Cara Meningkatkan Brand Awareness Perusahaan

Cahaya Muslim

07 February 2024 01:52

Memahami cara meningkatkan brand awareness perusahaan akan membantu bisnis Anda dicari-cari oleh pelanggan. Mengapa demikian? Karena bisnis Anda sudah menjadi top of mind sebagai produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan serta keinginan mereka.

Tentunya, customer akan lebih senang membeli suatu hal yang mereka sudah kenal sebelumnya. Itulah mengapa brand awareness penting untuk ditingkatkan. Bagaimana cara meningkatkannya? Yuk, simak penjelasannya di sini.

Baca Juga: Digital PR: Cara Meningkatkan Brand Awareness Bisnis Anda

Apa itu Brand Awareness? 

Brand awareness adalah istilah untuk memahami sejauh mana konsumen mengenal produk atau jasa dari sebuah brand. Hal ini mengacu pada seberapa akrab audiens terhadap brand tertentu. Brand awareness bisa menjadi pembeda antara satu brand dengan brand lainnya.

Seperti diketahui, setiap brand memiliki keunikannya masing-masing. Brand awareness inilah yang membedakannya. Tergantung bagaimana customer mengenal brand Anda sebagai apa. Awareness dikatakan berhasil ketika customer dapat mengingat bisnis Anda sebagai sebuah produk di bidang industri tertentu.

Contohnya, ketika ingin makan mie instan, brand mie apa yang mereka ingat? Begitu juga ketika butuh melepaskan dahaga. Air minum dari brand apa yang sangat diingat? Apabila brand awareness Anda berhasil, brand tersebut akan diingat oleh customer sehingga memperbesar kemungkinan mereka membeli produk Anda.

Pentingnya Brand Awareness bagi Bisnis

Salah satu alasan mengapa brand awareness sangat penting bagi bisnis karena untuk meningkatkan daya beli customer terhadap produk Anda. Umumnya, customer membeli produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan mereka karena customer telah mengetahui keberadaan produk tersebut.

Tidak hanya itu, brand awareness juga penting untuk membangun kepercayaan customer. Dengan brand awareness, artinya Anda menunjukkan kualitas produk Anda. Hal ini yang dapat membangun kepercayaan sehingga customer tidak ragu memilih produk Anda.

Kemudian, kesadaran merek juga membantu meningkatkan loyalitas customer hingga mendatangkan customer baru. Customer yang loyal akan melakukan pembelian berulang bahkan memberikan rekomendasi kepada customer baru untuk membeli brand Anda. Sebab, mereka telah merasakan langsung manfaat dari menggunakan produk.

Langkah-Langkah Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness dapat ditingkatkan dengan berbagai langkah. Intinya adalah bagaimana Anda bisa mengenalkan produk Anda kepada customer sehingga diingat oleh mereka. Langkah apa saja yang bisa Anda ambil? Berikut cara-caranya.

Mengidentifikasi Audience

Anda harus mengetahui siapa audience yang cocok dengan produk Anda. Hal ini tujuannya agar strategi brand awareness yang Anda lakukan nantinya akan lebih efektif.

Dalam melakukan identifikasi audience ini, Anda juga perlu mengetahui kebutuhan, keinginan, hingga kebiasaan berbelanja mereka. Dari sini, Anda dapat menyesuaikan apa yang dibutuhkan oleh audience Anda sehingga memberi kesan baik bagi customer. 

Mengadakan Campaign yang Tepat Sasaran

Setelah melakukan identifikasi audience, Anda bisa mengadakan campaign yang lebih tepat sasaran. Dari campaign ini, Anda dapat mengetahui metode, topik, serta media yang cocok untuk audience Anda.

Hal ini membantu Anda membuat campaign yang lebih efektif sehingga sumber daya yang dikeluarkan tidak terbuang sia-sia.

Berkolaborasi dengan Influencer

Jangkau lebih banyak orang melalui kolaborasi dengan influencer. Namun, pastikan influencer yang Anda ajak kerja sama cocok bagi bisnis Anda.

Influencer bisa membantu meningkatkan brand awareness karena mereka telah memiliki banyak followers yang sesuai dengan pasar Anda.

Buat Konten Viral di Media Sosial

Langkah berikutnya adalah Anda harus membuat konten yang berpotensi viral di media sosial. Tujuannya supaya target audience mengetahui bisnis Anda dari konten tersebut.

Konten yang viral dapat dibuat dengan menghubungkan isu yang sedang viral. Bisa juga dengan membuat konten yang memang relevan atau menjawab permasalahan customer.

Mengandalkan Word of Mouth Marketing

Terakhir, Anda bisa mengandalkan word of mouth marketing atau ulasan dari customer di media sosial. Pastikan bahwa ulasan terhadap produk Anda positif sehingga dapat menarik minat customer yang belum mengetahui produk Anda.

Teknik marketing ini sangat efektif karena rekomendasi dari customer yang telah merasakan langsung produk akan sangat dipercaya. Dari word of mouth marketing ini, Anda juga dapat mengetahui keunggulan dan kelemahan produk Anda.

Menggunakan Brandboss untuk Meningkatkan Brand Awareness

Dalam meningkatkan brand awareness, Anda tidak bisa terlepas dari perihal reputasi bisnis. Sebab, brand awareness dapat meningkat apabila reputasi bisnis Anda baik.

Bagaimana cara mengukur reputasi bisnis Anda di media sosial? Salah satu caranya adalah dengan menggunakan tools Brandboss.

Tools ini membantu Anda untuk memantau reputasi brand, mencari tahu apa yang dibicarakan orang tentang brand Anda, hingga memahami lebih jauh audience Anda untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik.

Dengan Brandboss ini, Anda bisa menganalisis brand Anda di berbagai media. Dari sini, Anda dapat mengetahui pergerakan data mengenai brand, seperti isu apa yang berkaitan dengan brand Anda, hingga sentimen atau pendapat publik mengenai brand Anda saat ini. 

Hal-hal tersebut sangat memengaruhi brand awareness Anda ke depannya. Pastikan brand Anda memiliki reputasi bisnis yang baik agar mudah diingat oleh customer.

Apa yang bisa Brandboss lakukan untuk Anda? Anda akan mendapatkan peringatan dan pemberitahuan untuk setiap perubahan signifikan pada masalah Anda. 

Anda bisa lebih cepat dalam mengetahui tren isu merek Anda. Tidak hanya itu, Anda juga akan mendapatkan laporan otomatis.

Jadi, Anda tidak perlu membuat laporan manual yang menghabiskan banyak waktu. Dari laporan ini, Anda akan mendapatkan data harian, mingguan, hingga bulanan yang datanya dapat ditampilkan dengan mudah melalui infografis keren.

Kemudian, Anda juga bisa mendapatkan data spesifik dari sumber tertentu untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Brandboss membantu memfilter data Anda berdasarkan sumber mana pun yang Anda inginkan.

Intinya, Brandboss membantu meningkatkan brand awareness perusahaan dengan menampilkan data spesifik yang Anda butuhkan untuk menjaga reputasi bisnis Anda tetap positif. Reputasi bisnis yang bagus akan membuat customer mudah mengenali brand Anda sehingga mereka tidak ragu untuk membeli produk atau layanan yang disediakan.

Share :

Related Articles