5 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Campaign

Cahaya Muslim

26 December 2023 20:08

Memahami tips memilih influencer yang tepat akan meningkatkan persentase kesuksesan promosi produk bisnis. Seorang influencer dapat membantu menjangkau lebih banyak target audience yang diinginkan.

Namun, tidak semua influencer yang memiliki banyak pengikut bisa melakukan hal tersebut. Maka dari itu, penting bagi sebuah perusahaan, lembaga, hingga pemerintahan untuk menemukan influencer yang tepat.

Baca Juga: Analisis Top Influencer untuk Citra Perusahaan dan Pemerintahan

Apa itu Influencer?

Sederhananya, influencer adalah orang yang memiliki pengaruh. Artinya, mereka dapat memengaruhi atau mendorong orang lain agar melakukan tindakan tertentu. Dalam konteks bisnis, influencer dapat mengajak untuk membeli atau memakai jasa sebuah produk yang mereka promosikan.

Oleh sebab itu, influencer banyak dicari oleh para pemilik usaha untuk mempromosikan produk. Istilah influencer tidak hanya terbatas pada jumlah followers di akun media sosial. Tidak sedikit seseorang memiliki pengaruh besar walaupun namanya tidak begitu dikenal.

Akan tetapi, umumnya, indikator influencer tidak terlepas dari banyaknya pengikut yang dimiliki. Sebab, nantinya hal tersebut bisa menjadi gambaran singkat tentang seberapa banyak orang yang akan dijangkau si influencer.

Tips Memilih Influencer yang Tepat

Sebagai pemilik bisnis, perlu diingat bahwa jumlah followers bukanlah segalanya untuk menentukan influencer. Terdapat beberapa tips memilih influencer yang tepat agar campaign Anda bisa berhasil. Berikut beberapa tipsnya.

Melihat Niche Konten dari Influencer

Niche artinya adalah topik atau tema yang dibahas influencer pada akun media sosialnya. Pilihlah influencer yang membahas hal-hal berkaitan dengan bisnis Anda. Contohnya, ingin membuat campaign fashion. 

Hal yang perlu Anda lakukan adalah mencari seseorang yang berkutat pada bidang tersebut. Misalnya, influencer yang berbicara tentang kecantikan, mereka yang banyak membahas tentang outfit, dan sebagainya.

Memahami Interaksi Antara Influencer dengan Audience

Influencer yang pandai dalam berinteraksi akan lebih mudah menjual apa yang dipromosikannya. Interaksi-interaksi ini dapat Anda lihat melalui balasan komentarnya atau story seperti apa yang senang mereka buat.

Selain itu, dari sini juga Anda akan memahami kebutuhan calon customer melalui interaksi influencer tersebut. Ke depannya, Anda bisa menyiapkan strategi yang lebih efektif lagi saat ingin membuat campaign.

Meminta Data Performa Akun Media Sosial

Di Instagram, data performa ini terkumpul dalam sebuah fitur bernama insight. Beberapa hal yang bisa diukur mulai dari akun yang dijangkau, seberapa banyak akun berinteraksi, hingga total pertambahan jumlah followers.

Pastikan influencer yang Anda pilih dapat menjangkau sekaligus membuat orang berinteraksi. Hal ini menunjukkan bahwa influencer tersebut memang dapat memengaruhi orang lain untuk membeli sebuah produk.

Memeriksa Rekam Jejak Influencer

Hal ini menjadi penting untuk membangun citra positif bagi perusahaan. Influencer yang memiliki reputasi kurang baik akan berdampak negatif juga untuk bisnis. Jadi, lihatlah rekam jejaknya agar tidak menjadi masalah di tengah-tengah campaign.

Anda juga bisa melihat kontribusinya saat mempromosikan produk-produk sebelumnya. Apakah campaign yang pernah dijalankan berhasil mencapai target atau tidak.

Berkomunikasi Langsung dengan Influencer

Terakhir, Anda bisa mencoba berkomunikasi secara langsung dengan influencer. Tujuannya untuk melihat sejauh mana influencer memahami keperluan campaign yang kamu jalankan.

Dari komunikasi juga dapat terlihat bagaimana influencer memahami brief yang diberikan. Selain itu, di sini Anda juga bisa menyepakati berbagai macam hal yang memengaruhi aktivitas campaign.

Itulah tips memilih influencer yang tepat agar campaign Anda bisa sukses. Yuk, cari tahu seberapa banyak influencer pilihan kamu dibicarakan di media sosial dengan Kazee Media Intelligence. 

Share :

Related Articles