Cara Memaksimalkan Campaign Marketing dengan Research Intelligence

Cahaya Muslim

04 January 2024 10:15

Campaign tidak bisa dilakukan begitu saja tanpa melakukan riset yang dalam terlebih dahulu. Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengetahui cara memaksimalkan campaign marketing dengan research intelligence. Mengapa tools tersebut dapat membantu campaign Anda bisa sukses? Berikut penjelasannya.

Baca Juga: Apa Itu Research Intelligence Tools?

Apa itu Campaign dalam Bisnis?

Campaign marketing adalah kegiatan memasarkan produk atau jasa ke berbagai media. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang direncanakan untuk mencapai tujuan tertentu. Tidak hanya sekadar meningkatkan penjualan, campaign juga bisa dilakukan untuk tujuan yang berbeda. 

Misalnya, untuk meningkatkan brand awareness, membangun citra positif di tengah-tengah masyarakat, hingga memperbaiki reputasi bisnis. Intinya, campaign adalah mengadakan sesuatu atau kegiatan untuk memperkenalkan sebuah bisnis.

Tidak semua campaign berakhir dengan keberhasilan. Banyak campaign yang justru gagal dan berakhir dengan pandangan buruk dari masyarakat. Tentunya, hal ini merugikan Anda karena campaign menghabiskan banyak biaya, tenaga, dan waktu.

Maka dari itu, Anda bisa meminimalisir kegagalan dan meningkatkan peluang keberhasilan dengan menggunakan tools research intelligence. Sesuai namanya, tools tersebut membantu Anda mempersiapkan diri dengan lebih baik sebelum melakukan campaign. Anda akan mendapatkan data penting yang bermanfaat bagi campaign Anda nantinya.

Manfaat Research Intelligence untuk Campaign Marketing

Research Intelligence merupakan tools yang bermanfaat untuk mencari sekaligus menganalisis informasi secara efisien dari berbagai informasi. Dari data yang disajikan tools tersebut, Anda dapat mengetahui apa pun yang dibutuhkan untuk campaign Anda. 

Seperti diketahui, banyak sekali faktor penentu kesuksesan sebuah campaign. Contohnya, target market yang tepat sasaran, relevan dengan audience, tujuan yang jelas, hingga kreatif dalam pembuatan konten. Di sinilah Anda dapat merasakan manfaat dari research intelligence. Berikut penjelasannya. 

  • Menemukan Target Audience yang Tepat

Saat melakukan sebuah campaign, sudah seharusnya Anda mempromosikannya kepada target audience yang tepat. Bagaimana cara Anda mengetahui bahwa sudah tepat sasaran dalam campaign?

Research intelligence tools menyediakan jawabannya untuk Anda. Tools ini membantu melakukan evaluasi campaign tentang target audience Anda. Dari sini, Anda akan mendapatkan informasi yang berguna sehingga mengetahui kapan harus menguji kembali sebuah campaign.

  • Mengetahui Keinginan dan Kebutuhan Audience

Melalui research intelligence tools, Anda bisa mengetahui kebutuhan sekaligus keinginan audience dengan detail. Semua ini didasarkan pada pendapat langsung audience yang tersebar di internet.

Tentunya, audience akan menyambut baik campaign Anda yang bisa memberi solusi dari permasalahan mereka. Selain itu, Anda juga bisa menghindari sesuatu yang tidak disenangi audience. Hal ini meningkatkan pelaung keberhasilan campaign sekaligus mengurangi kemungkinan kegagalan.

  • Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Produk Anda

Terakkhir, research intelligence tools membantu Anda mengetahui setiap potensi bisnis Anda. Produk atau jasa seperti apa yang bisa dikembangkan atau ditawarkan kepada mereka.

Dengan tools ini, Anda bisa mengetahui pendapat audience tentang brand atau produk. Research intelligence tools mengumpulkan pendapat audience untuk Anda sehingga bisa dijadikan bahan pertimbangan untuk strategi campaign yang lebih baik.

Cara agar Campaign Sukses

Lalu, bagaimana cara agar campaign bisa sukses? Poin pentingnya adalah mengenal lebih jauh tentang seperti apa audience Anda. Selain itu, terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan sebagai berikut.

Membuat Tujuan Campaign yang Jelas

Pertama, buatlah tujuan campaign yang jelas. Dengan tujuan yang jelas, Anda bisa mengaplikasikannya pada konten-konten campaign yang akan dibuat nantinya. Contoh, tujuannya ingin meningkatkan brand awareness. 

Artinya, Anda tidak hanya sekadar langsung berfokus pada produk. Akan tetapi, bisa dieksplorasi dengan mengaitkan bisnis Anda terhadap sesuatu hal yang relevan bagi audience.

Mengenal Audience Anda Lebih Jauh

Pada dasarnya, campaign yang Anda lakukan ditujukan kepada audience. Namun, setiap audience itu unik. Artinya, semua memiliki perilaku atau karakteristik masing-masing. Anda tidak bisa menyasar semua audience sekaligus.

Oleh sebab itu, penting bagi Anda mengenal lebih dalam siapa audience yang cocok terhadap bisnis Anda. Di sini, Anda bisa menggunakan Kazee Research Intelligence Tools untuk mencari tahu segala hal tentang audience Anda.

Menyiapkan Konten yang Sesuai dengan Audience Anda

Inilah alasan mengapa pentingnya mengenal lebih jauh tentang audience Anda. Tujuannya agar bisa menyiapkan konten yang sesuai berdasarkan karakteristik mereka. Hal ini memudahkan Anda untuk membuat konten yang relate dan mudah dipahami sehingga audience bisa mencernanya dengan mudah.

Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan kreativitas dari setiap konten-konten campaign yang dibuat. Dari sini, audience dapat mempercayakan bisnis Anda untuk memenuhi setiap keinginan serta kebutuhan mereka.

Berkolaborasi

Terakhir, untuk meningkatkan jangkauan audience, Anda juga bisa melakukan kolaborasi dengan berbagai pihak. Sebelum melakukan kolaborasi, perlu diperhatikan juga tentang kesesuaian mereka terhadap campaign Anda.

Kesimpulannya, research intelligence tools bermanfaat untuk mengenal lebih jauh tentang audience Anda. Hal ini dapat membantu memaksimalkan campaign Anda yang berfokus terhadap audience. Apakah Anda ingin memulai membuat campaign yang sukses? Yuk, ambil langkah sukses Anda di sini

Share :

Related Articles