Umrah Dibuka Kembali, Bagaimana Media Memotret Isu Tersebut?

Sumber Foto: Kompas.com

Kementerian Agama pada hari Sabtu, 08 Januari 2022 kembali memberangkatkan sebanyak 419 jemaah umrah ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi. Pemberangkatan tersebut merupakan kali pertama bagi jemaah umrah RI setelah ditutupnya pintu umrah sejak awal pandemi 2020 lalu.

Mengutip pemberitaan media, pemberangkatan perdana jemaah umrah berjumlah 419 orang dan telah mengikuti prosedur One Gate Policy (Kebijakan Satu Pintu). One Gate Policy merupakan kebijakan sistem pemberangkatan jemaah secara terpusat yang telah ditetapkan Kementerian Agama alias seluruh jemaah umrah berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta dan menjalani karantina di Jakarta.

Bagaimana media mengabarkan informasi mengenai keberangkatan umrah ini? Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak dalam bidang big data mencoba memetakan dan memfokuskan isu terkait ini.

Periode monitoring media terkait topik Umrah ini diambil  sejak Sabtu, 08 Januari 2022 dimana Kemenag secara resmi memberangkatkan sebanyak 419 jemaah umrah ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi.

sumber: Kazee Media Monitoring

Sejak Sabtu, 08 Januari 2022 hingga Senin, 10 Januari 2022 jumlah pemberitaan media online terakumulasi sebanyak 887 berita. Puncak ekspos pemberitaan terjadi pada tanggal 08 Januari 2022 dengan sorotan sebanyak 419 jemaah Indonesia diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menunaikan ibadah umrah.

Adapun isu lain yang terekam dipotret oleh media, diantaranya;

Sumber: Kazee Media Monitoring

Isu-isu sorotan media tertuju pada isu dibawah ini, diantaranya:

419 Jemaah Umrah Diberangkatkan

Dominasi isu pemberitaan tertuju pada liputan keberangkatan 419 jemaah umrah ke Tanah Suci Mekkah, Arab Saudi. Guliran isu ini diberitakan secara positif meyoroti bahwa pemberangkatan umrah merupakan kali pertama bagi jemaah umrah RI setelah ditutupnya pintu umrah sejak awal pandemi 2020 lalu.

Jemaah Umrah Harus Karantina 7 Hari Setelah Pulang

Isu kedua terbesar diarahkan oleh Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan yang memastikan masa Karantina terhadap jemaah umrah ketika pulang ke Indonesia akan dilakukan selama tujuh hari. Hal tersebut untuk mencegah adanya penularan corona seusai pulang beribadah dari tanah suci.

Pesan Kemenag Kepada Jamaah Untuk Selalu Patuhi Protokol Kesehatan

Isu pemberitaan selanjutnya merupakan isu yang memiliki nilai positif bagi Kementerian Agama terkait pesan yang diberikan kepada jamaah. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan umrah (PHU) Hilman Latief, mewakili Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas kepada jemaah dan Penyelenggara Perjalanan Ibadah umrah (PPIU)  menyampaikan  agar senatiasa  mematuhi aturan di Tanah Air dan di Arab Saudi.

Kemenag Ingatkan Operator Umrah Patuhi Kebijakan Satu Pintu

Kemudian terkait dengan prosedur umrah menjadi sorotan media keempat. Kementerian Agama (Kemenag) mengingatkan Penyelenggara Perjalanan Ibadah umrah (PPIU) untuk mematuhi One Gate Policy (Kebijakan Satu Pintu). One Gate Policy merupakan kebijakan sistem pemberangkatan jemaah secara terpusat yang telah ditetapkan Kemenag. Kebijakan ini juga mengatur tentang pemeriksaan kesehatan, tes PCR/SWAB, pengecekan status vaksinasi, keimigrasian, hingga pengurusan dokumen lainnya.

Biaya Umrah Naik Hingga 20%

Selanjutnya isu kelima tertuju pada biaya umrah yang naik. Kemenag RI mengungkapkan Biaya Umrah selama pandemi Covid-19 pada 2022 berkisar Rp28 juta. Namun, Biaya tersebut belum termasuk tes PCR dan karantina. Harga paket Umrah pada tahun ini membengkak karena adanya berbagai aturan yang harus dibatasi kapasitasnya, mulai dari bus hingga kamar hotel sehingga butuh Biaya tambahan. Isu bergulir hingga pengusaha travel Umrah meminta pemerintah mengubah syarat karantina bagi Jemaah untuk menekan pembengkakan biaya yang harus ditanggung oleh Jemaah.

AMPHURI Percaya Saudi Mampu Cegah Jamaah Umroh dari Omicron

Isu selanjutnya merupakan isu yang positif dimana Ketua Umum Amphuri, Firman M Nur percaya dan yakin bahwa Saudi mampu mencegah Jamaah Umrah dari Omicron.

Redaksi Media Terkait Umrah

Sumber: Kazee Media Monitoring

Top 10 media diatas merupakan media yang sering menulis terkait dengan pelaksanaan Umrah 2022. Dilhat dari komposisinya, top 10 media teratas yang memberitakan diisi oleh media-media nasional.

Sebagai Penutup, sesuai dengan pesan yang diberikan oleh Kementerian Agama dan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan umrah (PHU) semoga para jamaah Indonesia senatiasa  mematuhi aturan di Tanah Air dan di Arab Saudi dan selalu sehat hingga kepulangganya di Indonesia nanti.

Referensi

https://kemenag.go.id/read/ibadah-umrah-dibuka-8-januari-ini-edaran-kemenag-8nj5v

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *