Atensi Tertuju Pada Gelaran Paris Fashion Week 2022

Bayu Septian

07 March 2022 14:34

Sumber: Jakartapost

Atensi warganet pada linimasa media sosial twitter saat ini tengah tertuju pada gelaran Paris Fashion Week 2022. Adapun sebanyak 10 brand asal Indonesia akan ditampilkan di Paris Fashion Week 2022. Ini merupakan hasil dari salah satu kegiatan yang dilakukan oleh Gerakan Ekonomi Kreatif Nasional (GEKRAFS).

Mengutip dalam rilis Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini yang diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi dengan semakin terbukanya lapangan kerja.

Selain itu, Ketua Umum GEKRAFS, Kawendra Lukistian mengatakan GEKRAFS ingin selalu melakukan langkah nyata yang langsung bisa dirasakan manfaatnya oleh pelaku ekonomi kreatif.

Dalam rilisnya turut disebutkan bahwa tidak hanya fesyen show, kegiatan GEKRAFS di Paris juga akan menghadirkan Temporary Store di kawasan 51 rue Turenne Paris dari 6-16 Maret 2022. Hal ini menjadi usaha untuk membuka gerbang retail ataupun BtoB untuk brand yang terlibat.

Adapun brand asal Indonesia akan ditampilkan di Paris Fashion Week 2022 adalah:

  1. SCARLETT x IKYK
  2. Greenlight x Ican Harem
  3. 3 second x Danjyo Hiyoji
  4. La sabelle x Em En Hair Design
  5. Brand no brand
  6. Yanti Adeni x Ayam Geprek Bensu
  7. Shademulsk
  8. Shade Signature
  9. Deskranasda Banjar Baru
  10. Chayra by Tika Ramlan

Brand tersebut akan menunjukkan Indonesia dari ragam perspektif seperti dari kesenian, budaya, sosial, aritektur, dan makanan.

Pada Blog Kazee sebelumnya tersedia artikel mengenai Tren Industri Fesyen Indonesia.

Dalam artikel ini pembahasan akan memonitoring bagaimana Paris Fashion Week dibincangkan dalam media sosial twitter dalam 7 hari terakhir (01 - 07 Maret 2022). Isu apa saja yang disorot? Mari kita simak grafik data dibawah ini;

Kazee Media Monitoring

Adapun volume perbincangan pada linimasa twitter terangkum sebanyak 710 data dengan sebaran isu sebagai berikut:

Kazee Media Monitoring

GEKRAFS Paris Fashion Show bukan officially Paris Fashion Week

Tengah hangat menjadi perbincangan di twitter menyoal GEKRAFS Paris Fashion Show bukan officially Paris Fashion Week. Bermula pada postingan Wanda Hamidah yang meluruskan misleading terkait Paris Fashion Week. Meski demikian, tetap terekam narasi dukungan karya Indonesia terus berkembang.

3Second dan Greenlight berhasil memamerkan koleksinya di panggung Paris Fashion week 2022

Isu ini tertuju pada Gubernur Jawa Barat M Ridwan Kamil mengaku bangga dengan dua merek produk asal Jawa Barat yakni 3Second dan Greenlight berhasil mengukirkan sejarah dengan memamerkan koleksinya di panggung Paris Fashion Week 2022.

Brand Indonesia Sepanggung dengan Hermès di Paris Fashion Week 2022

Tampil di Paris Fashion Week (PFW) 2022, MS Glow sebagai brand produk kecantikan asal Indonesia menjadi brand yang terpilih untuk berkolaborasi dengan Leanne Marshall, desainer internasional dari Amerika Serikat. Kolaborasi MS Glow dan Leanne Marshall satu panggung dengan brand fashion ternama dunia seperti Christian Dior, Saint Laurent, Balmain, Hermès dan masih banyak lagi.

8 Brand Lokal yang Turut Ikut Dalam Paris Fashion Week 2022

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif mendukung gelaran " Gekrafs Paris Fashion Show at Paris Fashion Week 2022" yang akan berlangsung pada Maret 2022. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan ini yang diharapkan menjadi momentum kebangkitan ekonomi dengan semakin terbukanya lapangan kerja.

Selebritas Indonesia Perkenalkan Batik di Paris Fashion Week

Pada gelaran Paris Fashion Week 2022, para selebritas Indonesia memperkenalkan Batik. Selebritas datang dan menonton fashion show dengan kompak memakai Batik khas Indonesia dari kemeja sampai gaun yang dimodifikasi.

Kesimpulan

Meskipun terdapat isu viral yakni kontroversi menyoal GEKRAFS Paris Fashion Show bukan officially Paris Fashion Week tidak mengurangi kebanggaan brand Indonesia dapat berlaga pada ajang Paris Fashion Week 2022. Tetap terekam harapan dan dukungan warganet agar karya Indonesia terus berkembang.

Referensi:

https://www.kemenparekraf.go.id/berita/Siaran-Pers%3A-Kemenparekraf-Dukung-10-Brand-Indonesia-Tampil-di-Paris-Fashion-Week-2022

Share :

Related Articles