Mengalahkan 9 Pesaingnya, Indomaret Rajai Pasar Ritel Indonesia 2021

Pic: Paper.ic

Ritel merupakan kegiatan pemasaran yang melibatkan penjualan barang atau penawaran jasa secara langsung kepada konsumen, barang yang dibeli dari ritel akan digunakan konsumen untuk konsumsi pribadi ataupun keperluan rumah tangga.

Di Indonesia ritel merupakan bisnis yang populer dan mempunyai peluang pasar yang cukup besar. Karena bisnis ritel tidak hanya menguntungkan konsumen dalam hal kemudahan berbelanja, tetapi juga bisa memberikan keuntungan dari sesi materi bagi produsen.

YouGov merilis data ritel dengan nilai konsumen tertinggi di Indonesia sepanjang tahun 2021.

Harumnya Bisnis Kopi Franchise dan Potensi Pertumbuhan Ekonomi

Ritel di Indonesia Dengan Nilai Konsumen Tertinggi 2021

Sumber: YouGov

Indomaret memimpin daftar ritel umum di Indonesia tahun 2021 dengan skor 42,9. Alfamart berada di urutan kedua dengan skor 37,5. Posisi ketiga adalah Gramedia dengan skor 27,4, disusul TRANSmart Carrefour dengan skor 23,5. Dan ACE Hardware mencetak 20,1 berada di peringkat kelima.

Perlu diketahui, Nilai konsumen merupakan selisih nilai konsumen total dan biaya konsumen total dimana nilai konsumen total adalah sejumlah manfaat yang diharapkan konsumen dari produk dan jasa tertentu. Lalu biaya konsumen total adalah sekumpulan biaya yang diharapkam oleh konsumen yang dikeluarkan untuk membeli produk atau jasa tertentu.

Pergerakan Data Perusahaan Ritel Indonesia

Selain itu, Kazee Digital Indonesia melalui teknologi Media Monitoring turut memantau perkembangan ekspos baik di media massa ataupun media sosial terkait 10 perusahaan ritel terbesar di Indonesia yang telah disebutkan diatas.

Sumber: Kazee Media Monitoring

Pada periode Oktober hingga 21 Desember 2021, terdapat 63.210 total data yang terbagi pada lini masa twitter dengan 42.320 data termasuk cuitan, balasan, reetweet, dan komen, lalu news terdapat 20.650 data, youtube dengan 129 video, 47 artikel blog, 30 facebook, 12 postingan instagram, 8 media cetak, dan 8 tayangan televisi.

Ritel Paling Banyak Dibicarakan

Sumber: Kazee Media Monitoring

Selama periode analisis ini, data yang terhimpun dalam media online sebanyak 63.21 ribu  total data. Dari data tersebut dibandingkan dengan 10 brand ritel terbesar yang ada di Indonesia berdasarkan perspektif media monitoring.

Dalam hasil perbandingan periode Oktober hingga 21 Desember 2021, Indomart unggul 64,4% dibandingkan dengan 9 ritel lainnya dengan total 22.118 data, terpaut jauh dengan kompetitor abadinya Alfamar yang memiliki presentasi 10,8% . Hal ini dikarenakan Indomart sudah memiliki reputasi uang baik di Indonesia. Terlebih Indomart merupakan perusahaan ritel yang cukup lama di indonesia, berdiri sejak Juni 1998 dan menurut laporan Nielsen Retail Audit, total gerai Indomaret hingga akhir 2020 berjumlah 18.113 gerai. Jumlah itu bertambah 612 unit dibandingkan dengan akhir 2019, yakno 17.499.

Referensi: https://ekonomi.bisnis.com/read/20211005/12/1450841/indomaret-tambah-600-gerai-sepanjang-semester-i2021

https://id.yougov.com/id/news/2021/10/19/retail-rankings-2021-indonesia/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *