Mengenal Manfaat Media Monitoring Untuk Bisnis Masa Kini

Pic: Indonesia PR

Bisnis di Indonesia saat ini berkembang pesat dibandingkan pada tahun sebelumnya, bukan hanya dari sisi inovasi bisnis yang semakin hari semakin bervariasi, namun dari sisi teknologi yang digunakan oleh para pelaku bisnis untuk memberikan kemudahan dalam berbisnis. Salah satu teknologi yang digunakan perusahaan saat ini ialah teknologi media monitoring.

Mengutip laman strategy.co.id, media monitoring merupakan sistem yang digunakan untuk melakukan proses membaca, mendengar, dan melihat apa yang terjadi dalam sudut pandang pemberitaan di media ataupun postingan di media sosial. Konten tersebut nantinya dapat dianalisa dan diidentifikasi sesuai dengan topik yang diinginkan.

Manfaat Media Monitoring untuk Bisnis

Perusahaan juga memanfaatkan media monitoring sebagai alat untuk menganalisis data yang tersebar diberbagai media yang nantinya dapat dianalisa untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Selain itu, para pelaku usahapun memanfaatkan hasil analisa tersebut sebagai indikator penting saatmengambil keputusan.  Di samping itu, cara kerja media monitoring juga dapat membantu perusahaan Anda dalam mempertahankan citra perusahaan.

Media Massa

Perusahaan dapat menggunakan media monitoring untuk memantau suatu pemberitaan penting seperti, ekonomi, politik, sosial, budaya, dan kesehatan, di media massa secara realtime.

Media Sosial

Perusahaan juga dapat melakukan pemantauan melalui media sosial berdasarkan opini masyarakat yang beredar di media sosial terkait berbagai isu. Tidak hanya itu, media monitoring juga dapat melihat siapa saja buzzer atau influencer dalam isu tersebut.

Fitur-Fitur Media Monitoring

Grafik Pergerakan Data Media Monitoring

Sumber: Dasboard Kazee Media Monitoring

Setelah kita menentukan topik yang ingin di cari, sistem media monitoring secara realtime mengeluarkan data terkait topik tersebut.

Disini penulis mencontohkan memetakan isu terkait “Pariwisata di Mandalika jelang MotoGP” periode 5 Januari hingga 11 Januari 2021.

Terlihat dalam periode tersebut terdapat 379 total data yang terbagi kedalam pemberitaan media massa dan media sosial.

Top Person Terkain Topik Pariwisata di Mandalika jelang MotoGP

Sumber: Dasboard Kazee Media Monitoring

Selanjutnya, media monitoring dapat menampilkan tokoh yang sering menjadi sorotan media terkait topik tersebut, disini presiden Joko Widodo dan Hadi Thajanto menjadi tokoh yang paling banyak disoroti.

Pesebaran Lokasi

Sumber: Dasboard Kazee Media Monitoring

Kemudian, ada fitur pesebaran lokasi, disini Anda bisa mengetahui pusat pesebaran isu berdasarkan lokasi. Pada topik ini terlihat Nusa Tenggara Barat berada peringkat pertama diikuti Bali dan DKI Jakarta.

Top Buzzer

Sumber: Dasboard Kazee Media Monitoring

Jika Anda melakukan analisis isu di media sosial twitter, disini Anda dapat mengetahui buzzer mana saja yang paling sering mencuitkan berdasarkan isu Pariwisata di Mandalika jelang MotoGP.

Sentimen Analisis

Sumber: Dasboard Kazee Media Monitoring

Anda juga dapat mengetahui sentimen dari data yang telah dimiliki, dalam sample isu ini, terdapat 329 sentimen positif, 17 sentimen negatif, dan 23 sentimen netral.

Top Keyword

Sumber: Dasboard Kazee Media Monitoring

Fitur canggih lainnya yaitu, anda dapat mengetahui kata kunci paling populer, semakin besar kata yang tempak pada fitur ini merupakan kata kunci yang paling banyak dicari . Dalam hal ini kata kunci yang paling sering dicari yakni MotoGP dan Ekonomi.

Kesimpulan

Pemanfaatan sistem media monitoring, ternyata memiliki peranan penting dalam membantu pengguna terutama pelaku bisnis dalam meningkatkan efektivitas. Ketika suatu bisnis atau perusahaan berhasil menganalisis sesuatu hal di media sosial maupun media massa dengan baik, maka Anda memiliki pakem setiap Anda membuat keputusan, dan jika begitu, penjualan produk bisa meningkat dan akan mendatangkan keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *