Dikucur Dana Segar, Kopi Kenangan Resmi Jadi Unicorn!

@kopikenanganid

Salah satu perusahaan startup food and beverage (F&B) di Indonesia yakni Kopi Kenangan saat ini resmi menyandang status unicorn setelah mendapatkan suntikan dana seri C senilai US$ 96 juta atau setara dengan Rp 14,2 triliun pada tanggal 27 Desember 2021, hal ini menjadikan Kopi Kenangan menjadi startup di industri F&B pertama di Indonesia yang menyandang status unicorn.

Sebagai informasi, ada berapa status yang digunakan perusahaan startup sebagai ukuran atau kasta dari perusahaan tersebut. status tersebut diantarnya Unicorn, Decacorn, dan Hectocorn;

  • Unicorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 1 miliar
  • Decacorn = Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 10 miliar
  • Hectocorn= Startup yang memiliki valuasi nilai US$ 100 miliar

Dengan menyandang status baru unicorn, saat ini Kopi Kenangan setara dengan startup Indonesia lainnya seperti Ovo, J&T Express, dan Ajaib. Kepastian mengenai status baru inipun dapat dipastikan dari rilis yang dikeluar cbinsights.com terdapat nama Kopi Kenangan masuk dalam daftar dari 958 daftar yang ada, dengan nilai valuasi tepat di angka US$ 1 miliar.

Sumber: cbinsights

Visi Kopi Kenangan

Melansir dari finansialku, Edward Trinata dan James Prananto, selaku pendiri Kopi Kenangan, awalnya punya visi untuk membuat kopi dengan kualitas yang baik dengan harga murah.

Visi ini tercetus ketika melihat pasar kopi dalam negeri yang masih dikuasai oleh merk asing, yang membuat kopi lokal seakan tidak bisa bersaing di pasar yang sama. Hal tersebut yang akhirnya menggerakkan mereka untuk membuat produk kopi dengan harga murah tapi kualitas pun bersaing.

Dengan total modal senilai Rp 150 juta, mereka kemudian membuka kedai pertama di menara Standard Chartered, Jakarta Selatan pada 2017 lalu.

Tidak disangka, respon pasar ternyata sangat baik, membuat mereka akhirnya bisa mencapai break even point hanya dalam waktu tiga bulan saja!. Dan saat ini tercatat Kopi Kenangan telah memiliki 600 gerai yang tersebar di 45 kota di Indonesia.

Selain itu, startup ritel F&B asal Indonesia ini menargetkan untuk memiliki total 1.000 gerai di Indonesia pada tahun depan. PR Manager Kopi Kenangan Ruth Davina mengatakan, Kopi Kenangan juga berencana melebarkan sayapnya di kancah internasional. Pihaknya berharap Kopi Kenangan dapat membuka gerai pertama di luar Indonesia pada tahun 2022.

Perjalanan Kopi Kenangan Menarik Investor

Meski baru seumur jagung, Kopi Kenangan mampu menarik investor saat usianya masih 1 tahun. Saat itu Kopi kenangan berdiri pada tahun 2017 dan menurut catatan dari Crunchbase, pada 2018 Kopi Kenangan mampu menggaet investor pada Oktober 2018, dengan status seed round  atau investasi pertama yang didapatkan dari investor eksternal, dengan nilai investasi 8 juta dolar AS.

Baca Juga: Tipe Atau Jenis Pendanaan Startup

Sumber: crunchbase.com

Satu tahun berselang, pada desember 2019 mulai masuk pendanaan seri A yang berhasil meraup dana hingga 20 juta dolar AS. Dan pada tahun 2020 merupakan tahun kejayaan Kopi Kenangan, bagaimana tidak pada tahun tersebut Kopi Kenangan mendapatkan pendanaan berkali-kali lipat dari tahun sebelumnya yakni mencapai 209 juta dolar AS. Tidak sampai disitu kopi kenangan terus melakukan ekspansi dan menarik investor terkemuka hingga diumurnya yang kurang lebih baru 4 tahun, Kopi Kenangan mampu menjadi Unicorn pertama startup di bidang F&B.

Kunci Sukses Kopi Kenangan

Kesuksesan Kopi Kenangan tak lepas dari kualitas rasa dan banyaknya menu minuman yang ditawarkan. Bahkan, menu minuman Kopi Kenangan terbilang cukup unik dan bervariatif. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak daftar menu Kopi Kenangan yang telah dirangkum dari aplikasi Kopi Kenangan berikut ini.

Menu Kopi Kenangan

• Kopi Kenangan Mantan: Rp 24.000 • Kopi Dolce: Rp 32.000 • Kopi Kenangan Mantan Sultan Boba: Rp 18.000 • Mocha Latte Sultan Boba: Rp 20.000 • Avocado Coffee: Rp 32.000 • Americano: Rp 15.000 • Duo Shot Iced Shaken: Rp 22.000 • Kopi Kelapa: Rp 19.000 • Latte: Rp 24.000 • Vanilla Latte: Rp 24.000 • Hazelnut Latte: Rp 24.000 • Caramel Latte: Rp 24.000 • Mocha Latte: Rp 28.000 • Salted Caramel Macchiato: Rp 28.000 • Marie Regal Latte: Rp 28.000 • Oreo Latte: Rp 28.000 Menu Non-kopi • Cokelat Salted Caramel Sultan Boba: Rp 30.000 • Susu Sultan Boba Gula Aren: Rp 32.000 • Jasmine Earl Grey Milk Tea Sultan Boba: Rp 22.000 • Kenangan Milk Tea Sultan Boba: Rp 22.000 • Hazelnut Choco Milk Tea Sultan Boba: Rp 24.000 • Kenangan Milk Tea: Rp 18.000 • Hazelnut Choco Milk Tea: Rp 22.000 • Jasmine Earl Grey Milk Tea: Rp 18.000 • Avocado Salted Caramel: Rp 24.000 • Avocado Milk: Rp 20.000 • Raspberry Hibiscus Lemon Tea: Rp 20.000 • Lemon Black Tea: Rp 18.000 • Thai Tea: Rp 18.000 • Milo Dinosaurus: Rp 26.000 • Susu Grass Jelly Gula Aren: Rp 24.000 • Kenangan Milk Tea Grass Jelly: Rp 22.000 • Cokelat Hazelnut: Rp 24.000 • Cokelat Salted Caramel: Rp 24.000 • Marie Regal Shake: Rp 24.000 • Oreo Cookies & Cream Shake: Rp 24.000 • Teh Tarik Ulur: Rp 18.000 • Thai Green Tea: Rp 18.000 • 100% Cokelat: Rp 24.000 • Jasmine Earl Grey Tea: Rp 15.000.

Harumnya Bisnis Kopi Franchise dan Potensi Pertumbuhan Ekonomi

Pergerakan Data Ekspos Terkait Kopi Kenangan

Kazee Media Monitoring

Berdasarkan dengan tema di atas, Kazee digital Indonesia melalui teknologi big data mencoba memantau pergerakan data perbincangan yang tersebar baik dari media sosial maupun media massa online. Dengan hadirnya Kopi Kenangan menjadi anggota startup yang berstatus unicorn menjadi sorotan diberbagai media online.

Dari hasil pemantauan media monitoring Kazee, terdapat 448 total data pada periode 25 hingga 29 Desember 2021 dengan puncaknya berada pada tanggal 27 Desember dengan 254 total data.

Isu yang Berkembang Terkait Kopi Kenangan

Kazee Media Monitoring

Adapun lima isu yang paling banyak dibicarakan pada periode 25-29 Desember 2021 yakni;

  • Kopi Kenangan Optimistis Punya 1.000 Gerai Tahun 2022

Optimistis memiliki 1.000 gerai pada tahun 2022 menjadi topik yang paling banyak diperbincangkan, pasalnya PR Manager Kopi Kenangan Ruth Davina mengatakan, Kopi Kenangan juga berencana melebarkan sayapnya di kancah internasional. Pihaknya berharap Kopi Kenangan dapat membuka Gerai pertama di luar Indonesia pada tahun 2022. “Kami melihat bisnis F&B di Indonesia, bahkan Asia Tenggara, masih memiliki pasar yang sangat besar, selain itu Kopi Kenangan akan melebarkan sayap untuk membuka gerai pertama di luar Indonesia pada 2022.

  • Kopi Kenangan Sambit Gelar Unicorn

Seperti yang telah disinggung di awal artikel, setelah mendapatkan suntikan dana segar dari para investor pada bulan Desember ini, Kopi Kenangan merubah statusnya menjadi unicorn, yang dimana menjadi startup dengan status unicorn F&B pertama di Indonesia.

  • Valuasi Kopi Kenangan Melampaui Valuasi Starbucks di Indonesia

Valuasi Kopi Kenangan saat ini melampaui starbucks Indonesia, yang dimana terlihat dari total gerai yang ada kopi kenangan mengungguli starbuck, telah diketahui bahwa saat ini Kopi Kenangan telah memiliki 600 gerai yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia, sedangkan starbuck hanya memiliki 478 gerai di Indonesia.

Referensi: https://www.goodnewsfromindonesia.id/2021/12/28/kopi-kenangan-bawa-babak-baru-untuk-industri-retail-f-dan-b-startup-di-indonesia

https://www.crunchbase.com/organization/kopikenangan/investor_financials

https://www.cbinsights.com/research-unicorn-companies

https://kopikenangan.com/about

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *