Cara Membangun Reputasi Bisnis yang Baik

Cara Membangun Reputasi Bisnis yang Baik

Cahaya Muslim

29 December 2023 09:36

Reputasi bisnis yang baik menjadi nilai tambah bagi sebuah bisnis atau perusahaan. Oleh sebab itu, seorang pemimpin maupun Public Relation (PR) yang bertanggung jawab dalam hal ini harus memahami cara membangun reputasi bisnis. Tujuannya agar bisa mendapatkan kepercayaan dari customer untuk menggunakan produk atau layanan Anda.

Apa itu Reputasi Bisnis?

Reputasi bisnis adalah hal yang berkaitan dengan nama baik dari perusahaan. Sebelum membeli produk, khususnya dalam bidang layanan atau jasa, banyak customer mencari tahu terlebih dahulu reputasi perusahaan tersebut.

Salah satu alasannya agar customer yakin bahwa mereka membeli produk berkualitas yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Apabila reputasi bisnis sudah buruk sejak awal, customer akan langsung menjauh dan membandingkan dengan kompetitor.

Contohnya, reputasi perusahaan-perusahaan dalam menanggapi konflik antara Israel dan Palestina. Perusahaan yang berempati sekaligus mengutuk kekerasan, reputasinya menjadi meningkat. Sementara itu, mereka yang condong mendukung salah satu negara yang melakukan kekerasan, reputasinya memburuk. 

Efeknya sangat luar biasa bagi daya pembelian serta kepercayaan customer untuk menggunakan produk-produk dari perusahaan tersebut. Dari sini, Anda dapat melihat bahwa banyak sekali faktor-faktor yang memengaruhi reputasi bisnis Anda. Jadi, penting untuk mencari tahu bagaimana cara membangun reputasi bisnis yang efektif.

Pentingnya Membangun Reputasi Bisnis

Manfaat membangun reputasi bisnis tidak hanya terletak pada meningkatnya kepercayaan customer. Akan tetapi, masih banyak manfaat lainnya, mulai dari menjaga loyalitas customer, menarik customer baru, meningkatkan daya saing, dan sebagainya. Berikut penjelasannya.

  • Menarik Customer Baru

Saat pertama kali ingin membeli sebuah produk atau jasa, customer akan melihat terlebih dahulu reputasi dari sebuah bisnis. Kebanyakan akan lebih memilih perusahaan yang memiliki reputasi yang bagus. Oleh sebab itu, Anda bisa mulai menyelesaikan masalah pada bisnis Anda agar reputasinya baik di mata customer.

  • Menjaga Loyalitas Customer

Kemudian, alasan mengapa membangun reputasi bisnis itu penting adalah karena dapat menjaga loyalitas customer. Reputasi bisnis yang baik dapat membuat customer melakukan pembelian berulang. Hal ini menunjukkan bahwa mereka telah puas dan mempercayai bisnis Anda. Tugas Anda berikutnya adalah menjaga reputasi tetap baik dengan bertindak cepat tanggap serta terus mengembangkan produk.

  • Meningkatkan Daya Saing

Dengan membangun reputasi bisnis, artinya Anda juga meningkatkan daya saing di pasaran. Sekadar memiliki produk atau jasa yang bagus tentunya tidak cukup untuk memenangi persaingan. Dalam hal daya saing, Anda harus lebih unggul dari kompetitor. Tunjukkan alasan mengapa bisnis Anda memiliki reputasi yang baik. Dapat dibuktikan dari pelayanannya, cara menanggapi keluhan, dan sebagainya.

Faktor yang Memengaruhi Reputasi Bisnis

Dilansir dari igniyte.co.uk, terdapat 5 faktor teratas yang memengaruhi reputasi perusahaan. Hal ini mencakup kualitas produk, karyawan, hingga dari segi privasi. Berikut penjelasannya.

  • Kualitas Produk atau Jasa

Salah satu alasan mengapa customer memilih sebuah bisnis untuk memenuhi kebutuhannya adalah karena kualitas produk atau layanan yang disediakan. Banyak sekali tolok ukur yang bisa digunakan untuk menunjukkan produk Anda memiliki kualitas bagus.

Dengarkan pendapat customer di media sosial tentang brand Anda. Dari sana, Anda bisa mengetahui apakah customer puas atau tidak dengan apa yang ditawarkan. Selain itu, Anda juga bisa melihat bagian mana yang perlu dikembangkan lagi.

  • Sumber Daya Manusia

Sumber daya manusia atau karyawan yang bekerja di perusahaan Anda juga memberi pengaruh besar untuk menentukan reputasi bisnis. Sebab, sudah banyak contoh kasusnya di media sosial. Misal, seorang karyawan dari perusahaan A terlibat masalah. Perusahaan tempatnya bekerja akan ikut terseret mendapatkan sentimen negatif.

Oleh sebab itu, saat merekrut karyawan, pastikan terlebih dahulu memeriksa latar belakangnya. Kemudian, Anda juga bisa memberikan pelatihan agar kemampuannya bisa terus meningkat.

  • Layanan Customer

Customer service juga menjadi faktor yang berpengaruh bagi reputasi bisnis sebuah perusahaan. Pastikan layanan customer Anda selalu siap untuk menjawab pertanyaan pelanggan hingga menanggapi keluhan mereka. 

Hal tersebut dapat menjadi nilai tambah di mata customer karena mereka merasa terbantu dengan layanan customer Anda. Layanan pelanggan yang cepat tanggap menandakan bisnis Anda profesional dan menganggap setiap customer itu penting.

  • Keamanan Produk dan Jasa

Keamanan menjadi pertimbangan bagi customer dalam memilih sebuah produk atau jasa. Pastikan dahulu siapa target bisnis Anda. Kemudian, cari tahu tentang kekhawatiran mereka saat ingin membeli produk Anda.

Apakah Anda bisa memastikan produk Anda tidak akan melukai siapa pun? Selain itu, bisakah layanan Anda terhindar dari pembobolan atau virus membahayakan? Jadi, Anda perlu bisa menjawab hal-hal seperti itu agar mendapatkan kepercayaan customer.

  • Menghargai Privasi Customer dan Karyawan

Penting bagi Anda untuk menghargai privasi customer dan karyawan. Caranya adalah dengan melindungi informasi pribadi customer yang telah memakai produk atau jasa Anda. Selain itu, Anda juga harus memastikan data pribadi yang mereka bagikan pada Anda itu aman. 

Kemudian, berikanlah informasi yang jelas tentang penggunaan data customer. Anda perlu menyediakan opsi untuk customer mengontrol data yang telah mereka bagikan. Data customer juga berlaku pada data karyawan. Sebagai sebuah perusahaan, penting bagi Anda untuk melindungi data karyawan Anda.

Cara Meningkatkan Reputasi Bisnis

Setelah mengetahui faktor-faktor yang memengaruhi reputasi bisnis, Anda bisa mulai meningkatkan reputasi berdasarkan faktor tersebut. Hal apa saja yang dapat meningkatkan reputasi bisnis?

Membangun Interaksi secara Online

Rata-rata customer kini membagikan apa pun pendapat mereka di media sosial. Anda harus bisa membangun interaksi secara online. Artinya, hadirlah di platform-platform yang mereka gunakan.

Contohnya, buatlah akun profesional yang bisa dihubungi kapan pun di media sosial. Selain itu, Anda juga bisa membuat website sehingga customer bisa mengenal produk Anda secara detail.

Merespons Ulasan Customer

Berikanlah respons terbaik untuk setiap ulasan yang diberikan customer di mana pun. Anda bisa mengapresiasi dan menginformasikan akan melakukan perbaikan sesuai apa yang mereka sudah ulas. 

Hal ini nantinya akan meningkatkan loyalitas customer sehingga mereka tetap setia memakai produk Anda. Ulasan atau testimoni bermanfaat untuk mendapatkan customer baru hingga meningkatkan kepercayaan pada bisnis Anda.

Cepat Tanggap dalam Menangani Krisis

Sebuah bisnis atau perusahaan tidak terlepas dari isu negatif yang berkembang di masyarakat. Ketika ada masalah, Anda harus cepat tanggap dalam menanganinya. Tujuannya agar terlihat dari segi profesionalitas sehingga dapat meningkatkan reputasi bisnis.

Selain itu, sikap dalam menangani krisis juga menunjukkan kepedulian Anda terhadap customer. Dari sini, customer akan lebih mempercayai brand Anda karena mampu mengatasi krisis yang ada.

Itulah penjelasan tentang cara membangun reputasi bisnis yang baik. Anda bisa lebih mudah melakukan hal-hal di atas dengan cara media monitoring. Apa itu media monitoring? Yuk, cari tahu lebih lengkapnya di sini

Share :

Related Articles

No related posts