9 Rekomendasi Media Monitoring Terbaik di Indonesia

Bayu Septian

15 February 2023 04:47

Manusia telah terbiasa dengan proses pengambilan keputusan yang bergantung pada asumsi, premis, dan konteks, dan ini semua dipandu oleh tujuan yang terkait dengan keputusan tersebut. Kini, di era digital ini, semakin banyak alat yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan masalah mereka. Perkembangan era digital terus berjalan dengan cepat dan tidak bisa dihentikan oleh manusia.

Media sosial menjadi medan baru bagi percakapan dan interaksi publik. Namun, bagaimana cara kita memahami dan mengukur semua aktivitas tersebut? Jawabannya terletak pada konsep yang disebut media monitoring.

Media monitoring adalah proses pelacakan media untuk mengidentifikasi dan menganalisis konten relevan dengan topik tertentu. Biasanya digunakan oleh perusahaan untuk memahami representasi mereka di media, memantau pesaing, mendeteksi tren, dan mengevaluasi efektivitas strategi komunikasi mereka.

Dalam memilih alat media monitoring, beberapa faktor penting seperti cakupan media, akurasi analisis, dan kemudahan penggunaan harus dipertimbangkan. Untuk membantu Anda membuat keputusan, berikut ini adalah sembilan rekomendasi layanan media monitoring terbaik yang tersedia di Indonesia.

Kazee Media Intelligence

Di urutan pertama ada Kazee Media Intelligence: Membawa AI dan big data ke dunia media monitoring, alat ini membantu perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber media, seperti situs web, forum online, dan media sosial. Anda bisa memantau aktivitas online dan merekam percakapan yang relevan dengan merek, pesaing, atau industri Anda. Kemampuannya memantau kata kunci dan topik tertentu menjadikannya solusi yang sempurna untuk memahami dunia digital dan strategi Anda di dalamnya.

Perusahaan yang didirikan pada tahun 2016 ini telah menjadi pilihan unggulan bagi banyak perusahaan multinasional sebagai platform media intelligence yang dapat membantu dalam pengambilan keputusan perusahaan. Menurut www.startus-insights.com, Kazee menjadi satu-satunya startup penyedia jasa Media Monitoring Media Sosial di Asia yang terdaftar dalam lima besar startup terbaik yang menyediakan Social Media Analytics. Sekarang, pertanyaannya adalah, fitur-fitur apa yang ditawarkan oleh Kazee Media Intelligence?

  • Fitur Tracking Penyebutan Kata Kunci

Dalam hal ini, perusahaan dapat memasukkan kata kunci atau topik terkait industri mereka, seperti nama merek, produk atau jasa, acara, atau tren industri. Sistem kami akan memonitor sumber-sumber media untuk mencari dan mengumpulkan informasi yang relevan dengan kata kunci dan topik yang dimasukkan.

Dalam hal ini, perusahaan dapat memasukkan kata kunci atau topik terkait industri mereka, seperti nama merek, produk atau jasa, acara, atau tren industri. Sistem kami akan memonitor sumber-sumber media untuk mencari dan mengumpulkan informasi yang relevan dengan kata kunci dan topik yang dimasukkan.

  • Analisis Sentimen

Aspek analisis sentimen memungkinkan perusahaan mengetahui apakah feedback dari pelanggan atau pengguna di media sosial dan platform online lainnya bersifat positif, negatif, atau netral. Dengan pemahaman ini, perusahaan dapat memahami persepsi publik terhadap merek mereka dan meresponsnya dengan strategi yang tepat.

Selain itu, Kazee juga menyediakan fitur pelaporan yang memungkinkan perusahaan membuat laporan tentang perkembangan merek mereka, pesaing, atau tren industri. Laporan ini mencakup informasi tentang jumlah tautan, pesan, atau konten yang terkait dengan kata kunci atau topik tertentu, serta bagaimana pesan dan konten dipengaruhi oleh sentimen.

Baca Juga 5 Jasa Media Monitoring Terbaik di Indonesia

  • Ekstraksi Isu

Selain itu, media intelligence Kazee juga dapat melakukan analisis isu berdasarkan data yang diinput ke dalam sistem. Ini membantu perusahaan atau lembaga Anda untuk mengetahui isu apa yang sedang mendapat sorotan dalam media massa dan media sosial.

Fitur ekstraksi juga dapat menganalisis tokoh-tokoh internal dalam perusahaan atau lembaga, serta tokoh-tokoh yang menyebut perusahaan atau lembaga negara, lengkap dengan sentimen positif, negatif, dan isu-isu terkait dengan tokoh tersebut.

  • Social Network Analysis (Analisis Jejaring)

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk melihat sebaran sentimen positif dan negatif terhadap suatu perusahaan atau lembaga negara berdasarkan media sosial Twitter. Hal ini memungkinkan stakeholders untuk mengetahui netizen mana yang mencuitkan terkait dengan perusahaan atau lembaga negara dengan retweet atau impresi tertinggi.

Dengan informasi ini, tim public relation dapat merancang strategi penanganan terhadap isu tersebut berdasarkan data analisis SNA. Pendekatan dapat dilakukan melalui metode cuitan balasan tanpa menyebutkan (soft approach) sesuai dengan cuitan netizen yang memiliki impresi tertinggi, atau dengan cara langsung merespons cuitan netizen tersebut (hard approach), atau menggunakan metode kehumasan lainnya yang relevan.

  • Redaksi Media

Top redaksi media hadir untuk memastikan bahwa press release dari perusahaan atau lembaga negara disampaikan dan dipublikasikan dengan baik di media massa online. Selain itu, media massa offline seperti koran cetak dan tabloid juga dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan humas perusahaan atau lembaga negara.

Dengan demikian, perusahaan atau lembaga dapat melakukan pemantauan yang maksimal terkait citra perusahaan atau lembaga negara melalui liputan media massa offline dan online, baik di dalam maupun luar negeri (internasional), sesuai kebutuhan pengguna.

  • Sosial Media Analisis

Aspek isu atau persepsi yang berkembang di media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram, LinkedIn, dan TikTok juga dapat dipantau. Hal ini bertujuan untuk melihat citra suatu produk perusahaan atau citra perusahaan atau lembaga negara dari perspektif media sosial. Dengan melakukan pemantauan ini, jika ada isu negatif, misinformasi, keluhan, dan sejenisnya, dapat terdeteksi oleh pengguna dan evaluasinya dapat segera ditangani dengan cepat.

Kelebihan menggunakan layanan media monitoring di Kazee, Anda dapat meminta untuk mengkustomasi platform sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika ingin mengetahui lebih lanjut terkait Kazee Media Intelligence, Anda dapat mengklik tombol dibawah ini untuk menjadwalkan demo.

Indonesia Indicator

Indonesia Indicator merupakan perusahaan yang menyediakan layanan media monitoring di Indonesia. Mereka mengumpulkan dan menganalisis data dari berbagai sumber, termasuk koran, majalah, televisi, radio, dan media online.

Indonesia Indicator membantu perusahaan dan organisasi memahami bagaimana mereka dipersepsikan di media, mengevaluasi efektivitas strategi komunikasi mereka, dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi tersebut. Layanan mereka sangat penting bagi perusahaan yang ingin memantau citra merek, reputasi, dan isu-isu penting yang mempengaruhi bisnis mereka.

Binokular Media

Binokular, dikenal sebagai Bino, adalah solusi di era digital yang penuh informasi. Bino memanfaatkan kekuatan media dalam membentuk opini dan citra, khususnya di Indonesia di mana digitalisasi media masih dalam proses. Sistem yang diciptakan Bino mampu memfilter dan memantau informasi dari media online dan offline, memungkinkan pengguna untuk mengelola isu sejak dini. Dengan Bino, pengguna mendapatkan akses cepat ke informasi relevan, membantu mereka memahami bagaimana mereka dilihat oleh dunia.

Digivla

Digivla Indonesia (PT. Digivla) adalah perusahaan media monitoring terkemuka di Indonesia. Sebagai pionir media monitoring, Digivla telah digitalisasi media cetak sejak 2007 dan memantau program berita TV sejak 2015. Mereka mengumpulkan data dari lebih dari 1.200 media, termasuk media cetak, portal online, dan stasiun TV. Selain itu, Digivla juga menyediakan solusi social media listening dengan mengumpulkan data dari platform utama seperti Facebook, Twitter, Instagram, dan Youtube. Solusi Digivla dapat diakses melalui aplikasi mobile, dashboard desktop, dan pusat komando terintegrasi.

iSentia

Isentia adalah salah satu perusahaan terkemuka dalam layanan media monitoring di Indonesia. Mereka memiliki cakupan yang luas dalam melacak dan menganalisis konten media dari berbagai sumber, termasuk media cetak, online, televisi, dan radio.

Isentia membantu perusahaan dan organisasi memahami bagaimana merek mereka dipersepsikan di media, memantau pesaing, mendeteksi tren, dan mengevaluasi efektivitas strategi komunikasi. Dengan menggunakan teknologi dan analisis yang canggih, mereka memberikan wawasan yang berharga bagi klien mereka dalam mengelola citra merek dan merespons perubahan pasar.

Media Wave

Mediawave merupakan perusahaan teknologi yang telah berdiri sejak tahun 2010 dan fokus pada layanan online dan media sosial. Mereka mengembangkan alat Social Media Listening pertama di Indonesia yang dapat mengidentifikasi percakapan dalam bahasa Indonesia beserta variasi yang kompleks. Dalam kurun waktu satu dekade, Mediawave telah memperoleh keahlian yang khas dalam analisis big data dengan fokus pada media sosial. Mereka secara rutin melacak percakapan di berbagai industri untuk mengenali pemimpin pasar di media sosial dan bekerja sama dengan Frontier Marketing Group untuk memberikan Penghargaan Media Sosial Tahunan bagi merek dan perusahaan.

Baca Juga Media Monitoring untuk Brand Management

Sonar Platform

Sonar Platform didirikan oleh Amien Krisna & M. Ridwan Agustiawan pada tahun 2015 dengan visi untuk memberikan akses komprehensif dan mudah bagi perusahaan-perusahaan skala besar ke beragam percakapan media sosial dan digital di berbagai industri, dengan memberikan wawasan hampir secara real-time. Kami memberikan wawasan dari media sosial dan digital untuk mendukung strategi dan keputusan yang sangat penting.

NoLimit

NoLimit adalah perusahaan teknologi yang berfokus pada pengembangan alat pemantauan dan analisis media online (terutama media sosial) untuk digunakan oleh klien guna meningkatkan hubungan dan pemahaman pelanggan yang lebih baik.

Dengan teknologi canggih yang dimilikinya, NoLimit menyajikan beragam pilihan solusi media online yang dapat Anda pilih untuk kebutuhan Anda. Pertama, ada "Online Intelligence Program" dengan fitur lengkap yang dihadirkan melalui NoLimit Dashboard. Kedua, terdapat "Online Management Program" yang dikenal sebagai NoLimit Care, membantu Anda mengelola dan merespons berbagai aspek dalam media online dengan lebih efisien. Dan yang ketiga, NoLimit menyediakan "Online Loyalty Program" yang dapat membantu Anda membangun dan meningkatkan loyalitas pelanggan secara online.

Ivosight

Ivosight berdiri pada tahun 2016. Perusahaan berbasis teknologi informasi ini hadir untuk memberikan solusi end-to-end dalam mengelola dan meningkatkan interaksi Anda dengan pelanggan. Ivosight merupakan perusahaan lokal Indonesia yang fokus pada pembangunan ekosistem digital engagement terpadu dengan teknologi dan layanan pendukung yang berdaya saing global.

Anda akan mendapatkan bantuan dalam mengelola dan memuaskan pelanggan Anda melalui teknologi canggih. Perusahaan ini akan memantau percakapan Anda secara online, berinteraksi melalui berbagai saluran digital, dan menggunakan otomatisasi serta prediksi preferensi agar solusi yang diberikan dapat meningkatkan efisiensi dan kepuasan Anda sebagai pelanggan Ivosight. Ivosight berkomitmen untuk memperkuat hubungan Anda dengan pelanggan dan meningkatkan performa bisnis Anda secara keseluruhan.

Kesimpulan

Demikianlah media monitoring tools terbaik di Indonesia yang dapat membantu perusahaan dan organisasi dalam memonitor media dan mengukur dampak kampanye pemasaran dan publikasi. Pemilihan alat media monitoring terbaik akan bergantung pada kebutuhan dan tujuan bisnis atau organisasi, namun dengan solusi dan fitur yang disediakan oleh lembaga media monitoring di atas, Anda dapat memilih yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Share :

Related Articles