5 Rekomendasi Tools Analisis Media Sosial Terbaik Tahun 2023

Bayu Septian

02 February 2023 02:25

pexels.com- photo by Tracy Le Blanc

Media sosial bagi perkembangan sebuah bisnis sangatlah berperan vital. Selain sebagai platform untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan audiens, media sosial juga menjadi sumber informasi dan tren yang berharga bagi bisnis.

Oleh karena itu, penting untuk memantau dan menganalisis aktivitas media sosial Anda. Agar bisa memanfaatkannya secara maksimal, dibutuhkan sebuah tools yang dapat membantu Anda menganalisis aktivitas publik terhadap brand pada media sosial bisnis Anda.

Sebelum membahas lebih jauh mengenai tools apa saja yang bisa digunakan untuk menganalisa media sosial, mari kita ketahui lebih dalam apa itu tools analisis media sosial.

Mengenal Tools Analisis Media Sosial

Tools analisis media sosial adalah perangkat lunak atau aplikasi yang membantu individu atau organisasi memantau dan menganalisis interaksi dan aktivitas media sosial mereka. Tools ini membantu memantau dan menganalisis perbincangan online dan tren yang sedang berkembang di masyarakat.

Cara kerja tools analisis media sosial diawali dengan mengumpulkan data berupa respon audiens baik respon positif, negatif, maupun netral terhadap kampanye sebuah brand. Data tersebut nantinya berguna bagi sebuah bisnis untuk dapat menilai apakah produk atau jasa mereka dapat memengaruhi reputasi perusahaan.

Umumnya, tools analisis media sosial didukung dengan berbagai fitur umum diantaranya seperti monitoring kompetitor, analisis tingkat engagement, analisis sentimen dan report. Hadirnya social media analytics ini bisa dimanfaatkan bagi brand untuk menyusun strategi dan membuat keputusan bisnis yang lebih informatif.

Rekomendasi Tools Analisis Media Sosial

Setelah mengetahui apa itu tools analisis media sosial dan manfaatnya. Anda mungkin penasaran tools apa saja yang bisa digunakan untuk menganalisa media sosial brand Anda? Dalam artikel ini, kami akan memberikan 5 rekomendasi tools analisis media sosial yang bisa Anda coba untuk memantau pergerakan bisnis Anda, yaitu :

1. Kazee Media Monitoring

kazee-tools-analisis-media-sosial
Kazee MediaMonitoring (kazee.id)

Kazee Media Monitoring merupakan salah satu tools analisis media sosial yang menyajikan data pantauan terkini atau real time lewat tampilan dashboard yang mudah diakses oleh pengguna.

Tampilan Dashboard Kazee Media Monitoring

Selain bisa memonitoring brand Anda sendiri, Kazee media monitoring juga dapat membantu Anda memonitoring segala aktivitas kompetitor di media sosial mulai dari produk, layanan, hingga memantau strategi kompetitor. Hal ini tentu menjadi bahan acuan dalam menyusun langkah strategis brand Anda kedepannya dan bersaing sehat dengan kompetitor.

Fitur Unggulan :                              

  • Akurat dalam mengetahui respon brand atau produk
  • Dapat mengetahui strategi kompetitor brand
  • Dapat menganalisa sentimen publik terhadap brand
  • Informasi lengkap mengenai top influencer, top keyword hingga top hashtag pada brand
  • Mampu melakukan monitoring brand pada 8000 media online dan 140 media offline

Kazee Media Monitoring memungkinkan Anda dapat melacak performa kampanye brand Anda, menentukan audiens target, dan memonitor perkembangan merek Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan fasilitas dan fitur terbaik analisa media sosial dengan Kazee Media Monitoring!

atau

2. Hootsuite Insights

hootsuite-tools-analisis-media-sosial
Hootsuite (hootsuite.com)

Hootsuite insight merupakan sebuah tools atau platform manajemen media sosial yang menyediakan analisis dan informasi mengenai aktivitas media sosial. Tools ini cukup terkenal di kalangan marketer untuk membantu mereka memantau kinerja dan performa akun media sosial. Mulai dari menganalisis interaksi audiens, mengevaluasi tingkat engagement dan menentukan topik populer.

Tampilan Dashboard Hootsuite

Fitur Unggulan :

  • Pengguna dapat mengukur waktu respon dari tim customer support yang ada di FB dan Twitter
  • Dapat melacak brand mentions melalui Brandwatch dan Talkwalker
  • Dapat melacak brand mentions melalui media sosial seperti Facebook, Youtube dan lainnya
  • Hasil analisa disuguhkan dalam bentuk grafik yang mudah dipahami
  • Laporan analisa dapat diatur >200 metrik dan bisa diekspor dalam berbagai format dokumen

Harga : Free Trial 30 hari, $19, $99, $599/bulan dan opsi enterprise pricing

3. Sprout Social

sprout-social-tools-analisis-media-sosial
Sprout Social (sproutsocial.com)

Sprout Social adalah platform manajemen media sosial yang menyediakan analisis dan informasi mengenai aktivitas media sosial. Tools ini membantu Anda mengetahui bagaimana kampanye media sosial Anda bekerja dan mengevaluasi apakah kampanye yang dilakukan diterima oleh audiens.

Tampilan Dashboard Sprout Social

Fitur Unggulan :

  • Analisis performa kampanye berbayar di seluruh jaringan media sosial
  • Dapat menampilkan group report mengenai profil media sosial
  • Memiliki kemampuan menganalisa performa tim (performa tugas, tingkat respons dan lainnya)
  • Sangat cocok diaplikasikan di Facebook, Twitter, LinkedIn, dan Google+

 Harga : Free Trial 30 hari, $19, $149, $249/bulan

4. Google Analytics

google-analytics-tools-analisis-media-sosial
Google Analytics (analytics.google.com)

Tools ini berguna untuk menganalisis lalu lintas web yakni membantu Anda memahami bagaimana pengunjung menggunakan situs web Anda. Namun, tak hanya itu Google Analytics juga mampu memantau interaksi audiens Anda di media sosial dan memahami bagaimana mereka berinteraksi dengan konten yang Anda bagikan.

Tampilan Dashboard Google Analytics

Fitur Unggulan :

  • Melacak sosial media dan komunitas yang menjadi media audiens berinteraksi dengan kontenmu.
  • Menampilkan ukuran nilai media sosial melalui analisis konversi dan transaksi e-commerce.
  • Dapat melihat bagaimana audiens dari sosial media menavigasi situs yang kamu miliki.
  • Bisa kamu gunakan untuk sosial media Instagram, LinkedIn, Pinterest, Facebook, Twitter,  YouTube, dan lainnya.

Harga : $12,500/bulan dan $150,000/tahun

5. Keyhole

Keyhole (keyhole.co)

Keyhole merupakan alat analisis media sosial yang mampu memantau dan menganalisis perbincangan online hanya dengan sebuah hashtag tertentu. Hal ini membantu Anda memahami tag mana yang paling populer di kalangan audiens dan bagaimana pengaruhnya terhadap reputasi merek Anda.

Tampilan Dashboard Keyhole

Selain dapat melacak hashtag, Keyhole juga mampu menganalisa berbagai aktivitas influencer, brand mention dan campaign sehingga Anda memahami posisi brand di tengah industri yang sedang Anda geluti.

Fitur Unggulan :

  • Melakukan prediksi akan performa kampanye melalui machine learning
  • Melakukan analisis terhadap sentimen audiens ketika mereka terlibat dengan postinganmu.
  • Menganalisa akun influencer dan melacak kinerja akun mereka.
  • Cocok untuk menganalisis media sosial Instagram, Twitter dan Facebook.

Harga : Free Trial 7 hari, $49, $99, $199/bulan

Share :

Related Articles