Mengenal NFT Sebagai Aset Investasi Digital Masa Depan

pic: selular.id

Diera digital saat ini berbagai macam instrumen investasi semakin hari semakin menjamur dan menarik untuk dibahas. Pada tahun 2020 silam, aset kripto merupakan aset investasi yang cukup digandrungi oleh investor, hal ini ditandai dengan meroketnya harga Bitcoin yang mencapai level tertinggi sepanjang sejarah yakni sekitar USD 19.600 atau Rp 270 juta per koin. Namun beberapa minggu terakhir aset kripto mengalami penurunan secara volume transaksi, dan disaat yang bersamaan salah satu instrumen investasi digital lainnya yakni NFT justru konsisten mengalami kenaikan yang diketahui disebabkan oleh minat pelaku pasar pada keunikan aset digital tersebut. Selain itu beberapa pihak meyakini bahwa Non-Fungible Token akan menjadi Aset Investasi Digital di Masa Depan.

Sebelum melanjutkan kepembahasan ada baiknya pahami 5 Mata Uang Kripto Paling Populer saat ini.

Mengenal Apa itu NFT

NFT  mulai populer pada tahun 2017, ketika game Crypto Kitties pertama kali diluncurkan. rypto Kitties adalah game yang berbasis blockchain Ethereum dimana para pemain bisa mengadopsi, memelihara dan memperdagangkan kucing virtual. Akhirnya NFT mulai mengalami perkembangan yang pesat pada akhir Januari 2021.

pic: technologia

Mengutip dari bitcoinethereumnews, NFT atau Non-Fungible Token adalah aset digital atau mata uang digital yang digunakan untuk denominasi dari cryptocurrency. Token merepresentasikan suatu aset atau utilitas dari yang berada dalam jaringan blockchain dimana memungkinkan pemegangnya untuk melakukan investasi atau transaksi ekonomi.

Singkatnya NFT berfungsi sebagai bukti kepemilikan barang dan dapat dibeli dengan mata uang kripto. Namun berbeda dengan mata uang kripto lainnya seperti Bitcoin, Ethereum, Cardano, Litecoin, Non-Fungible Token ini tidak dapat diganti atau ditukar dengan NFT yang lain karena setiap NFT memiliki keunikan yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Transaksi NFT dicatat dalam sebuah data di dalam blockchain. Data tersebut berisi informasi mengenai pembuat, harga, dan histori kepemilikan.

Bagaimana Cara Membuat dan Menjual NFT?

Mata uang kripto yang satu ini mulai digemari para pelaku investasi karena memiliki karakteristik yang unik, karena dapat digunakan untuk mewakili hampir semua jenis barang nyata atau tidak berwujud, Mengutip dari pemberitaan media online, beberapa diantarnya ialah;

  • Karya Seni
  • Item Virtual dalam game (skin, avatar, senjata)
  • Musik
  • Barang Koleksi (kartu perdagangan digital)
  • Aset di dunia nyata yang diberi token
  • Tanah virtual
  • Rekaman video momen olahraga ikononik

Cara Membuat NFT

Semua orang sangat memungkinkan untuk membuat aset digital ini. Sebelum membuatnya Anda harus memilih blockchain mana yang diinginkan, namun untuk saat ini Ethreum merupakan ekosistem terbesar NFT. Dilansir dari my24hours berikut cara melakukannya melalui OpensSea.

  • Siapkan dompet digital

Pertama Anda harus membuat dompet digital untuk menyimpan NFT dan uang kripto. OpenSea memberikan rekomendasi MetaMask dan ekstensi dompetnya untuk Google Chrome dan FireFox.

  • Siapkan Akun OpenSea

Buka OpenSea dan arahkan kursor ke ikon profil, klik sign in dan ikuti petunjuknya.

  • Akses halaman OpenSea

Selanjutnya, Anda akan melihat laman akun Anda, klik create dan pilih my collection lalu hubungkan OpenSea dengan dompet digital Anda.

  • Setup My Collection

Lakukan setup halaman My Collection sebagai tempat untuk menjual item.

  • Tambahkan Karya Baru

Langkah selanjutnya, klik Add New Item dan Anda diminta untuk mengungah metadata yang meliputi gambar, video, file video, dan audio, kemudian beri nama NFT anda.

  • Langkah Terkahir

Selanjutnya klik create dan seni digital NFT Anda sudah siap untuk di transaksikan.

Cara Menjual NFT

Setelah Anda membuat NFT anda pun dapat menjualnya di pasar, berikut cara menjualnya;

  1. Buka opensea.io.
  2. Pilih My Profil di kanan atas.
  3. Pilih NFT yang ingin Anda jual dari wallet Anda.
  4. Klik “Sell” di kanan atas.
  5. Kemudian tentukan harga, jenis lelang, dan preferensi lainnya. Setelah selesai pilih “Post Your Listing”
  6. Anda kemudian akan diminta untuk melengkapi listing, mengonfirmasi semua detail, dan memposting NFT Anda di market.
  7. Anda dapat melihat semua NFT yang Anda jual di menu “My Profil” dan pilih “Activity”

NFT Dalam Ekspos Media

Berkaitan dengan fenomena diatas, Kazee melalui teknologi media monitoring mencoba memetakan data pantauan baik dari media online ataupun media sosial terkait aset Digital Non-Fungible Token (NFT) periode Desember hingga 3 Januari 2021.

Sumber : Hasil Olah Media Monitoring Kazee

Berdasarkan patauan periode tersebut, terdapat setidaknya 487 total data, yang terbagi kedalam beberapa platform seperti news (451), cuitan pada lini masa twitter (26), tulisan blog (8), video youtube (1), dan media cetak (1). Dari pergerakan data diatas terlihat puncak isu terjadi pada tangga 21 Desember 2021.

5 Isu Populer Terkait NFT

Masih sama dengan sebelumnya, disini penulis masih menggunakan teknologi Media Monitoring milik perusahaan Kazee Digital Indonesia untuk mendapatkan hasil terkait isu yang paling banyak dibicarakan terkait NFT di Indonesia periode satu bulan terakhir.  

Sumber : Hasil Olah Media Monitoring Kazee
  • Laleimanino membuat gebrakan baru di industri Musik di awal tahun 2022 ini. Trio produser rekaman yang beranggotakan Lale, Ilman, dan Nino RAN itu digandeng perusahaan start-up berbasis teknologi Kolektibel untuk sebuah NFT (Non-fungible Token). Nino menyambut NFT adalah sebuah bentuk pengembangan paling mutakhir di industri hiburan saat ini.
  • Isu kedua tertuju pada deretan artis dan tokoh yang memanfaatkan NFT, Syahrini menjadi sorotan media pasalnya Syahrini yang biasa di sama inces itu sukses memasarkan NFT yang berisi animasi dirinya. Kurang dari 24 jam, NFT seharga Rp 286 ribu ludes terjual. Bahkan kabarnya, ada 17.800 item yang dipasarkan Syahrini. Hal ini membuat sang suami, Reino Barack melihat NFT sebagai bisnis yang menjanjikan. Syahrini ada juga artis lain dan tokoh politik sepert Ridwan Kamil yang akan memanfaatkan NFT sebagai sarana mensejahterakan pelaku ekonomi kreatif.
  • Dan isu ketiga ialah pernyataan dari Kepala Eksekutif Indodax Oscar Darmawan yang menilai perkembangan metaverse yang sempat “hype” atau ramai karena Facebook beberapa waktu lalu, akan berperan besar terhadap Non Fungible Token ( NFT ) atau aset digital sebagai bukti kepemilikan barang yang dapat dibeli dengan mata uang kripto , dan juga dunia kripto pada 2022. Ia mengingatkan apabila tren metaverse bisa take-off atau melesat, maka NFT juga akan ikut.

Top Redaksi Terkait NFT

Sumber: Kazee Media Monitoring

Top redaksi diatas merupakan redaksi yang paling sering membuat tulisan terkait Non Fungible Token ( NFT ).

Kesimpulan

NFT merupakan aset digital yang mulai digandrungi oleh masyarakat di dunia, sifatnya yang unik tentu memiliki nilai seni yang tinggi membuat produk NFT menjadi ekslusif dan layak untuk dikoleksi. Namun sebelum Anda terjun kedalam dunia tersebut, sebaiknya Anda pelajari dan pahami dahulu terkait aset digital satu ini untuk meminimalisir dampak negatif dan meraup keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *