Peran Big Data Dalam Bidang Pendidikan

Bayu Septian

23 May 2022 13:49

Picture created by www.freepik.com

Teknologi dan dunia pendidikan di era sekarang ini menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Terlebih lagi dengan adanya bantuan teknologi big data yang dianggap sebagai peluang baru dalam rangka menyesuaikan pendidikan dengan kebutuhan dan proses belajar siswa.

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel berjudul Apa Itu Big Data, bahwa big data adalah sekumpulan data bervolume besar (volume), memiliki kecepatan (velocity) dan keragaman yang tinggi (variety) dan terus bertambah dari waktu ke waktu. Big data telah diimplementasikan dalam banyak bidang, salah satunya yakni bidang pendidikan.  

Lantas, apa saja manfaat big data dan bagaimana implementasi big data dalam dunia pendidikan? Simak penjelasannya dibawah ini.

Manfaat Big Data Dalam Pendidikan

Big data memiliki peranan yang cukup besar bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Kehadiran big data membantu proses pembelajaran banyak pihak yang terlibat di dalam lingkup pendidikan yaitu para pendidik dan siswa. Berikut merupakan manfaat penggunaan big data bagi pendidik dan siswa.

Manfaat Big Data Bagi Pendidik

Dilansir dari ejournal.perpusnas, manfaat utama dari penggunaan big data dalam pendidikan adalah untuk membantu para pendidik merumuskan strategi pengajaran, menganalisis informasi yang dikumpulkan dari para peserta, mengeksplorasi dan meningkatkan efisiensi sistem pengajaran dan pembelajaran, serta menganalisis hasil belajar peserta dan strategi pengajaran.

Melalui teknologi big data analytics, para pendidik dapat melakukan monitoring  terhadap progress belajar siswa. Hal ini tentu memudahkan mereka untuk menilai siswa secara akurat. Big data yang telah diolah oleh pendidik dapat memberikan hasil belajar siswa serta mampu menunjukkan bidang minat siswa, terutama bagi siswa yang duduk di kelas menengah yang akan membantu dalam menentukan karir mereka kedepannya.

Algoritma big data mampu membaca bagian mana pada sebuah materi atau pelajaran yang sulit dipahami, tidak jelas hingga yang mudah dipahami. Data-data tersebut dapat disajikan secara real time sehingga dapat dimonitor saat pelajaran berlangsung.

Data yang dihasilkan dari big data disajikan dalam bentuk laporan aktivitas belajar harian siswa, pencapaian kelas hingga kegiatan kelas. Laporan tersebut juga menampilkan pada bagian mana siswa kurang menguasai pembelajaran, sehingga mempermudah pendidik dalam menemukan solusi terbaik dengan mengarahkan siswa.

Manfaat Big Data Bagi Siswa

Penggunaan teknologi big data dalam pendidikan dikatakan mampu untuk menciptakan generasi baru yang dapat mengakses pembelajaran secara efektif dan efisien. Melalui analisis big data, kebutuhan belajar siswa akan lebih mudah dipahami oleh pendidik dan memudahkan mereka dalam mengembangkan strategi pembelajaran.

Dengan adanya big data, memungkinkan siswa untuk mengimplementasikan proses pembelajaran secara personal. Artinya siswa dapat belajar secara mandiri dengan cara mereka sendiri, untuk memastikan mereka memahami materi yang diberikan.

Contohnya sejak pandemi melanda Indonesia, seluruh sekolah mulai dari jenjang sekolah dasar hingga perguruan tinggi dianjurkan untuk melakukan pembelajaran dengan metode online. Berkat big data, pendidik memiliki gambaran terkait bagaimana aktivitas belajar siswa selama di rumah, materi mana yang sekiranya belum dipahami siswa dan menentukan metode belajar yang efektif.

Metode pembelajaran personal juga memungkinkan siswa untuk memilih jalur pendidikan sesuai minat mereka. Siswa akan lebih merasa diberdayakan karena selain mendapatkan pengalaman akademis, mereka juga bisa mendalami bidang yang mereka ingin tekuni untuk menciptakan peluang untuk kesuksesan karir masa depan.

Contoh Pemanfaatan Big Data dalam Pendidikan

1. E-learning

Bentuk pemanfaatan big data dalam pendidikan adalah penerapan e-learning di setiap sekolah. E-learning adalah pembelajaran formal maupun non formal yang dilakukan dengan memanfaatkan teknologi, sehingga pelajar dan pengajar melakukan proses belajar mengajar menggunakan media elektronik. Biasanya situs ini dapat diakses kapanpun dan dimanapun oleh penggunanya.

Dalam situs e-learning, biasanya pendidik memfasilitasi belajar siswa dengan memberikan materi, tugas hingga kuis yang bisa diakses oleh para siswa. Umumnya, materi dan tugas yang diberikan pendidik harus dipelajari dan dikerjakan oleh para siswa sebelum deadline yang telah ditentukan.

Situs web e-learning memanfaatkan teknologi big data untuk membantu pendidik dalam melakukan perekaman prestasi hasil belajar peserta didik yang telah melalui proses pemrograman. Selain itu, juga bisa mengidentifikasi materi dan tugas mana yang sekiranya belum dipahami oleh siswa. Dengan begitu, akan memudahkan pendidik dalam melakukan evaluasi dan merancang strategi pembelajaran selanjutnya.

2. DAPODIK

DAPODIK atau Data Pokok Pendidikan merupakan sebuah sistem pendataan dalam skala nasional yang sudah tersistematis. Selain itu, DAPODIK juga merupakan sumber data pada sistem pendidikan nasional saat ini, yang merupakan bagian dari program perancangan perancangan nasional dalam membentuk manusia Indonesia yang cerdas dan dapat bersaing secara nasioanl maupun internasional. Sehingga, bentuk dari adanya big data ini dapat menjadi sebuah jembatan bagi beberapa aspek sehingga dapat terhubung satu sama lain.

Kesimpulan

Penggunaan teknologi big data analytics telah dimanfaatkan di berbagai bidang, salah satunya bidang pendidikan. Implementasi big data dalam pendidikan membantu pendidik bahkan siswa dalam proses belajar mengajar. Big data membantu pendidik dalam melakukan perekaman prestasi hasil belajar peserta didik yang telah melalui proses pemrograman dan menyajikan rekap informasi perkembangan prestasi hasil belajar peserta didik. Pendidikan yang semakin terfasilitasi teknologi terbukt memberikan kemudahan bagi setiap pihak yang terlibat di dalamnya.

Referensi

https://www.universitas123.com/news/ketahui-implementasi-big-data-dalam-pendidikan

https://ejournal.perpusnas.go.id/md/article/viewFile/710/702#:~:text=Tujuan%20utama%20menggunakan%20big%20data,belajar%20peserta%20dan%20strategi%20pengajaran

https://suitmedia.com/ideas/peran-big-data-di-dunia-pendidikan

Share :

Related Articles