Cara Membangun Loyalitas Merek Melalui Pengalaman Pelanggan

Bayu Septian

23 February 2023 06:03

cara-membangun-loyalitas-merek-melalui-pengalaman-pelanggan
Source : Freepik.com - Photo by vectorjuice

Membangun loyalitas merek melalui pengalaman pelanggan adalah suatu strategi pemasaran yang sangat efektif dan penting untuk diterapkan dalam bisnis. Pelanggan yang memiliki loyalitas terhadap merek cenderung memilih produk atau layanan yang sama dari merek tersebut secara konsisten, bahkan jika ada pilihan lain yang tersedia.

Dilansir dari Marketing Tutor, loyalitas merek (brand loyalty) adalah pola perilaku konsumen yang cenderung berkomitmen pada produk atau brand tertentu untuk terus membeli produk secara berulang seiring berjalannya waktu.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa loyalitas merek adalah kesetiaan atau komitmen pelanggan terhadap suatu merek atau produk tertentu. Loyalitas merek dapat terbentuk dari berbagai faktor, termasuk kualitas produk, pengalaman pelanggan, citra merek, nilai merek, harga, promosi, dan faktor-faktor lainnya.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membangun loyalitas merek melalui pengalaman pelanggan :

1. Menyediakan Pengalaman Pelanggan Yang Unik Dan Menarik

Membuat pengalaman pelanggan yang unik dan menarik dapat membuat pelanggan merasa istimewa dan terhubung dengan merek. Hal ini dapat dilakukan dengan cara menyediakan layanan yang berbeda dari pesaing dan memberikan pengalaman pelanggan yang memuaskan dan menyenangkan.

Seperti yang dilakukan oleh salah satu brand mie instan yaitu Indomie. Mereka menggaungkan kampanye dengan tagline “Indomie Seleraku”. Tagline ini diperkenalkan pada konsumen untuk memberikan informasi bahwa produk yang mereka keluarkan terinspirasi dari cita rasa makanan dari Sabang sampai Merauke yang dapat dinikmati dalam satu bungkus Indomie.

Tagline khas ini sukses menarik perhatian banyak pelanggan. Terbukti konsumen selalu antusias untuk mencoba varian rasa terbaru keluaran Indomie. Dari contoh diatas, dapat disimpulkan bahwa brand mampu membuat pelanggan merasakan pengalaman terbaru dan unik untuk mencoba rasa makanan Indonesia dengan variasi yang beragam dalam bentuk mie instan.

2. Memberikan Pelayanan Pelanggan Yang Istimewa

Memberikan pelayanan pelanggan yang istimewa merupakan salah satu kunci untuk membangun loyalitas pelanggan. Pelanggan harus merasa dihargai dan didengar, serta diberikan solusi yang memuaskan jika mengalami masalah. Umumnya, setiap brand yang tersebar dipasaran memiliki kontak customer services yang bisa dihubungi jika Anda mendapatkan pelayanan kurang baik maupun produk yang tidak layak.

Di era serba digital seperti sekarang ini, layanan customer services tidak hanya bisa diakses melalui sambungan telepon saja, tetapi juga melalui media sosial yang perusahaan miliki. Keluhan dari konsumen bisa langsung disampaikan melalui admin media sosial mereka. Selain lebih cepat, pihak brand juga lebih sigap dalam menangani masalah karena tentunya mereka tidak ingin citra produk mereka jelek di mata konsumen.

BACA JUGA : 5 Kiat Menggunakan Media Monitoring Untuk Riset Pasar

3. Menyediakan Program Loyalitas

Program loyalitas dapat memberikan insentif bagi pelanggan untuk terus berbelanja dan menggunakan produk atau layanan Anda. Program ini dapat berupa diskon, hadiah atau akses ke produk yang lebih eksklusif. Semakin besar dan lebih menarik program loyalitas yang disediakan, semakin besar peluang pelanggan untuk tetap setia dengan merek.

Contoh sederhananya, toko toserba yang memberikan kupon pada pelanggannya dengan minimal pembelanjaan senilai Rp 100.000. Nantinya, kupon ini akan diundi diakhir tahun dan setiap pelanggan memilik kesempatan yang sama untuk mendapatkan hadiah.

Strategi ini tentunya membuat pelanggan ingin terus berlomba-lomba belanja sebanyak-banyaknya untuk mendapatkan lebih banyak kupon agar kesempatan menang lebih banyak. Tanpa disadari, program ini mampu mendorong konsumen untuk loyal berbelanja di toko toserba yang sama.

4. Menggunakan Teknologi Untuk Meningkatkan Pengalaman Pelanggan

Teknologi dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam meningkatkan pengalaman pelanggan. Beberapa teknologi yang sering digunakan brand untuk memperbaiki pengalaman pelanggan dan memperkuat interaksi merek dengan konsumen adalah seperti chatbot, aplikasi mobile dan penggunaan media sosial. Dalam era digital, teknologi dapat membantu merek untuk lebih dekat dengan pelanggan dan memberikan pengalaman yang lebih baik. Misalnya, minimarket seperti Indomaret yang memanfaatkan aplikasi mobile “Klik Indomaret” untuk memudahkan pelanggan mereka berbelanja secara online

5. Menyediakan Produk Atau Layanan Yang Berkualitas

Produk atau layanan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pelanggan akan membuat mereka tertarik untuk melakukan pembelian selanjutnya. Produk atau layanan yang buruk akan membuat pelanggan merasa kecewa dan mengalami pengalaman yang negatif.

Untuk menyediakan produk dan layanan yang berkualitas, pihak brand perlu mendengarkan saran dan keluhan dari pelanggan terkait produk. Selanjutnya, perusahaan harus melakukan perbaikan yang diperlukan untuk membantu meningkatkan kualitas produk atau layanan yang disediakan.

Kesimpulan

Dalam membangun loyalitas merek melalui pengalaman pelanggan, penting untuk selalu memperhatikan kebutuhan dan keinginan pelanggan serta terus beradaptasi dengan perubahan tren dan perilaku konsumen.

Dengan memberikan pengalaman pelanggan yang unik dan positif, menyediakan pelayanan pelanggan yang luar biasa, menyediakan program loyalitas yang menarik, menggunakan teknologi untuk meningkatkan pengalaman pelanggan, dan menyediakan produk atau layanan yang berkualitas, merek dapat membangun loyalitas pelanggan yang kuat dan memperkuat citra merek di pasar.

Share :

Related Articles