Komparasi Film Favorit Netflix dan Disney+

Man photo created by freepik – www.freepik.com

Saat ini terdapat banyak aplikasi streaming yang telah menjadi favorit masyarakat di seluruh dunia. Aplikasi streaming yang paling populer adalah Netflix dan Disney+. Meskipun berasal dari industri yang sama, film dan series yang disajikan pada kedua channel tersebut memiliki ciri khas dan target pasar tersendiri.

Sebelum membahas lebih lanjut, berikut sedikit sejarah singkat Netflix dan Disney+

Dilansir dari Wikipedia, Netflix, Inc. adalah perusahaan produksi dan layanan streaming berlangganan Amerika. Diluncurkan pada 29 Agustus 1997, ia menawarkan film dan serial televisi melalui kesepakatan distribusi dengan produsen film serta memproduksi film atau seriesnya sendiri, yang dikenal sebagai Netflix Originals.

Sedangkan Disney+ adalah layanan streaming video on-demand Amerika yang dimiliki dan dioperasikan oleh divisi Distribusi Media dan Hiburan dari The Walt Disney. Layanan ini mendistribusikan film dan serial televisi yang diproduksi oleh The Walt Disney Studios dan Walt Disney Television, dengan pusat konten khusus untuk merek seperti Disney, Pixar, Marvel, Star Wars, National Geographic, dan termasuk Star di beberapa negara. Film asli dan serial televisi juga didistribusikan di Disney+.

Baca juga: Sejarah Singkat dan Isu Terkait eSport PON XX Papua Berdasarkan Pergerakan Data

Berapa harga langganan Netflix dan Disney+?

Untuk tarif berlangganan, Netflix mematok harga mulai dari Rp54.000 – Rp186.000 per bulan sedangkan Disney Plus mematok harga pada Rp. 39.000 per bulan.

Berapa Jumlah Pelanggan Netflix dan Disney+?

Dikutip dari statista.com, estimasi jumlah pelanggan Netflix di seluruh dunia pada kuartal 3 2021 adalah 213,560,000 orang. Sedangkan estimasi pelanggan Disney+ di Amerika Serikat pada kuartal 3 2021 adalah 116.000.000 orang.

Meskipun Netflix dan Disney+ datang dari industri yang sama yakni layanan streaming, film dan series yang disuguhkan dari kedua layanan tersebut berbeda. Netflix tidak memiliki film atau series yang diproduksi oleh Walt Disney, dan begitupun sebaliknya. Hal ini dikarenakan masing-masing perusahaan memiliki target pasar yang berbeda selera dalam memilih produsen film dan series namun tidak mustahil beberapa orang menyukai keduanya.

Baca Juga: 5 Cara Kerja Teknologi Big Data dalam Membantu Digital Marketers

Film apa saja yang menjadi favorit di masing-masing channel?

Film berbahasa Inggris yang paling banyak ditonton di Netflix pada 20 – 26 Desember 2021

  1. Don’t Look Up
  2. The Unforgivable
  3. Fast & Furious Presents: Hobbs & Shaw
  4. Back to the Outback
  5. Spider-Man: Homecoming
  6. The Christmas Chronicle
  7. Red Notice
  8. A California Christmas: City Lights
  9. The Christmas Chronicle: Part Two
  10. A Boy Called Christmas

Film favorit yang banyak ditonton di Disney+ adalah:

  1. Star Wars Episode V: The Empire Strikes Back
  2. The Incredible
  3. The Princess Bride
  4. Star Wars Episode IV: A New Hope
  5. Hamilton
  6. Toy Story 2
  7. The Avengers
  8. The Lion King
  9. Ratatouille
  10. Black Panther

Kesimpulannya…

Saat ini menonton film secara online atau lebih sering disebut streaming menjadi aktivitas yang lebih sering dilakukan masyarakat akhir-akhir ini. Hal ini dapat mengefektifkan waktu dan juga tenaga karena penikmat film tidak harus meluangkan waktu untuk pergi ke bioskop dan juga harga berlangganan yang lebih terjangkau karena bisa menonton beberapa film hanya dalam satu genggaman. Terlebih saat adanya pandemi dan masyarakat lebih memilih stay at home, menonton film streaming sangat diminati dan membuat pelanggan perusahaan layanan streaming meningkat. Bisnis ini dapat memiliki prospek yang menjanjikan untuk saat ini.

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Netflix

https://en.wikipedia.org/wiki/Disney%2B

https://top10.netflix.com/

https://www.statista.com/statistics/250934/quarterly-number-of-netflix-streaming-subscribers-worldwide/

https://www.statista.com/statistics/1095372/disney-plus-number-of-subscribers-us/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *