Cara Jitu Memantau Strategi Kompetitor dengan Media Monitoring

memantau-strategi-kompetitor
Photo created by freepik – www.freepik.com

Setiap brand pastinya memiliki pesaing atau kompetitor. Terlebih di era serba digital ini, setiap industri berlomba-lomba mendapatkan perhatian publik untuk meningkatkan prospek dan penjualan mereka. Oleh karenanya, monitoring competitor perlu dilakukan bagi setiap perusahaan agar dapat mengalahkan dalam persaingan di lini bisnis.

Mengingat persaingan bisnis yang semakin ketat, PR dalam sebuah perusahaan tidak hanya fokus dalam menggencarkan strategi program mereka saja, melainkan juga harus memonitoring strategi apa yang sedang dilakukan kompetitor. Sebagai seorang public relation, sudah seharusnya mengatasi masalah ini dengan berpikir kreatif dan inovatif untuk membuat brand perusahaan mendapatkan reputasi baik di masyarakat.

Lantas, apa pentingnya memantau strategi kompetitor dan bagaimana sebaiknya memonitor strategi program mereka? Simak penjelasannya dibawah ini.

Apa itu Monitoring Competitor?

Dilansir dari geekflare.com, monitoring competitor adalah strategi yang digunakan organisasi untuk mengidentifikasi pesaing potensial mereka, mempelajari tindakan mereka  (kampanye, pemasaran, konten, situs web), dan mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka.

Melalui monitoring kompetitor, akan membantu PR untuk mengetahui tren terkini, apa yang dilakukan audiens terhadap brand kompetitor serta beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan pasar.

Selain itu, juga membantu perusahaan atau organisasi lebih memahami audiens target mereka, hal-hal yang boleh atau tidak boleh dilakukan dan menentukan strategi yang efektif untuk mencapai goals mereka.

Mengapa Penting Untuk Memantau Strategi Kompetitor?

Monitoring kompetitor dilakukan bukanlah tanpa alasan. Ada beberapa poin penting mengapa PR perlu memantau strategi program kompetitor, sebagai berikut.

Mengetahui Tren Industri Terkini

Mempelajari apa yang dilakukan kompetitor dapat memberikan gambaran bagi Anda untuk mengetahui tren apa yang saat ini sedang booming di industri Anda. Up to date terhadap tren sangat penting di era digital ini, agar perusahaan bisa mengetahui apa yang audiens inginkan. Dengan mengetahuinya, memberikan kemudahan bagi Anda untuk menggunakan informasi tersebut dalam membentuk strategi berkampanye, produk dan layanan perusahaan.

Menentukan Kelemahan dan Kekuatan

Setiap brand pada dasarnya memiliki kelemahan dan kekuatan dalam strategi yang mereka jalankan. Tugas Anda sebagai PR adalah membandingkan brand perusahaan Anda dengan kompetitor guna mengoptimalkan strategi perusahaan.

Mulai dengan menganalisa kelebihan dan kekurangan campaign, produk, pelayanan hingga harga kompetitor dengan brand Anda. Hasil dari analisa tersebut dapat menjadi bahan acuan perusahaan untuk memperbaiki kekurangan sembari memperkuat rencana strategi Anda.

Menciptakan Produk Baru dengan Memahami Target Audiens

Monitoring kompetitor membantu Anda untuk melihat produk apa yang diluncurkan kompetitor dan bagaimana produk tersebut dapat memberikan dampak dan solusi bagi audiens. Respon berupa sikap dan perilaku audiens terhadap brand pesaing juga menjadi hal yang bisa dipelajari secara mendalam oleh PR.

Memantau keinginan audiens target market mereka juga akan memberikan insight dan peluang bagi perusahaan untuk menciptakan produk baru yang solutif dan inovatif, melebihi produk yang ditawarkan oleh kompetitor.

Menghindari Kegagalan Program

Kegagalan suatu program PR bukanlah hal yang tidak mungkin terjadi. Sebuah program bisa gagal jika tidak disertai perencanaan matang dan riset di dalamnya.

Untuk mengantisipasinya, PR dapat melakukan pemantauan pada kompetitor terkait program-program yang telah mereka jalankan sebelumnya dan menganalisis kekurangan dari program tersebut.

Hal ini dilakukan untuk meminimalisir program PR Anda melakukan kesalahan yang sama, sehingga memudahkan PR untuk membuat strategi program yang lebih efektif dan winning.

Cara Memantau Strategi Program PR Kompetitor

Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan PR untuk memonitoring strategi program kompetitor sebagai berikut.

1. Menganalisa Konten Kompetitor di Berbagai Media

Setiap brand tentunya memiliki beragam media sosial sebagai wadah untuk mengkomunikasikan produk mereka pada pelanggan. Cara termudah dan termurah untuk memonitor strategi mereka dapat dilakukan dengan mencari tahu dan menganalisa konten-konten apa saja yang mereka bagikan di media. Anda dapat memantaunya melalui berbagai media berikut.

Situs Website

Lakukanlah pemantauan secara berkala pada situs website kompetitor. Anda akan mendapatkan informasi mengenai berita, acara hingga peluncuran produk terbaru mereka. Selain itu, Anda juga bisa memperhatikan bagaimana pesaing Anda menyajikan informasi melalui tulisan dan mengukur seberapa ramah mereka dalam melayani pengguna situs mereka. Gunakanlah analisa data yang Anda dapatkan untuk membuat artikel web perusahan yang lebih baik.

Media Sosial

Selain situs website, media sosial kompetitor menjadi media yang tidak boleh terlewatkan untuk Anda pantau. Pasalnya, pesaing biasanya cenderung lebih aktif memberikan informasi terbaru terkait perusahan di media sosial.

Anda bisa memulai dengan menganalisa media sosial kompetitor menggunakan rumus 5W + 1H

What – Pesan/konten, produk, campaign apa yang mereka bagikan di media sosial?

When – Kapan mereka mendistibusikan konten/produk/campaign?

Where – Melalui kanal media apa saja mereka membagikannya?

Who – Siapa yang terlibat dalam program tersebut (public figure) ?

Why – Mengapa mereka membagikan konten/merancang program tersebut?

How – Bagaimana cara mereka mengkomunikasikannya pada audiens?

Dalam media sosial, audiens diberikan ruang untuk membagikan pengalaman dan keluhan mereka terkait produk kompetitor di kolom komentar.  Manfaatkan peluang tersebut untuk mendengarkan opini mereka tentang brand pesaning Anda.

2. Membeli Produk atau Menggunakan Jasa Kompetitor

Tidak ada salahnya jika Anda mencoba membeli produk atau menggunakan jasa kompetitor untuk membuat perbandingan produk mereka dengan produk Anda.

Misalnya, jika pesaing Anda adalah perusahaan yang memproduksi susu UHT, cobalah untuk membelinya dan menganalisa bagaimana cara kompetitor menyajikan produk.

Mulai dari harga, varian rasa hingga packaging produk dapat Anda analisa secara lebih mendalam.  Dengan begitu, Anda bisa mengetahui kelebihan & kekurangan produk kompetitor dan memperbaikinya pada produk Anda.

3. Menggunakan Alat Bantu (Tools)

Ada berbagai tools berbentuk perangkat lunak yang bisa digunakan PR untuk memantau strategi progam kompetitor. Sebagian ada yang gratis maupun berbayar. Salah satu tools yang bisa Anda gunakan adalah tools Media Monitoring.

Media monitoring adalah sebuah tools yang membantu Anda untuk mengetahui aktivitas dan pencapaian pesaing di media sosial serta reaksi atau respon target market.

Memasukkan Kata Kunci dari Campaign Kompetitor

memantau-strategi-kompetitor
Media Monitoring System Kazee

Langkah pertama, Anda dapat memasukkan keyword atau kata kunci  yang berkaitan dengan program campaign kompetitor ke dalam search box. Setelah itu, tools akan mencoba untuk mengumpulkan data yang berkaitan dengan topik pencarian dengan menelusuri media cetak dan online.

Penyajian Data Media Monitoring

Selanjutnya, secara otomatis tools ini akan memilah dan mempersiapkan berita yang telah dikumpulkan untuk diproses lebih lanjut. Berita yang telah dipilah, kemudian dianalisis untuk mendapatkan insight yang dibutuhkan oleh customer/pengguna seperti sentiment analysis, emotion analysis, trending analysis, top person, top hashtag & keyword dan lain-lain. Mari kita bahas secara lebih mendetail dibawah ini.

Mengetahui Pergerakan Data Campaign Kompetitor
memantau-strategi-kompetitor
Media Monitoring System Kazee

Melalui fitur overview dari Media Monitoring Kazee, Anda dapat melihat pergerakan data campaign kompetitor dari kata kunci yang telah ditelusuri. Selain itu, juga dapat mengukur viralitas suatu campaign dengan menampilkan jumlah sebaran data baik dari media sosial maupun media massa online terkait brand. Semakin banyak audiens menyebutkan brand kompetitor, maka kita bisa mengetahui respon mereka.

Analisa Sentimen Publik
Media Monitoring System Kazee

Tidak perlu menghabiskan waktu Anda untuk membaca satu per satu respon audiens terhadap brand kompetitor di media, karena melalui tools media monitoring Anda dapat mengetahui sentimen publik terhadap brand kompetitor. Fitur analisis sentimen digunakan untuk mengetahui apakah campaign yang dijalankan kompetitor mendapatkan respon positif, netral atau negatif dari publik. Dengan mengetahuinya, Anda dapat mencari celah dari kekurangan suatu campaign sebagai bahan perbaikan dari campaign yang Anda luncurkan.

Top Redaksi

Media Monitoring System Kazee

Saat peluncuran campaign, seringkali banyak media yang meliput aksi campaign suatu brand melalui media online. Anda bisa memanfaatkan fitur top redaksi untuk mengetahui media mana yang memberitakan campaign dari brand pesaing dan mengetahui perbandingan jumlah pemberitaan bernada positif, negatif maupun netral dari suatu portal berita.

Top Influencer

Media Monitoring System Kazee

Dalam dunia bisnis, influencer memiliki pengaruh yang kuat dalam membawa perhatian publik pada suatu brand. Dalam tools media monitoring ini, Anda bisa mengetahui siapa saja influencer yang memperbincangkan campaign brand kompetitor.

Top Keyword & Hashtag

Media Monitoring System Kazee

Umumnya, suatu brand akan menggunakan hashtag untuk menggencarkan campaign mereka. Melalui fitur top keyword & hashtag, Anda dapat mengetahui  tagar atau hashtag yang paling banyak digunakan oleh audiens serta kata kunci (keyword) yang paling banyak dipilih dalam pemberitaan.

Kesimpulan

Memantau strategi kompetitor membantu untuk meningkatkan strategi pemasaran, membentuk produk dan layanan Anda, dan menarik lebih banyak pelanggan. Untuk menghemat waktu dan tenaga, Anda dapat menggunakan tools Media Monitoring untuk mengetahui segala aktivitas dan pencapaian pesaing brand perusahaan.

Referensi

https://geekflare.com/strategies-to-monitor-your-competition/

https://www.convinceandconvert.com/digital-marketing/monitoring-competitors/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *