Apa itu Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Cahaya Muslim

22 January 2024 04:11

Digital marketing menjadi pilihan efektif dalam melakukan pemasaran di era sekarang ini. Alasannya karena semua sudah serba digital. Kebanyakan target pasar atau konsumen lebih banyak berinteraksi di dunia digital. 

Termasuk, dalam membeli sebuah produk atau memesan jasa. Oleh sebab itu, sebagai pemilik bisnis, penting bagi Anda untuk hadir secara aktif di dunia digital. Berikut penjelasan lengkapnya.

Apa itu Digital Marketing?

Digital marketing adalah kegiatan pemasaran yang dilakukan di berbagai platform digital. Seperti diketahui, terdapat berbagai macam jenis platform yang ada. Tidak hanya sekadar media sosial, tetapi ada juga website, email, dan sebagainya.

Mereka yang bekerja di industri ini harus memahami penggunaan kebanyakan platform tersebut agar hasilnya optimal. Tujuan utamanya adalah bagaimana digital marketing bisa menjangkau banyak orang yang menggunakan internet sehingga brand menjadi lebih dikenal.

Digital marketing juga penting untuk mendukung bisnis konvensional. Misalnya, melakukan optimasi agar lokasi toko Anda mudah ditemukan di internet. Selain itu, harapannya juga bisa direkomendasikan di internet sebagai tempat yang bagus untuk dikunjungi.

Contoh, pengguna internet ingin mencari “toko kue di Bandung”. Strategi digital marketing yang tepat akan membantu bisnis Anda mudah ditemukan di internet sehingga calon customer bisa mengetahui tentang bisnis Anda.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Apa saja jenis-jenis digital marketing yang bisa Anda maksimalkan? Dilansir dari Southern New Hampshire University, dijelaskan bahwa setidaknya terdapat 8 jenis digital marketing.

  • Search Engine Optimization (SEO)
  • Content Marketing: Berkaitan dengan strategi membuat konten menarik, relevan, dan bermanfaat yang diupload di internet.
  • Social Media Marketing
  • Email Marketing
  • Pay Per Click: Strategi pengiklan membayar setiap kali iklan diklik oleh pengunjung website.
  • Affiliate Marketing: Strategi marketing dengan kerja sama atau menggunakan jasa orang lain. Jadi, pembayaran baru dilakukan apabila sudah ada produk atau jasa yang terjual.
  • Mobile Marketing: Penggunaan perangkat seluler, seperti telepon, SMS, Whatsapp untuk kegiatan marketing.
  • Marketing Analytics: Menganalisis data marketing seperti melihat tren terkini di internet.

Dari beberapa jenis digital marketing, terdapat beberapa jenis yang populer. Namun, sebagai seorang digital marketer, Anda perlu memahami semua jenis di atas agar bisa maksimal hasilnya. Sebab, beberapa hal saling berhubungan satu sama lain. Berikut penjelasan lengkap dari tiga jenis digital marketing.

Search Engine Optimization

Search Engine Optimization (SEO) adalah langkah untuk mengoptimasi website agar mudah ditemukan di mesin pencarian. Contohnya, calon customer ingin mencari mengenai “jasa digital marketing” di Google. Apabila SEO diterapkan dengan baik, website Anda akan muncul di pencarian teratas.

Artinya, peluang calon customer untuk melihat bisnis Anda melalui website menjadi lebih besar. Di website tersebut, Anda bisa membuat konten atau tampilan serta fitur yang memudahkan customer untuk mengenal produk Anda hingga dapat melakukan transaksi. 

Social Media Marketing

Sesuai namanya, social media marketing berfokus pada kegiatan pemasaran yang dilakukan di media sosial. Seperti diketahui, jumlah pengguna media sosial di Indonesia mencapai angka lebih dari 75 persen dari total populasi Indonesia.

Tidak heran, platform media sosial menjadi tempat yang cocok untuk mempromosikan bisnis Anda. Di sini, Anda bisa menjangkau banyak orang yang sesuai target pasar Anda. Namun, tentu saja berbeda dengan website, di media sosial, penting bagi Anda memikirkan konten secara visual dan audio yang bisa menarik perhatian calon customer.

Email Marketing

Terakhir, ada email marketing. Strategi ini membutuhkan dukungan dari strategi-strategi lainnya. Maksudnya, email marketing baru Anda bisa lakukan setelah mengumpulkan data mengenai email-email calon customer.

Di sinilah setiap bisnis berbeda-beda dalam melakukan strategi pengumpulan ini. Ada yang memberi sebuah survei untuk diisi, memberi produk gratis, tetapi harus mengisi formulir terlebih dahulu, dan sebagainya. 

Setelah mendapat email dari para calon customer, Anda pun mulai bisa menjalankan strategi email marketing. Anda bisa menulis email marketing untuk berbagai macam tujuan. Ada yang menginfokan tentang promo produknya, mengarahkan ke website, dan banyak lagi.

Manfaat Digital Marketing

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa manfaat utama dari digital marketing adalah untuk menjangkau target pasar yang sebagian besar berada di internet. Kini, hampir semua orang mulai mencari informasi apa pun itu di internet. 

Tidak hanya itu, manfaat lain dari digital marketing adalah menghemat biaya promosi produk. Sebab, Anda bisa menggunakan website serta media sosial secara gratis. Selain itu, biaya memasang iklan serta membayar layanan website juga tergolong terjangkau dibandingkan pemasaran secara offline.

Digital marketing juga bisa lebih menghemat waktu Anda karena bisa dilakukan kapan pun dan di mana pun. Harapannya, Anda bisa memiliki waktu yang lebih banyak untuk melakukan pengembangan bisnis atau memikirkan strategi bisnis yang lebih baik.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai digital marketing dan manfaatnya untuk bisnis. Kesimpulannya, digital marketing sudah seharusnya dilakukan di era digital sekarang ini. Saat orang-orang membuka internet, pastikan bisnis Anda terjangkau atau terlihat oleh mereka. 

Caranya adalah dengan membuat konten pemasaran yang menarik perhatian calon customer. Dari sini, brand Anda pun akan dijadikan pertimbangan mereka dalam membeli produk atau memakai sebuah jasa.

Share :

Related Articles