Atensi Media Tertuju Pada Pelaksanaan Vaksinasi Booster

Bayu Septian

17 January 2022 07:44

Sumber: https://pixabay.com/photos/vaccine-covid-19-vials-vaccination-5895477/

Berdasarkan rilis dari Kementerian Kesehatan, Vaksin Booster telah dimulai sejak tanggal 12 Januari 2022 sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo. Adapun pada akhirnya program vaksin booster ini dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia.

Adapun sasaran vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas Lansia dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Bagaimana media mengabarkan informasi mengenai Vaksin Booster ini? Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang big data mencoba memetakan dan memfokuskan isu terkait ini.

Untuk Informasi, periode monitoring media terkait topik Vaksin Booster ini diambil  pada bulan Januari 2022 dimana Vaksin Booster sempat berpolemik antara gratis dan berbayar. Dinamika pergeseran  narasi media akan dianalisa dalam artikel ini dengan bantuan media monitoring Kazee.

Pergerakan Data

Kazee Media Monitoring

Secara kumulatif sejak 01 hingga 17 Januari 2022 pemberitaan vaksin booster terdapat sebanyak 13.687 artikel pemberitaan.

Dalam grafik pergerakan ekspos diatas, terlihat bahwa pemberitaan mengenai vaksin booster fluktuatif. Beberapa titik yang Kazee tandai dibawah ini merupakan titik-titik penting dimana isu-isu baru mengenai Vaksin Booster ini keluar di media:

04 Januari 2022 sebanyak 885 artikel, sebaran isu diantaranya:

  1. Polrestabes Surabaya amankan pelaku jual beli vaksin booster.
  2. Ketua DPR Puan Maharani mendukung program Vaksin Booster Covid-19 yang dalam waktu dekat bakal dilaksanakan Pemerintah. Puan pun berharap agar Vaksin Booster bisa diberikan secara gratis untuk masyarakat.

10 Januari 2022 sebanyak 992 artikel, sebaran isu diantaranya:

  1. Vaksin Zifivax telah mendapat izin penggunaan darurat (Emergency Use Authorization/EUA) untuk suntikan dosis ketiga alias Booster dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) RI.
  2. Pelaksanaan Vaksinasi Booster direncanakan akan dimulai pada 12 Januari 2022.

12 Januari 2022 sebanyak 2.325 artikel, sebaran isu diantaranya:

  1. Pemerintah secara resmi telah memulai Vaksinasi Booster secara gratis untuk masyarakat Indonesia.

Komposisi Isu Pemberitaan

Adapun isu lain yang terekam dipotret oleh media, diantaranya;

Kazee Media Monitoring

Pemerintah secara resmi telah memulai Vaksinasi Booster secara gratis untuk masyarakat Indonesia

Dominasi isu pemberitaan tertuju replikasi informasi bahwa program vaksin booster dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia. Adapun turut diinformasikan pula bahwa sasaran vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas dengan prioritas Lansia dan penderita imunokompromais dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis.

Cara Cek Tiket dan Jadwal Vaksinasi Booster Gratis di Aplikasi PeduliLindungi

Sorotan media selanjutnya tertuju pada daftar persyaratan pemberian vaksin booster, cara cek tiket vaksin booster di Aplikasi PeduliLindungi dan jadwal vaksinasi tiap-tiap wilayah. Vaksin dosis ketiga bisa diberikan kepada masyarakat yang sudah mempunyai e-Tiket yang terdapat pada Aplikasi Pedulindungi.

Polrestabes Surabaya amankan pelaku jual beli vaksin booster

Isu mengenai vaksin booster tidak hanya berbicara mengenai sorotan yang positif. Kali ini pada isu terbesar ketiga, isu negatif disoroti yakni Polrestabes Surabaya amankan pelaku jual beli vaksin booster. Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengungkapkan, penyidik sudah memeriksa beberapa saksi yang berkaitan dengan dugaan praktik jual beli vaksin booster.

Prioritas Vaksin Booster untuk Lansia

Meskipun vaksinasi booster ditujukan bagi masyarakat berusia 18 tahun ke atas, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI mengatakan untuk saat ini Vaksin Booster diprioritaskan untuk Kelompok Prioritas Lansia dan orang dengan gangguan imun. Hanya saja secara umum siapapun yang sudah mendapat tiket dari PeduliLindungi berarti sudah bisa mendapat Vaksin Booster.

Dorongan agar Vaksin Booster bisa diberikan secara gratis untuk masyarakat

Sebelum pemerintah resmi mengumumkan informasi bahwa program vaksin booster dilakukan secara gratis untuk masyarakat Indonesia. Guliran isu pemberitaan diisi oleh dorongan agar vaksin booster diberikan secara gratis. Pada isu ini, figure yang aktif mendorong vaksin booster gratis adalah Ketua DPR RI Dr. (H.C.) Puan Maharani.

Pemerintah beli 6 juta dosis vaksin Sinovac pastikan stok aman

Isu terakhir tertuju pada Indonesia kedatangan 6 juta dosis Vaksin Sinovac pada tahap ke-196. Vaksin ini berasal dari pembelian langsung yang dilakukan oleh pemerintah. Seluruh Vaksin yang datang akan segera didistribusikan ke sejumlah wilayah yang memerlukan dalam rangka program Vaksinasi nasional. Termasuk untuk memenuhi kebutuhan Vaksinasi anak 6-11 tahun dan Vaksin Booster. Dengan datangnya Vaksin yang lancar, pemerintah pastikan ketersediaan Vaksin aman.

Kazee Media Monitoring

Top 10 media diatas merupakan media yang sering menulis terkait dengan Vaksin Booster 2022. Dilhat dari komposisinya, top 10 media teratas yang memberitakan diisi oleh media-media nasional.

Referensi:

https://covid19.go.id/artikel/2022/01/11/tok-vaksin-booster-gratis-untuk-seluruh-masyarakat-indonesia

Share :

Related Articles