7 Alasan Mengapa Media Monitoring Penting Untuk Content Marketing

Bayu Septian

10 February 2023 10:00

content-marketing-media-monitoring
pexels.com - photo by Dominika Roseclay

Media monitoring adalah proses pemantauan dan analisis terhadap berbagai jenis media, seperti media cetak, media elektronik, media sosial, dan media daring untuk mengidentifikasi tren dan perkembangan terkait produk, merek, atau industri tertentu.

Dalam era digital saat ini, media monitoring menjadi semakin penting bagi content marketing suatu perusahaan. Pasalnya, tanpa pemantauan media, seorang content marketer akan kesulitan dalam mengenali pasar dan industri.

Pelacakan media memungkinkan Anda untuk tetap mengikuti perkembangan terbaru tanpa menghabiskan biaya operasional perusahaan yang besar. Agar strategi pemasaran konten efektif, diperlukan pemantauan media yang tepat.

Lantas, mengapa media monitoring sepenting itu dalam pembuatan content marketing?

Berikut 7 alasan mengapa media monitoring penting untuk content marketing, diantaranya :

1. Menganalisa Pasar dan Kompetitor Anda

Dengan melakukan media monitoring, Anda dapat mengetahui siapa kompetitor Anda. Mengawasi dan melacak aktivitas kompetitor pada brand mereka. Selain itu, Anda juga dapat membandingkan strategi content marketing Anda dengan strategi mereka.

Hal ini tentunya membantu Anda dalam memahami seperti apa jenis konten kompetitor yang works dan bisa menggaet konsumen mereka. Dengan begitu, Anda bisa merancang strategi terbaik guna mendapatkan peluang untuk meningkatkan brand awareness pelanggan.

2. Mengetahui Target Audiens

Setelah melakukan content marketing, perusahaan perlu mengetahui bagaimana target audiens bereaksi terhadap konten yang dibuat. Apakah mereka meresponnya dengan positif atau bahkan kurang tertarik dengan konten yang Anda buat. Disinilah peran media monitoring terasa sangat penting.

Melalui pemantauan media, content marketer bisa mendapatkan informasi respon audiens melalui fitur analisis sentimen pada tools media monitoring. Mereka bisa mengetahui apakah audiens meresponnya secara positif, negatif maupun netral.

3. Mengetahui Bagaimana Merek Anda Diterima

Pemantauan media memungkinkan Anda untuk mengetahui apa yang orang katakan tentang merek atau produk Anda. Selain itu, juga dapat membantu Anda mengetahui bagaimana merek Anda diterima oleh audiens.

Feedback dari audiens juga menjadi hal penting yang perlu diperhatikan content marketer. Pasalnya, penilaian dan respon mereka dapat membantu Anda dalam menyusun strategi content marketing terbaru yang lebih works.

Pada dasarnya, salah satu ciri merek atau produk Anda diterima oleh audiens adalah bagaimana mereka membicarakan testimoni positif pada produk Anda baik dari mulut ke mulut maupun melalui media online.

Dalam media monitoring tools, terdapat fitur yang mampu membantu Anda mengukur diterima atau tidaknya produk Anda oleh audiens yakni fitur top hastag dan keyword. Fitur tersebut dapat mengidentifikasi seberapa banyak keyword produk atau hashtag kampanye Anda digunakan di media sosial.

4. Mengelola Reputasi Merek dan Menanggapi Situasi Krisis

Reputasi merupakan hal penting yang perlu diperhatikan oleh suatu perusahaan. Mengapa? Karena reputasi ibarat sebuah jaminan bahwa konsumen akan mendapatkan produk yang sesuai dengan ekspektasi mereka.

Media monitoring membantu Anda memantau bagaimana merek Anda diterima oleh publik. Anda dapat melacak konten produk yang telah dipublikasikan dan bagaimana respon audiens melalui layanan pemantauan media.

Mengingat, pergerakan arus data di media sosial sangatlah cepat, di mana percakapan baik positif maupun negatif sering terjadi, sehingga perlu bagi Anda untuk cepat dan sigap dalam memberikan tanggapan.

Saat merek Anda terdaftar di media online maupun sosial, alat pemantauan media akan mengirimkan notifikasi pada Anda. Anda bisa dengan cepat memberikan feeback positif hingga menjawab pertanyaan dan keluhan dari konsumen. Tanggapan yang tepat waktu menunjukkan bahwa Anda peduli dengan pelanggan. Dengan begitu, situasi krisis bisa cepat teratasi.

5. Mengetahui Tren dan Topik Populer

Media monitoring membantu Anda mengetahui tren dan topik populer saat ini, seperti apa yang sedang menjadi topik pembicaraan, apa yang sedang menjadi perhatian konsumen, dan apa yang sedang menjadi tren dalam industri tertentu. Hal ini tentu membantu Anda dalam perencanaan strategi content marketing yang efektif dan sesuai dengan tren terbaru.

Dalam media sosial, audiens cenderung menyukai dan mengikuti hal-hal yang sedang populer di internet. Ini jadi kesempatan Anda untuk menghadirkan konten marketing yang sesuai dengan tren agar mendapatkan feedback positif dari audiens. Respon yang interaktif akan mempengaruhi keputusan pembelian mereka terhadap produk Anda yang berdampak meningkatnya penjualan produk perusahaan.

6. Mengukur Efektivitas Komunikasi

Layanan pemantauan media adalah metode analitik yang sangat baik untuk mengukur efektivitas komunikasi. Anda bisa melacak berapa banyak liputan media yang membicarakan produk Anda. Apakah konten produk Anda dapat memenuhi keinginan audiens yang Anda tuju? Data dari pemantauan medialah yang menjadi sumber yang kredibel dalam mengambil keputusan.

Selain menghemat waktu, memanfaatkan media monitoring tools memungkinkan Anda bisa menerapkan strategi di masa mendatang. Laporan dan analitik yang dihasilkan dari proses media monitoring juga bisa mengukur apakah kampanye PR Anda lakukan berhasil atau memerlukan perbaikan.

7. Menemukan Ide Untuk Konten Baru

Penting bagi seorang content marketer untuk menghasilkan konten baru secara berkala. Sayangnya, seringkali ide untuk menemukan konten yang menarik tidak semudah yang dibayangkan. Disinilah media monitoring akan membantu Anda dalam menemukan ide.

Melalui pemantauan media, Anda akan terbiasa dalam memantau berita dan informasi terbaru. Siapkan tools media monitoring untuk melihat data mengenai masalah apa yang sedang tren di media sosial. Jika Anda sudah memikirkan subjek, cari kata kunci yang relevan, maka Anda akan mendapatkan ide dan perspektif baru yang inovatif untuk konten Anda.

Dengan memantau media secara aktif, Anda dapat memastikan bahwa content marketing Anda memenuhi harapan audiens dan memberikan dampak yang positif pada merek Anda.

Dengan memantau media secara aktif, Anda dapat memastikan bahwa content marketing Anda memenuhi harapan audiens dan memberikan dampak yang positif pada merek Anda.

Mulailah selangkah lebih di depan dibandingkan kompetitor Anda dengan menggunakan tools Kazee Media Monitoring untuk membantu Anda menyusun content marketing yang tepat.

atau

Share :

Related Articles