Instagram @cakra.khan

Walaupun sempat dikomparasikan dengan Putri Ariani yang meraih Golden Buzzer dalam ajang America’s Got Talent (AGT), Cakra Khan tetap tegar. Dia berhasil membuktikan kualitasnya sebagai penyanyi, seolah-olah menepis cemoohan dari para haters. Dilansir dari Tribun News, penampilan Cakra Khan sukses mempesona Simon Cowell dan timnya.

Dia melantunkan lagu No Women No Cry karya Bob Marley, dan berhasil mendapatkan banyak pujian dari para juri. Penyanyi asal Jawa Barat tersebut bahkan mendapatkan standing ovation dari juri. Simon Cowell, yang sebelumnya memberikan Putri Ariani Golden Buzzer, juga tak ragu untuk memuji suara unik yang dimiliki oleh Cakra Khan.

Baca Juga Bagaimana Media Monitoring Pantau Tokoh dengan Sentimen Negatif?

“Saya jatuh cinta dengan suaramu,” kata Simon Cowell [1].

Tak hanya itu, terdapat pujian yang berasal dari Heidi Klum. Dirinya menilai bahwa Cakra Khan mempunyai suara yang unik.“Kamu sangat unik seksi, begitu juga suaramu,” kata Heidi Klum. Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil juga turut mengomentari Cakra Khan yang mengunggah video dirinya saat menyanyi dalam ajang AGT. “Kebanggan Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil.

Diketahui bahwa penyanyi Cakra Khan mengambil bagian dalam kompetisi pencarian bakat dunia, America’s Got Talent 2023 yang diadakan di Amerika Serikat. Putri Ariani, juga dari Indonesia, turut serta dalam kontes yang sama. Hal ini mengundang berbagai respon dari netizen, banyak di antara mereka membandingkan pencapaian Cakra dan Putri Ariani.

Alasannya, Putri Ariani sukses meraih Golden Buzzer. Di sisi lain, Cakra dianggap oleh beberapa orang terlalu mempromosikan partisipasinya di ajang tersebut, sementara Putri Ariani, yang tidak banyak mempublikasikan partisipasinya, justru mencapai prestasi yang menakjubkan.

Namun, Cakra Khan juga mendapatkan kesempatan khusus untuk tampil di America’s Got Talent (AGT). Hal ini dia ungkapkan melalui siaran langsung di Instagram pribadinya. Cakra Khan menjelaskan bahwa ada jutaan peserta yang berkompetisi di AGT, bahkan pemenang Got Talent dari masing-masing negara kembali berpartisipasi di America’s Got Talent.

” Yang ikut AGT itu berjuta-juta, dan ada juga yang dari pemenang got talent, yang sudah menang nih di negaranya, main lagi di got talent Amerika, gitu,” kata Cakra Khan.

Baca Juga Big Data: Cara Pengambilan Keputusan yang Akurat

Pelantun tembang Kekasih Bayangan itu kemudian menjelaskan jika keikut sertaannya di ajang kompetisi bakat tersebut, karena undangan langsung dari pihak AGT. Menurut Cakra Khan, pihak AGT menyaksikan videonya saat bernyanyi.

“Cuma kalau kasusnya saya, mereka lihat video saya terus mengundang saya untuk ikut bekomptisi gitu.

“Jadi kalian kalau masih penasarangimana ceritanya, ya itu lah seperti itu,” tegas musisi asal Pangandaran Jawa Barat.

Penjelasan Cakra soal keikut sertaannya di AGT seolah menepis gunjingan warganet yang terus membandingkan prestasinya dengan Putri Ariani di ajang tersebut.

Analisis Sentimen Big Data

Saat Cakra menyanyikan lagu Make it Rain karya Ed Sheeran, salah satu juri America’s Got Talent, Simon Cowell menginterupsi penyanyi asal Pangandaran, Jawa Barat tersebut. Lalu Simon menanyakan referensi lagu lainnya.

“Aku rasa kamu memiliki suara yang bagus. Aku tidak suka lagunya. Apa kamu punya lagu lainnya?” tanya Simon [2]. Interupsi Simon tersebut terbaca sebagai sentimen negatif. Meskin demikian, sebanyak 81,7 persen merupakan sentimen positif.

Analisis Jejaring

Dalam analisis jejaring di media sosial Twitter, pola yang terbentuk dan mendominasi adalah sentimen positif. Hal ini disebabkan oleh apresiasi dari warganet terhadap Cakra Khan yang berhasil tampil memukau di America’s Got Talent dan mampu lolos ke tahap selanjutnya.

Pergerakan Data

Pergerakan data mengenai Cakra Khan yang tampil dalam AGT, meningkat tajam pada 19 Juli 2023 pukul 14.00. Hal tersebut disebabkan oleh beredarnya secara luas perihal musisi asal Pangandaran, Jawa Barat yang berhasil tampil di America’s Got Talent dengan standing ovation oleh keempat juri yang menilai.

Instagram @cakra.khan

Analisis media sosial dan pemberitaan di atas merupakan berasal dari big data yang dihasilkan melalui media sosial dan media news. Aspeknya tak terbatas, bisa untuk melakukan analisis mengenai pantauan isu yang sedang trending, tokoh artis yang ingin dipantauan, melihat citra perusahaan atau lembaga pemerintahan. Berminat untuk mencoba produk analisis big data?