Isu Media Terkait Hari Anti Korupsi

Selayang Pandang Hari Anti Korupsi

Tanggal 9 Desember merupakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia. Dikutip dari Wikipedia, Korupsi adalah suatu bentuk ketidakjujuran atau tindak pidana yang dilakukan oleh seseorang atau suatu organisasi yang dipercayakan dengan suatu jabatan untuk memperoleh keuntungan yang tidak sah atau menyalahgunakan kekuasaan untuk keuntungan pribadi.

Latar belakang dari Hari Anti Korupsi menurut dari laman United Nation (UN) Pada tanggal 31 Oktober 2003, sidang Majelis Umum PBB menentang Korupsi dan meminta agar Sekretaris Jenderal menunjuk Kantor PBB untuk Narkoba dan Kejahatan (UNODC) sebagai sekretariat untuk Konferensi Negara-Negara Pihak Konvensi (resolusi 58/4). Majelis juga menetapkan 9 Desember sebagai Hari Anti Korupsi Internasional, untuk meningkatkan kesadaran korupsi dan peran Konvensi dalam memerangi dan mencegahnya. Konvensi ini mulai berlaku pada bulan Desember 2005.

Tahun ini, Hari Antikorupsi Sedunia mengusung tema “Your Right, Your Role: Say No to Corruption” atau “Hak Anda, Peran Anda: Katakan Tidak untuk Korupsi”. Indonesia kemarin ikut memperingati Hari Anti Korupsi kemarin yang bertempat di gedung KPK.

Berangkat dari hal ini, Kazee Digital Indonesia yang merupakan perusahaan big data mencoba memetakan isu terkait Hari Peringatan Anti Korupsi yang beredar di media online. Analisa dilakukan menggunakan Kazee Media Monitoring system menggunakan kata kunci “Hari Anti Korupsi”

Baca Juga: Melihat Pembentukan Kementerian Baru Menggunakan Media Monitoring

Pergerakan data terkait Hari Anti Korupsi

Isu tertinggi Terkait Hari Anti Korupsi

Berdasarkan pergerakan data, Kazee akan merangkum isu pada sorotan tertinggi yang terjadi pada tanggal 9 Desember 2021.

Kasus Korupsi Besar Tertangani, Presiden Jokowi: Jangan Berpuas Diri

Isu tertinggi pertama yang beredar di media online adalah terkait acara peringatan Hari Anti Korupsi yang dihadiri presiden Jokowi beserta kabinet Indonesia Maju dimana presiden Jokowi memberikan pembukaan pidato terkait aparat penegak hukum termasuk KPK untuk tidak cepat berpuas diri  karena penilaian masyarakat terhadap upaya pemberantasan korupsi masih dinilai belum baik. Presiden RI Joko Widodo dalam sambutannya mengatakan bahwa korupsi adalah extra ordinary crime yang punya dampak luar biasa yang harus ditangani dengan luar biasa pula. Selain itu Jokowi menginstruksikan kepada semua penegak hukum agar ada cara baru dan metode khusus dari penegak hukum.

Jokowi: Kita Butuh Perizinan Investasi Bebas Korupsi

Isu kedua tertinggi masih terkait perhatian terhadap investasi di Indonesia. Presiden mengatakan harus adanya ekosistem bebas korupsi juga meminta agar pemerintah mempermudah birokrasi agar investor tidak segan untuk berinvestasi di Indonesia. Indonesia membutuhkan sistem perizinan Investasi dan usaha yang lebih cepat, sederhana dan bebas korupsi, untuk meningkatkan daya tarik. “Jangan sampai Investor kapok karena terlalu banyak ‘ongkos’ di sana sini, terlalu banyak ketidakpastian dan banyaknya permainan di sana sini,” kata Presiden.

Baca Juga: INDONESIA PRESIDENSI G20

Novel Baswedan Cs akan Dilantik Jadi ASN Polri di Hari Anti Korupsi Sedunia

Isu tertinggi ketiga adalah terkait Novel Baswedan Cs yang dilantik menjadi ASN Polri di Hari Anti Korupsi Sedunia. Eks penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Novel Baswedan menyebut bahwa dirinya nanti akan bergabung menjadi Satuan Tugas Pencegahan Korupsi Polri. Tak sendiri, Novel juga akan bertugas bersama dengan 43 orang lainnya yang juga resmi dilantik menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) Polri pada Kamis (9/12/2021).

Selamatkan Aset Negara Triliunan Rupiah, PLN Raih Penghargaan dari KPK

Isu tertinggi keempat adalah terkait kinerja PLN yang mengalami peningkatan selama dua tahun terakhir. PT PLN (Persero) meraih penghargaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) atas komitmennya dalam menyelamatkan aset negara melalui percepatan sertifikasi tanah yang tersebar di seluruh Indonesia. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Pimpinan KPK Nawawi Pomolango dalam peringatan Hari anti korupsi Dunia yang diselenggarakan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (07/12).

PMII Aksi Damai Di Hari Anti Korupsi Sedunia

Isu tertinggi kelima adalah terkait aksi damai yang dilakukan oleh Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) di berbagai wilayah di Indonesia untuk memperingati Hari Anti Korupsi. Beberapa diantaranya adalah di Balikpapan, Pemantangsiantar, Cilegon, dll.

Simpulan

Dari keseluruhan isu yang beredar, hampir setengah persen penuh dengan isu terkait pidato Presiden Joko Widodo tentang korupsi di Indonesia. Meskipun indeks kepuasan masyarakat masih belum cukup, hal itu tidak menyurutkan Lembaga-lembaga pemberantas korupsi untuk terus meningkatkan kinerjanya dan bekerjasama dengan pihak-pihak terkait untuk terus memberantas korupsi.

Mari bersama ciptakan dunia yang bebas dari korupsi.  

Referensi:

https://en.wikipedia.org/wiki/Corruption

https://www.un.org/en/observances/anti-corruption-day/background

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *