waktu, dengan permintaan maaf atau solusi, dapat mengubah hal negatif menjadi positif.

3. Dorong Pelanggan Untuk Memberikan Testimoni Positif

Mintalah pelanggan yang puas dengan produk atau jasa Anda untuk meninggalkan ulasan positif di situs web atau media sosial seperti Google, Instagram, Tik Tok. Tentunya, cara ini dapat membantu meningkatkan reputasi merek Anda, khususnya untuk calon customer yang belum pernah mencoba produk atau jasa Anda.

4. Buat Konten Berkualitas

Tips selanjutnya adalah buatlah dan bagikan konten yang relatable dengan audiens  di situs web dan akun media sosial perusahaan. Anda bisa mengemas konten dalam bentuk carousel, posting blog, video, atau infografis. Bagikan konten berupa informasi yang bertujuan mengedukasi misalnya menampilkan keunggulan produk. Jangan lupa untuk selalu membangun hubungan yang positif dengan audiens dengan mengajak mereka untuk membagikan pengalaman saat mereka menggunakan produk atau jasa dari perusahaan Anda.

5. Gunakan Media Sosial Untuk Terhubung Dengan Audiens Anda

Media sosial adalah cara yang bagus untuk terhubung dengan audiens Anda dan meningkatkan reputasi brand Anda di media online. Bagikan pembaruan tentang produk atau layanan Anda, poskan konten yang relevan, dan terlibatlah dengan pengikut Anda. Tanggapi komentar dan pesan dan ucapkan terima kasih kepada pengikut Anda atas dukungan mereka.

6. Tingkatkan Desain dan Fungsionalitas Situs Web Anda

Selain memanfaatkan media sosial, cobalah untuk merancang situs website yang yang ramah pengguna agar dapat membantu meningkatkan reputasi brand Anda secara online. Pastikan situs web Anda mudah dinavigasi dan memiliki desain yang profesional. Selain itu, tampilkan konten-konten berupa informasi terkait brand dan produk Anda yang diunggah dalam situs web. Buatlah pengalaman yang baik pada pengguna saat melihat website perusahaan Anda dengan menciptkan situs web yang user friendly di telepon seluler.

7. Tetap Konsisten

Buatlah pesan yang konsisten di semua platform yang perusahaan Anda miliki. Selain membangun kepercayaan audiens, juga dapat membantu Anda membangun citra positif yang kuat secara keseluruhan terhadap merek Anda.

8. Bersikaplah Terbuka

Dalam menyampaikan pesan dan informasi, cobalah untuk bersikaplah terbuka dan jujur ​​tentang merek Anda pada audiens. Sikap ini menunjukkan bahwa Anda tidak menyembunyikan apa pun terkait merek Anda.

9. Libatkan Karyawan atau CEO perusahaan Anda

Untuk membantu meningkatkan citra positif di mata publik, tidak ada salahnya Anda mengajak karyawan perusahaan serta CEO untuk menciptakan reputasi positif perusahaan dengan mempromosikan merek pada orang-orang terdekat mereka ataupun melalui media sosial.

Misalnya jika dari sisi karyawan, cobalah untuk ceritakan bagaimana suportifnya bergabung di lingkungan kerja perusahaan yang sehat dan keuntungan yang dirasakan selama bekerja disana. Dari sisi CEO, bisa membagikan cerita-cerita positif pada audiens melalui akun media sosial LinkedIn. Sehingga tidak hanya perusahaan yang mendapatkan citra positif melainkan juga memperlebar koneksi dalam mendapatkan peluang kerjasama bisnis.

10. Manfatkan SEO (Search Engine Optimization)

Menulis konten di website perusahaan akan lebih optimal jika mempraktikkan SEO didalamnya. Pasalnya, dengan SEO, audiens dapat dengan mudah menemukan situs web perusahaan yang membantu meningkatkan reputasi. Pastikan situs web Anda memiliki kata kunci dan tag meta yang relevan untuk membantunya mendapat peringkat lebih tinggi dalam hasil mesin pencari. Visibilitas yang baik dapat memengaruhi peningkatan volume kunjungan web dan memberi peluang bagi visitor web untuk menjadi pelanggan.

11. Tawarkan Layanan yang Memuaskan pada Pelanggan

Langkah terakhir, usahakan untuk menawarkan layanan yang memuaskan pada pelanggan untuk meningkatkan reputasi brand Anda. Pastikan pelanggan Anda puas dengan produk perusahaan Anda dan membeli produk atau jasa Anda jadi salah satu solusi mereka untuk mengatasi masalah yang mungkin mereka miliki.

Meningkatkan reputasi online merek membutuhkan waktu dan usaha. Namun, dengan menerapkan kiat-kiat ini, merek Anda dapat mengalami peningkatan reputasi di media sosial secara berangsur. Yang paling penting adalah konsisten dan tetap terlibat dengan pelanggan Anda.

Share :

Related Articles