Serem! Cacar Monyet Ditetapkan WHO Darurat Kesehatan Global

Bayu Septian

26 July 2022 08:19

Mascot design vector created by catalyststuff - www.freepik.com

Bad News Gaiss!, akhir-akhir ini kita dihebohkan dengan penyebaran penyakit monkeypox atau yang lebih dikenal sebagai cacar monyet.

Kazee Media Monitoring

WHO melaporkan, penyakit ini sudah menyebar ke berbagai negara dibelahan dunia, dan penyakit ini semakin mengkhawatirkan.

WHO Ngumumin Cacar Monyet Sebagai Darurat Global!

Nah puncak eksposnya itu pada tanggal 24 Juli 2022 atau Sabtu kemarin, saat World Health Organizaions (WHO) dengan mengumumkan wabah ini sebagai darurat kesehatan Public Health Emergency of Internasional Concern (PHEIC).

Pak Bos WHO Tedros Adhanom bilang, wabah ini tuh udah tersebar di lebih dari 70 negara. Terus, penetapan status darurat ini tuh merupakan tingkat kewaspadaan tertinggi WHO gaiss…

Penyakit Kaya Gimana Sih Cacar Monyet tuh??

Oke oke kita jelaskan disini, seperti namanya monkeypox alias cacar monyet adalah penyakit infeksi virus yang disebabkan oleh virus langka dari hewan atau virus zoonosis.

Jadi monyet ini tuh merupakan inang utama dari virus monkeypox. Makanya penyakit ini disebut cacar monyet.

Apakah Cacar Monyet Penyakit baru?

No! kasus ini pertama kali ditemukan pada tahun 1970 di Kongo, Afrika Selatan.

Dan yang bikin serem, penyakit ini tuh dapat menular dari hewan ke manusia, dan manusia ke manusia, teruus media penularannya pun bermacam macam.

Bahkan, CDC AS bilang bahwa monkeypox dapat menular lewat benda mati kek handuk atau baju yang telah terkontaminasi virus tersebut!

Gejala Cacar Monyet

Nah, gejala ini tu macem-macem gaiiss, dan bahkan ada beberapa orang yang tidak merasakan gejalanya sama sekali, tapi… pada umumnya gejala monkeypox dengan cacar biasa kaya pusing, sakit punggung, lemes, nyeri otot, dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Pembengkakan pada kelenjar getah bening inilah yang jadi perbedaan antara monkeypox dengan jenis cacar lainnya.

Terus-terus gimana cara nyembuhinnya?

Jujur gais, dari beberapa informasi, sampai saat ini belum ada obat cacar monyet secara khusus, namun biasanya gejala ini sembuh sendiri tanpa pengobatan dalam waktu 2-4 minggu.

Tapiii, dalam beberapa kasus yang penderitanya dede bayi, anak-anak, penderita penyakit kronis, dan orang yang belum pernah di vaksin cacar berisiko mengalami komplikasi parah terkena penyakit ini.

Jadi untuk sementara, biasanya penderita disarankan dokter untuk minum air putih yang buanyak serta minum obat antibiotik dan obat penurun demam.

Kalo Indonesia gimana?

Good News nya… meski kasus ini sudah terdeteksi di negara tetangga seperti Singapura dan Thailand, alhamdulillahnya di Indonesia hingga saat ini belum ada penemuan kasus infeksi monkeypox.

Tapii meski begitu gak bisa cuek cuek bebek dong kita, takutnya kaya yang udah-udah yakan?

Yapss, melihat kasus ini darurat, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan dr. Maxi Rondonuwu bilang bahwa Kementerian Kesehatan udah ngelakuin upaya-upaya untuk antisipasi virus ini masuk ke Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan yaitu melakukan deteksi dini PPLN dari negara yang sudah ada kasus cacar monyetnya.

Berarti MonkeyPox akan Menjadi Pandemi seperti Covid-19 dong?

Hmmm semoga aja engga deh ya gaisss kaya apa yang diperkirakan sama epidemiolog dari Universitas Airlangga Pak Windhu Purnomo, beliau mempekirakan cacar monyet tidak akan menjadi pandemi karena vaksin untuk penyakit cacar monyet ini sudah ada sejak lama.

Jadi beda sama covid-19 yang saat itu belum ada vaksinnya karena termasuk kategori penyakit baru dan menular.          

Share :

Related Articles